fbpx

Black Friday Adalah Hari Diskon Besar-Besaran – Apa Sejarahnya Jum’at Hitam?

Black Friday

Black Friday adalah hari diskon besar-besaran.

Jika di Indonesia ada Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) yang puncaknya biasanya jatuh pada 12.12 alias 12 Desember, di luar juga ada hari belanja dimana merchant dan toko online rata-rata memberikan diskon besar-besaran, yaitu Black Friday.

Di Amerika Serikat hari setelah Thanksgiving adalah hari dimana orang – orang akan berbondongan untuk berbelanja dan penyebab kemacetan. Dari awal tahun 2000an, hari ini merupakan awal dari musim belanja untuk Hari Natal. Dulu banyak orang yang rela antri dari subuh dan menunggu toko di buka dan akan terjadi desakan dan rebutan untuk membeli barang yang mereka inginkan dengan harga yang sangat rendah.

 

Sejarah Black Friday

Penggunaan pertama kali dari istilah “Black Friday” diterapkan bukan pada belanja pada hari liburan, tapi juga krisis keuangan: khususnya, jatuhnya pasar emas di Amerika Serikat pada 24 September 1869. Dua pemodal Wall Street yang terkenal kejam, Jay Gould dan Jim Fisk, bekerja sama untuk membeli sebanyak yang mereka bisa dari emas negara tersebut, dengan harapan bisa menaikkan harga setinggi langit dan menjualnya dengan harga yang menakjubkan.

Pada hari Jumat di bulan September, persekongkolan akhirnya terurai, membuat pasar saham jatuh bebas dan membebani semua orang dari baron Wall Street ke petani.

Kata Black atau hitam dari kalimat tersebut berasal dari catatan bisnis mereka yang ditandai dengan hilangnya tinta merah dan digantikan dengan tinta hitam, maksudnya adalah mereka berhasil menghilangkan kerugian mereka dan malah mendapatkan banyak keuntungan. Tradisi warna tersebut juga diterapkan pada berbagai software keuangan modern.

 

Black Friday

 

Contoh Toko-Toko Online dan Non-Online Yang Melakukan Black Friday di Indonesia

  • Shopback.co.id
    ShopBack merupakan situs dimana Anda bisa mencari dan mendapatkan penawaran & diskon menarik dari sekitar 300 toko, plus Cashback! Makna Cashback is really just “getting cash back” – adalah pendapatan uang kembali. Ketika Anda berbelanja online melalui ShopBack, mereka mengembalikan sebagian uang yang Anda bayar dalam bentuk Cashback. Ini berarti Andabisa berhemat dengan mendapatkan uang ekstra yang tak terbatas setiap kali kamu belanja online melalui ShopBack!
  • Zalora.co.id
    ZALORA Indonesia adalah pusat belanja Fashion online.
  • Aeon Mall BSD City – Jakarta
    AEON Indonesia, toko retail yang lahir di Jepang. Dengan keramahtamahan dari Jepang dan ide yang selangkah lebih maju, mereka akan selalu mewarnai kehidupan sehari-hari Anda dengan hal-hal yang baru dan suasana yang nyaman.
  • Hartono Elektronika
    Toko Elektronik online dan non-online yang pertama kali di dirikan di Surabaya. Menyediakan berbagai semua kebutuhan produk elektronik rumah tangga.

 

 

 

Black Friday

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: History

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-04-29T23:54:27+07:00 November 24th, 2017|Geografi & Sejarah, Lainnya|0 Comments

Leave A Comment