PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Art Deco | Gaya Arsitektur Tahun 1920-1939

3 min read

Art Deco | Gaya Arsitektur Tahun 1920-1939

Art Deco | Gaya arsitektur tahun 1920-1939

Gaya Art Deco lahir sebagai reaksi atas ekses artistik gaya Art Nouveau. Gaya ini mengetahui penyebaran besar-besaran di dunia dan mencakup baik ledakan besar tahun 1920-an maupun krisis tahun 1930-an.  Dengan garis geometrisnya, gaya Art Deco yang kuat dan ringan menggoda dunia pada tahun 1920-1939.

Gaya ini muncul tepat setelah kengerian Perang Dunia Pertama, dan mencoba melupakan jutaan kematian. Oleh karena itu, kita dapat mengatakan bahwa karakteristik Art Deco sangat dipengaruhi oleh keinginan untuk memiliki nasional, kembali ke tradisi, dengan satu tujuan: kepastian.

Scott Fitzgerald (penulis Amerika) akan mengatakan tentang gaya ini:
“Art Deco dibangun oleh ketegangan saraf yang terakumulasi dan tidak dikeluarkan selama perang”
– Scott Fitzgerald

Ini juga merupakan gaya Roaring Twenties, gedung pencakar langit Hollywood, era modern dan mekanis.

Pameran Internasional Seni Dekoratif dan Industri Modern 1925 di Paris akan menandai puncaknya.

Art Deco merupakan gaya hias yang lahir setelah Perang Dunia I dan berakhir sebelum Perang Dunia II

1925, ketika Art Deco menggoda dunia

Pameran Internasional Seni Dekoratif dan Industri Modern menyambut lebih dari 15 juta pengunjung ke Paris.

Ini menandai puncak gaya Art Deco di kancah internasional. Meskipun itu bukan yang paling penting, itu adalah yang paling bergema, paling berpengaruh.

Itu tidak semua.

Keanekaragaman karya yang dihadirkan menunjukkan wajah Art Deco yang berbeda di mata dunia. Dengan demikian, furnitu, lampu gantung, patung dan lukisan menawarkan antologi karya yang akan dikumpulkan di museum Art Deco terindah di dunia.

Pameran ini sukses besar. Upaya pementasannya cukup besar: pertunjukan dan pertunjukan cahaya yang menyoroti kota Paris, yang dianggap sebagai kota perbelanjaan dan kemewahan.

Pameran ini membawa perpaduan nyata antara Art Deco dan perdagangan: iklan dan jendela toko mendorong lebih dari sebelumnya untuk mengkonsumsi, sebuah gerakan yang sudah diprakarsai oleh Art Nouveau dan department store.

Dua puluh satu negara berpartisipasi dalam pertemuan ini. Bersama Prancis, Austria, Belanda, Inggris Raya, Swedia, Denmark, dan bahkan Rusia, pameran ini hanya memiliki satu tujuan: hanya menampilkan karya-karya yang membuktikan modernitas yang sesungguhnya.

Imitasi gaya lama tidak punya tempat. Itu merupakan salah satu kesuksesesan.

Kita kemudian dapat berpikir bahwa keseluruhannya adalah homogen, tetapi tidak, justru sebaliknya. Setiap bangsa mengapropriasi gerakan ini dengan menampilkan corak nasionalnya masing-masing.

Chrysler building art deco
Lantai atas Gedung Chrysler, New York City; bergaya art deco. Sumber foto: Wikimedia Commons (CC BY-SA 3.0)

Motif Art Deco: flora, fauna dan geometri

Salah satu ciri khas dari arsitektural gaya ini adalah berulangnya penggunaan rangkaian ornamen dan motif tradisional.

Kami mengabaikan Art Nouveau, tetapi tidak pada tradisi, dengan meminjam motif lama dari abad yang lalu, yang kami murnikan dan geometrikan. Gayanya agak meyakinkan, konsekuensi dari trauma Perang Dunia Pertama.

Ada gaya yang berbeda: Kekaisaran, Restorasi dan gaya Louis-Philippe. Namun, gaya istimewa tertentu dari Art Nouveau menolak, tetapi dalam bentuk yang sama sekali berbeda. Saya beri nama naturalisme.

Representasi alam ini kemudian harus beradaptasi dengan gaya modern. Kami menggabungkan alam dengan pemerintahan mesin. Dengan demikian, Art Deco memaksakan perlakuan simetris pada alam, sedangkan Art Nouveau merayakan asimetrinya.

Mereka menjauh dari realisme, mereka memaksakan kerangka kerja yang tidak menerima luapan apa pun.

Dekorasi gaya Art deco diilustrasikan oleh mawar cubist klasik. Kami menemukan interpretasi alam ini dalam sejumlah besar karya.

Hewan dan serangga juga direpresentasikan dengan sangat bergaya hingga menjadi simbol modern. Doe, antelop, tanpa melupakan macan kumbang mewakili eksotisme gaya Art Deco.

Bentuk geometris juga sangat hadir dalam karya Art Deco. Seni avant-garde ini memungkinkan mereka untuk mengekspresikan intisari dunia modern.

Lingkaran, bujur sangkar, garis mengekspresikan dinamisme tertentu. Ekspresi penuhnya ditemukan dalam tekstil dan seni grafis. Dengan demikian para seniman bekerja pada garis, permukaan, untuk mencari efek untuk dekorasi interior. Ini adalah pendekatan yang sama sekali berbeda, ornamen mengambil kursi belakang, terhapus oleh keinginan yang berkembang untuk abstraksi.

Bahan yang berbeda digunakan: kaca, krom, aluminium, ini adalah revolusi nyata untuk dekorasi interior, sangat bertentangan dengan gaya Art Nouveau, seringkali berat dan sarat. Ini juga salah satu cara untuk mengenali Art Deco, garis dan akal.

Art Deco mati pada tahun 1930, digantikan oleh modernisme dan gaya internasional.

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Cleverly Smart, Britannica, The Spruce, The Art Story

Sumber foto (utama): CleverlySmart

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.