fbpx

Jumlah Porsi dan Jadwal Pemberian Makanan Bayi Berdasarkan Usia 0-12 Bulan

Jumlah dan Jadwal Pemberian Makanan Bayi

Berapa kali bayi harus makan sesuai umur mereka? Berapa banyak ukuran porsi untuk bayi? berikut adalah jumlah porsi dan jadwal pemberian makanan bayi:

 

Jadwal Pemberian Makanan Bayi 0 Bulan

  • ASI atau susu formula (bagi Ibu yang tidak memiliki cukup ASI): setelah beberapa hari pertama, bayi yang diberi susu formula akan mmbutuhkan 60–90 ml susu formula per makan dan akan makan setiap 3 sampai 4 jam rata-rata selama beberapa minggu pertamanya. (Bayi yang disusui biasanya mengonsumsi makanan yang lebih kecil dan lebih sering daripada bayi yang diberi susu formula).

 

Jadwal Pemberian Makanan Bayi 1 Bulan

  • Selama bulan pertama, jika bayi Anda tidur lebih lama dari empat hingga lima jam dan mulai menyusui, bangunkan dia dan tawarkan sebotol.
  • Pada akhir bulan pertamanya, dia akan mendapat setidaknya 120 ml per makan, dengan jadwal pemberian makan yang cukup dapat diprediksi setiap 4 jam.

 

Makanan Bayi 2 – 4 Bulan

Antara usia 2 dan 4 bulan (atau ketika bayi memiliki berat lebih dari 5,4 kg), kebanyakan bayi yang diberi susu formula tidak lagi membutuhkan makan tengah malam, karena mereka mengkonsumsi lebih banyak di siang hari dan pola tidur mereka menjadi lebih teratur (meskipun ini bervariasi dari bayi ke bayi).

Kapasitas lambung mereka juga telah meningkat, yang berarti mereka dapat pergi lebih lama antara pemberian makan siang — kadang-kadang hingga empat atau lima jam setiap kali. Jika bayi Anda masih terlihat sering memberi makan atau mengonsumsi lebih banyak, cobalah mengalihkan perhatiannya dengan bermain atau dengan dot. Kadang-kadang pola obesitas dimulai selama masa bayi, jadi penting untuk tidak memberi bayi Anda secara berlebihan.

Yang paling penting untuk diingat, apakah Anda menyusui atau memberi susu botol, adalah bahwa kebutuhan makan bayi Anda unik. Tidak ada buku yang dapat memberi tahu Anda secara tepat berapa banyak atau seberapa sering dia perlu diberi makan atau tepatnya bagaimana Anda harus menanganinya selama menyusui. Anda akan menemukan hal-hal ini untuk diri sendiri saat Anda dan bayi Anda saling mengenal

 

Jadwal Pemberian Makanan Bayi 6 – 7 Bulan

Pada usia enam bulan, bayi Anda akan mengkonsumsi 180-240 ml pada masing-masing 4 atau 5 kali pemberian dalam dua puluh empat jam.

 

Jumlah dan Jadwal Pemberian Makanan Untuk Bayi Berdasarkan Usia

Jumlah dan Jadwal Pemberian Makanan Untuk Bayi Berdasarkan Usia. Sumber foto: Pixabay

 

Jadwal Pemberian Makanan Bayi 7-9 Bulan

 

Jadwal Pemberian Makanan Bayi 9-12 Bulan

 

Resep Makanan Bayi Lainnya

Klik disini untuk melihat resep bayi lainnya: dari buah, sayur, daging sampai kacang-kacangan yang bergizi dan kaya vitamin untuk Bayi Anda!

 

Pengenalan makanan semi padat ASI pada usia 6 bulan

Pada usia 6 bulan, umumnya bayi telah siap dengan makanan semi padat MPASI: Makanan Pendamping Asi. Cobalah resep bayi bubur tepung beras saus jeruk untuk memberikan vitamin alami yang lebih baik.

Pada usia 6 bulan, ASI hanya emenuhi sekitar 50-70% kebutuhan gizi bayi.

Tidak dianjurkan untuk memperkenalkan makanan semi padat pada bayi berumur 4-6 bulan, karena sistem pencernaan mereka masih belum siap.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Baby CenterHealthy Children

Informasi: selalu berkonsultasi dengan dokter anak Anda untuk memperkenalkan makanan baru untuk bayi Anda.

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-05-14T08:56:46+00:00 Mei 14th, 2018|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment