fbpx

Apakah aman saat berkendara waktu hujan dan adanya petir? – Kendaraan dan Petir

Apa Yang Terjadi Ketika Petir Menyambar Mobil Anda?

Dikumpulkan dari beberapa pengamatan, jauh dari “Tidak ada” hingga “Wow! Sungguh berantakan … mobil saya rusak.” Apakah aman saat berkendara waktu hujan dan adanya petir?

Berikut adalah

  • Sambaran energi rendah

Hampir tidak ada – itu menghilang melalui tubuh dan bingkai mobil, dan mungkin meninggalkan bekas hangus kecil di mana ia masuk atau meninggalkan struktur konduktif, biasanya tidak membahayakan penumpang.

  • Sambaran  energi menengah

Sedikit lebih banyak kerusakan dengan tanda hangus besar, dengan kemungkinan logam leleh atau bahkan lubang di badan atau rangka, sekering yang terbakar, dapat merusak sistem pengapian, dapat menyebabkan kebakaran dan menyebabkan tangki bahan bakar meledak, biasanya ringan cedera dan luka bakar untuk penumpang.

  • Sambaran energi tinggi

Biasanya menyebabkan mobil meledak, paling tidak mobil lampu terbakar, menyebabkan luka bakar berat pada penumpang dan kemungkinan kematian akibat serangan jantung.

 

Aman saat berkendara waktu hujan dan adanya petir

Mobil yang sedang tersambar petir. Sumber foto: Wikimedia

 

Apa yang harus Anda lakukan dalam badai petir, jika Anda berada di dalam mobil Anda?

  • Tutup jendela.
  • Jangan sentuh kaca jendela apa pun, kerangka logam, kabel, atau perangkat elektrik yang terpasang di mobil Anda.
  • Jangan sentuh bodi mobil luar.

 

Apakah aman saat berkendara waktu hujan dan adanya petir?

Dan Anda tidak perlu khawatir disambar petir – itu hampir tidak mungkin terjadi. Namun, apa yang mungkin terjadi adalah kecelakaan karena Anda tidak dapat benar-benar melihat ke mana Anda akan pergi. Tambahkan itu bahaya orang lain yang tidak menyesuaikan kebiasaan mengemudi mereka untuk kondisi seperti ini.

 

Tidak semua kendaraan aman, jika Anda berada di dalamnya pada saat terjadinya badai petir

  • Contohnya mobil konvertibel. Satu-satunya pelindung perlindungan yang benar-benar ada di sekitar Anda saat mengendarai mobil hardtop yang khas adalah badan logam, yang mengambil beban dari sambaran petir dan memandu muatan tepat ke tanah. Jadi, ketika Anda berada di dalam mobil konvertibel, tidak ada perisai logam pelindung yang membungkus atau melindungi Anda.

  • Anda juga tidak aman di kereta golf (golf cart) karena juga tidak memiliki perisai logam dan kaca.

  • Hal yang sama berlaku untuk sepeda motor, sepeda dan sebagian besar perahu – Anda sama sekali tidak aman di dalam atau di salah satu kendaraan tersebut ketika petir menyambar karena tidak ada yang mengarahkan kilat menjauh dari Anda dan ke tanah.

Menariknya, sebagian besar pesawat aman untuk berada di saat badai petir, seperti mobil konvensional, logam eksterior dan kaca melindungi penghuni di dalamnya dari petir.

 

Aman saat berkendara waktu hujan dan adanya petir

Tutuplah semua cendela mobil Anda, pada saat terjadinya hujan dan adanya petir. Sumber foto: Pixabay

 

Cara aman saat berkendara waktu hujan dan adanya petir

  • Beri waktu ekstra. Jika Anda berpikir badai sedang terjadi, biarkan kondisi mengemudi yang buruk. Tinggalkan lebih awal untuk tiba dengan selamat dan tepat waktu.

  • Tutup cendela mobil.

  • Ingat bahwa setiap detik Anda mengemudi dalam waktu hujan / badai akan meningkatkan peluang Anda terlibat dalam kecelakaan. Mampirlah jika Anda bisa dan jika Anda tidak bisa, berhati-hatilah.

  • Periksa cermin Anda. Ingat, puing akan ada di mana-mana.

  • Patuhi aturan jalan. Jangan mempercepat. Bahkan, dalam badai, pertimbangkan batas kecepatan “saran.” Idealnya, Anda akan melambat secara otomatis untuk kondisi seperti ini.

  • Sabar. Pengemudi lain sama gugupnya dengan Anda, jadi jika seseorang menyetir lebih lambat, jangan marah-marah.

  • Perhatikan speeders / pengebut. Kami tahu, ini terdengar gila, tetapi ada banyak koboi di luar sana yang tahu betul bahwa polisi tidak mungkin menyetop mereka untuk memberi tilang, pada saat hujan deras.

  • Gunakan akal sehat. Ingat bahwa Anda mengemudi dalam kondisi yang sangat berbahaya, jadi tidak peduli betapa pentingnya Anda sampai ke tempat yang Anda tuju, ingat – dalam badai yang buruk, terkadang Anda dapat memiliki pilihan untuk tiba di sana terlambat atau tidak sampai di sana sama sekali. Berkendaralah dengan aman.

Apakah aman untuk mengemudi di badai? Tidak, bukan itu. Tetapi kadang-kadang itu perlu. Jadi jika Anda benar-benar harus berkendara dalam kondisi yang mengerikan, ikuti aturan keamanan di atas. Anda mungkin terlambat ke sana, tetapi Anda akan sampai di sana dengan aman.

 

Beberapa rekomendasi umum

  • Masalah Keamanan Pribadi

Insiden yang dilaporkan dan cedera terkait membuatnya jelas bahwa seseorang di dalam kendaraan logam tertutup sepenuhnya tidak boleh menyentuh benda logam yang dirujuk ke bagian luar mobil. Gagang pintu dan jendela, panggil radio, mikrofon CB, perpindahan gigi, roda kemudi, dan benda-benda logam di dalam-ke-luar lainnya harus dibiarkan sendiri selama peristiwa-peristiwa kilat. Kami menyarankan untuk berhenti di sisi jalan dengan cara yang aman, menyalakan penutup darurat, mematikan mesin, meletakkan satu tangan di pangkuan seseorang, dan menunggu badai.

  • Alat berat

Backhoe, bulldozer, loader, grader, scrapers, mesin pemotong, dan alat berat lainnya yang menggunakan kanopi sistem rollover tertutup (ROPS) aman di dekat badai listrik. Operator harus mematikan peralatan, menutup pintu, dan duduk dengan tangan di pangkuan, menunggu badai. Dalam keadaan apa pun saat berada di dekat petir, operator harus turun dari peralatan ke tanah untuk mencari tempat berlindung lain. Tegangan langkah yang sangat berbahaya dan situasi tegangan sentuh dibuat ketika “jalur ganda ke tanah” dibuat. Tegangan petir akan berusaha menyamakan diri, dan mereka dapat melewati seseorang untuk melakukannya.

Peralatan yang lebih kecil tanpa ROPS tidak aman. Mesin pemotong kecil, mobil golf, dan gerobak utilitas adalah contoh kendaraan yang tidak aman. Ban karet memberikan nol keamanan dari petir. Setelah semua, petir telah menempuh perjalanan bermil-mil melewati langit: empat atau lima inci karet bukanlah isolasi sama sekali. Orang harus dengan aman meninggalkan mesin ini dan masuk ke tempat penampungan yang aman.

  • Bus Sekolah

Contohnya bus sekolah Amerika (berwarna kuning) yang terbuat dari logam adalah sangkarFaraday yang bagus. Pastikan semua jendela tertutup dan aturan “hands on lap” diamati. Minggir dan tunggu badai.

  • Kerusakan

Kerusakan yang dilaporkan pada kendaraan termasuk pitting, arcing, dan pembakaran di kedua tempat eksterior dan interior. Lihat foto-foto di bawah ini, milik Mr. Brown, dari Jeep Cherokee-nya yang disambar petir. Kasus-kasus telah dilaporkan mengenai penghancuran total kabel kendaraan, dan sistem listrik dan elektronik terkait. Kasus-kasus dari departemen kepolisian melaporkan luka bakar yang buruk ke tangan dan mulut di mana para petugas menggunakan mikrofon radio ketika kendaraan mereka diserang. Kasus menggambarkan total blow-out dari keempat ban di mobil penumpang. Sebuah video di perpustakaan NLSI kami menunjukkan sebuah station wagon disambar petir dalam badai hujan deras, tanpa kerusakan apa pun yang terjadi.

 

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: WeatherHow Stuff WorksQuoraABC AustraliaLightning SafetyYour Mechanic

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-01-22T15:31:12+07:00 Mei 13th, 2018|IPA|0 Comments

Leave A Comment