fbpx

Berapa Banyak Rata-Rata Sel Kulit Manusia Hilang Dalam Hidupnya?

Berapa Banyak Rata-Rata Sel Kulit Manusia Hilang Dalam Hidupnya?

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2011 dalam jurnal Environmental Science & Technology, kita kehilangan kulit luar antara 0,03 dan 0,09 gram perjam didalam sehari. Tampaknya sedikit sekali, tetapi pada suatu kehidupan, apabila ditambah bisa mencapai sekitar 35 kg.

Kulit kita yang terkelupas terutama terjadi dalam bentuk serpihan kecil yang merupakan bagian dari komponen debu, seperti juga debu-debu dirumah.

 

Penelitian Tentang Squalen Yang Mengejutkan!

Yang mengejutkan, penelitian menunjukan bahwa campuran squalene, komponen utama dari lemak dan kulit, bereaksi dengan ozon polutan yang bahaya dan ini juga ditemukan didalam rumah.

Reaksi squalen ini memungkinkan untuk menurunkan konsentrasi ozon di ruangan. Contohnya dengan ruangan berukur 30m³ dari 10 sampai 25% dalam jangka waktu 5 jam.

 

 


Pengertian Squalen

Squalene adalah senyawa organik yang terdapat dalam tubuh manusia, hewan dan juga tumbuhan. Pada manusia, senyawa ini diproduksi oleh organ hati dan dialirkan secara menyeluruh pada tubuh melalui darah.

Salah satu keunggulan squalane adalah bahwa senyawa ini merupakan senyawa yang sama dengan yang dihasilkan dari kelenjar kulit manusia (sebacious compound – human sebum) yang berfungsi untuk melembabkan kulit manusia. Fungsi utama squalene adalah melindungi permukaan kulit dari pajanan ultraviolet dan sumber radiasi lainnya.


Kerusakan Ozon Dapat Menyebakan Kanker Kulit

Rusaknya lapizan ozon yang terus menerus akan menyebabkan kenaikan radiasi kepada Bumi. Ozon adalah gas beracun sehingga bila berada dekat permukaan tanah akan berbahaya bila terhisap dan dapat merusak paru-paru. Sebaliknya, lapisan ozon di atmosfer melindungi kehidupan di Bumi karena ia melindunginya dari radiasi sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker.

 

Berapa Banyak Kita Kehilangan Sel-Sel Kulit?

 


Bacaan Lainnya


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Science Focus, How Stuff Works, National Geographic, Wired, Tempo, Rutgers University, Publikasi Resmi ACS, Jurnal Environmental Science & Technology, Kementrian Lingkungan Hidup

          

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-05-02T10:06:13+07:00 Februari 25th, 2017|IPA, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment