fbpx

Penyakit Paling Umum Selama Musim Hujan

Jaga Kesehatan Pada di Musim Hujan

Tentu saja Anda harus menjaga kesehatan setiap saat. Terlebih-lebih pada saat musim hujan, karena kita rentan terhadap perubahan cuaca, penyakit dan virus. Berikut adalah penyakit paling umum selama musim hujan.

 

Penyakit paling umum selama musim hujan

Lindungi si kecil dari penyakit paling umum selama musim hujan!

 

Penyakit Paling Umum Selama Musim Hujan

1. Demam

Perubahan cuaca memicu fluktuasi suhu dan sistem kekebalan tubuh kita menjadi lemah, sehingga menyebabkan demam di antara kita.

2. Influenza (flu)

Influenza adalah penyakit yang disebabkan oleh virus ketika terkontaminasi oleh seseorang yang terkena pilek dan flu. Ini adalah infeksi pernafasan dengan tanda-tanda termasuk demam, sakit kepala, pilek, batuk, pilek, sakit tenggorokan dan nyeri sendi dan otot. Tetap higienis dapat membantu terhindar dari penyakit!

3. Infeksi perut

Muntah, diare dan sakit perut adalah infeksi perut yang paling umum untuk masuk ke dalam cuaca ini. Hal ini populer disebabkan oleh konsumsi makanan dan produk-produk cair yang kurang tertangani. Gastroenteritis adalah infeksi perut yang umum yang disebabkan selama ini. Disarankan untuk memiliki air matang, memiliki makanan yang dimasak di rumah dan minum cukup cairan yang sehat.

4. Dengue

Hujan menyebabkan penebangan air di sekitarnya yang melahirkan nyamuk yang menyebabkan demam dengue di dalam kita. Demam, nyeri tubuh, nyeri sendi, dan ruam adalah gejala demam berdarah.

5. Chikungunya

Nyamuk seperti aedes albopictus, lebih dikenal sebagai Nyamuk Harimau Asia, berakibat menyebabkan penyakit seperti Chikungunya di dalam kita yang ditandai dengan demam dan nyeri sendi.

6. Malaria

Malaria adalah salah satu penyakit paling umum yang disebabkan di musim hujan. Lagi-lagi alasannya adalah nyamuk, disarankan untuk menjaga kebersihan lingkungan dan bebas dari genangan air.

7. Penyakit tifus

Tifus adalah penyakit usus yang cepat menular (disertai demam dengan ruam-ruam pada tubuh dan gangguan atas kesadaran diri). Penyakit ini disebarkan oleh arthropoda, khususnya kutu, tungau dan caplak.

8. Penyakit kuning

Penyakit kuning juga merupakan penyakit yang disebabkan oleh air dan makanan. Kelemahan, urin kuning, muntah, warna kulit pucat dan kekuningan, dan disfungsi hati adalah gejala penyakit kuning. Untuk mencegah penyakit ini, orang harus minum air matang dan menghindari makan makanan jalanan.

9. Diare

Konsumsi makanan jalanan lebih sering mengganggu perut dan menyebabkan diare selama musim hujan.

10. Leptospirosis

Leptospirosis adalah penyakit menular yang disebabkan karena sering kontak dengan air kotor dan kedekatan dengan hewan selama musim hujan. Demam, nyeri otot, mata kemerahan, dan sakit kepala adalah gejalanya.

Penyakit ini dikenal juga dengan penyakit kencing tikus, penyebabnya adalah bakteri Leptospira spp. yang hidup dalam urin tikus. Sebenarnya tidak hanya tikus namun juga beberapa hewan seperti musang, possum, tupai, sapi, anjing, kucing, kuda, dll. Bakteri leptopirosis ini menginfeksi tanah dan air dan biasanya dapat berkembang biak dengan mudah di tempat yang becek, berair dan berlumpur serta menginfeksi melalui selaput lendir mata, hidung dan luka terbuka.

 

Penyakit paling umum selama musim hujan

Sedia payung sebelum hujan! Sumber foto: Pixabay

 

10 Cara Agar Tetap Sehat Pada Musim Hujan – Tips dan Tindakan Pencegahan

Cara agar tetap sehat pada musim hujan, Anda dapat melakukan tindakan pencegahan sederhana yang bisa kita lakukan untuk mempertahankan kondisi tubuh yang baik, selama musim penghujan. Klik disini untuk mengetahuinya lebih lanjut.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: PCHRDIcici Lombard

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-06-08T19:43:09+07:00 April 1st, 2018|Sehat & Cantik, Top 10|0 Comments

Leave A Comment