Hari Thanksgiving | Hari Pengucapan Terima Kasih dan Rasa Syukur Di Amerika Serikat

5 min read

Thanksgiving

Hari Thanksgiving (Hari Pengucapan Syukur)

Hari Pengucapan Syukur atau Hari Thanksgiving adalah hari libur resmi di Amerika Utara untuk mengucapkan terima kasih dan rasa bersyukur di akhir musim panen, selalu jatuh pada Kamis keempat di bulan November.

Hari Thanksgiving paling banyak dirayakan di Amerika Serikat dan Kanada.

Di Amerika Serikat, Hari Thanksgiving adalah hari libur nasional yang dirayakan pada hari Kamis keempat bulan November. Festival ini mengutip unsur-unsur dari kehidupan perintis para Pilgrim Fathers (Plymouth Colony) dan dengan demikian memiliki karakter nasional tertentu. Thanksgiving adalah perayaan keluarga terpenting tahun ini di Amerika Serikat, dan banyak keluarga juga mengundang teman atau tamu lain. Ini berpusat di sekitar makan besar (sering makan malam). Karena semua generasi dari sebuah keluarga sering berkumpul bersama dan mereka kadang-kadang hidup tersebar di seluruh bagian negara, lalu lintas di bandara dan jalan negara di sekitar festival jauh lebih ramai daripada waktu lainnya sepanjang tahun.

Di Kanada, festival ini dirayakan pada hari Senin kedua di bulan Oktober. Thanksgiving adalah hari libur umum di sebagian besar provinsi di sana, menjadikannya salah satu akhir pekan panjang yang populer sepanjang tahun. Festival ini awalnya dijadwalkan untuk 12 Oktober (Hari Columbus , hari di mana “Dunia Baru” ditemukan), tetapi – seperti Hari Columbus di AS – dipindahkan ke hari Senin.

Tanggal Thanksgiving

  • Kamis 24 November 2016
  • Kamis 23 November 2017
  • Kamis 22 November 2018
  • Kamis 28 November 2019
  • Kamis 26 November 2020
  • Kamis, 25 November 2021
  • Kamis, 24 November 2022
  • Kamis 23 November 2023
  • Kamis 23 November 2024
  • Kamis 27 November 2025

Perayaan Hari Thanksgiving

Tradisi utama yang melekat pada perayaan ini adalah acara makan malam bersama keluarga, teman atau kerabat dekat dengan hidangan utama kalkun beserta sayuran yang dipanen pada musim gugur. Porsi kalkun yang besar sangat cocok untuk menjamu banyak orang, sehingga tak heran unggas ini menjadi menu wajib saat Thanksgiving.

Tak lupa kebiasaan berdoa bersama sebagai wujud rasa syukur atas anugerah Tuhan, selalu dilakukan sebagai warisan nilai-nilai agama yang telah dilakukan sejak dulu.

Saling bercerita tentang hal-hal yang telah dijalani selama setahun, menjadi hal yang menyenangkan sekaligus menambah keakraban.

Selain menghabiskan waktu bersama keluarga, di beberapa pusat kota di Amerika seperti seperti Manhattan, Plymouth, Houston, Philadelphia, Detroit, bahkan di kota metropolitan New York kerap diselenggarakan berbagai pawai besar bertema menarik setiap tahunnya.

Ajang kompetisi sepak bola di Amerika dan Kanada yang dimulai sejak hari thanksgiving juga sudah menjadi tradisi yang tidak bisa dilepaskan. Hari yang juga merupakan Hari Bersyukur Nasional di Amerika ini menandakan bahwa setelahnya akan dimulai musim belanja natal, dengan tawaran banyak diskon dari semua toko.

Thanksgiving
Masakan kalkun (turkey) pada saat Thanksgiving.

Fakta-Fakta Thanksgiving

1. Tanggal selalu berbeda.

“Thanksgiving Day” adalah hari pengucapan syukur yang selalu dirayakan pada setiap hari Kamis keempat bulan November. Itulah sebabnya tidak ada tanggal yang mutlak sama setiap tahun, melainkan tergantung pada penanggalan kalender. Tiga tahun terakhir ini, misalnya, Thanksgiving Day di AS dirayakan pada tanggal-tanggal yang berbeda: 25 November (2010), 24 November (2011), 22 November (2012); dan tahun depan (2013) akan jatuh pada tanggal 28 November.

2. Amerika dan Kanada berlainan waktu.

Meskipun bertetangga dekat, dan masyarakatnya datang dari asal-usul yang sama (Eropa), perayaan Thanksgiving Day di Amerika Serikat berbeda dengan di Kanada. Oleh karena secara tradisional Hari Pengucapan Syukur ini dikaitkan dengan hasil panen, maka Kanada yang wilayahnya di sebelah utara AS dan lebih dekat ke kutub utara merayakannya lebih awal. Patokan waktu bagi masyarakat Kanada merayakan hari raya ini adalah pada setiap hari Senin kedua bulan Oktober, dan dengan demikian tanggal-tanggalnya juga selalu berlainan dari tahun ke tahun. Dalam tiga tahun terakhir ini mereka merayakan “Thanksgiving Day” pada 11 Oktober (2010), 10 Oktober (2011), 8 Oktober (2012) dan tahun depan (2013) mereka akan merayakannya pada tanggal 14 Oktober.

3. Semula tidak seragam waktunya

Perayaan “Thanksgiving Day” di AS diketahui telah dirayakan pertama kali pada abad ke-16 di Virginia dan oleh para petani di daerah yang dikenal dengan Plymouth Plantation. Tetapi perayaan yang pertama kali terdokumentasi, dan disebut sebagai “First Thanksgiving” (Hari Raya Pengucapan Syukur Pertama) di AS, baru pada abad ke-17, yaitu tahun 1621 di New England. Uniknya, perayaan pengucapan syukur ini dilakukan oleh para pemukim asal Inggris yang pertama kali mendarat di “Dunia Baru” (begitu mereka menyebut benua Amerika ini dulu!) bersama-sama dengan penduduk asli Amerika, orang-orang Indian.

4. Menjadi Hari Libur Nasional

“Thanksgiving Day” diproklamirkan sebagai Hari Raya Nasional (dengan demikian dirayakan secara bersamaan di seluruh AS) oleh Presiden Abraham Lincoln pada tahun 1863, meskipun saat itu Perang Saudara sedang berkecamuk di Amerika antara Utara dan Selatan. Waktu itu perayaan ini disebut untuk “Mengucap syukur dan memuji Bapa kita yang pemurah yang bersemayam di Surga.”

5. Sajian  makanan khas

Dua jenis makanan yang secara tradisional disajikan saat merayakan “Thanksgiving Day” di AS adalah ayam kalkun (turkey) dan labu (pumpkin). Ada berbagai cara untuk menyajikan makanan yang terbuat dari dua jenis bahan makanan ini, tetapi biasanya adalah ayam kalkun panggang utuh dan kue labu kuning (pumpkin pie). Daging ayam kalkun cukup keras dan rasanya tidak segurih daging ayam biasa, itulah sebabnya memerlukan “keahlian” khusus untuk memanggang ayam kalkun dan membumbuinya secara pas. Begitu juga, labu kuning rasanya hambar dan membutuhkan pengetahuan tertentu agar rasanya lezat. Selain untuk sajian pada “Thanksgiving Day” labu kuning juga populer di kalangan masyarakat untuk perayaan Hari Haloween (31 Oktober), tetapi untuk yang kedua ini labu kuning lebih digunakan untuk bahan dekorasi dengan ukiran serta dandanan sehingga labu yang berukuran besar-besar ini jadi “menakutkan” untuk dipandang.

Apa asal mula liburan paling terkenal di Amerika ini?

Awal yang penuh badai

Thanksgiving adalah hari libur yang mengakar kuat dalam budaya Amerika, sejak hari-hari awal sejarah negara itu. Untuk memahami makna utamanya, kita harus melihat kembali ke paruh pertama abad ke-17 ketika sebuah faksi minoritas di Inggris memisahkan diri dari Gereja Anglikan.

Ini adalah kaum Puritan yang ingin, seperti namanya, untuk “memurnikan” gereja dari praktik-praktiknya yang agak terlalu Katolik untuk mereka sukai. Tertindas di rumah di Inggris, sebagian dari kaum Puritan melarikan diri dengan sebuah kapal, Mayflower, pada tahun 1620. Perjalanan mereka yang sangat berat menelan korban banyak orang dan hanya seratus dari mereka yang tiba di bumi hidup-hidup.

Terima kasih kepada orang Amerindian!

Untungnya bagi mereka, para peziarah tidak sendirian di sana. Mereka bertemu orang Amerindian (penduduk asli Amerika) dengan siapa mereka berhasil membentuk perjanjian damai. Mereka mewariskan pengetahuan mereka tentang pertanian dan aklimatisasi kepada mereka. Bantuan mereka yang berharga membuahkan hasil, dan para peziarah menuai panen yang melimpah di musim gugur berikutnya.

Mereka kemudian memutuskan untuk mengadakan pesta untuk berterima kasih kepada orang-orang Amerindian dan menunjukkan kepada mereka kegembiraan dan rasa terima kasih yang luar biasa. Makanan untuk menghormati orang Amerindian ini berlangsung selama 3 hari dan dialami oleh semua orang sebagai momen unik untuk berbagi. Oleh karena itu dari yang satu ini, pada tahun 1621, Thanksgiving dirayakan. Baca juga: Penduduk Asli Amerika | Warisan Budaya, Adat Istiadat

Thanksgiving
Thanksgiving pertama, lukisan oleh Jean Leon Gerome Ferris (1863-1930).

Sejarah

Doa syukur dan upacara khusus adalah hal biasa di hampir semua budaya setelah panen dan di waktu lain. Sejarah liburan Thanksgiving di Amerika Utara berakar pada tradisi Amerika sejak Reformasi Protestan. Ini juga memiliki aspek festival panen, meskipun fakta bahwa panen di New England terjadi jauh sebelum akhir November, ketika Thanksgiving dirayakan.

Dalam tradisi Inggris, hari Thanksgiving dan kebaktian khusus ucapan syukur keagamaan kepada Tuhan menjadi penting selama Reformasi Anglikan, pada masa pemerintahan Henry VIII, dan sebagai reaksi atas banyaknya hari raya keagamaan dalam kalender Katolik. Sebelum tahun 1536, ada 95 hari libur gereja, ditambah 52 hari Minggu, di mana orang harus menghadiri gereja dan berhenti bekerja, dan terkadang membayar untuk perayaan yang mahal. Reformasi tahun 1536 mengurangi jumlah hari libur Gereja menjadi 27, tetapi beberapa orang Puritan ingin menghilangkan semua hari libur gereja sama sekali, termasuk Natal dan Paskah.

Hari-hari raya itu akan diganti dengan hari-hari puasa atau hari-hari syukur yang secara khusus disebut, sebagai tanggapan atas peristiwa-peristiwa yang oleh kaum Puritan dianggap sebagai tindakan pemeliharaan ilahi.

Bencana yang tak terduga atau ancaman penghakiman ilahi mengharuskan puasa berhari-hari. Berkat-berkat khusus, yang dianggap berasal dari Tuhan, membutuhkan hari-hari untuk mengucap syukur. Misalnya, hari-hari puasa dinamai setelah kekeringan pada tahun 1611, banjir pada tahun 1613, dan wabah pada tahun 1604 dan 1622. Hari-hari mengucap syukur dinamai berdasarkan kemenangan atas tentara Spanyol pada tahun 1588 dan setelah pembebasan Ratu. Anne pada 1705. Thanksgiving tahunan yang tidak biasa dimulai pada 1606, setelah kegagalan Mesiu Plotin 1605, dan itu menjadi malam Guy Fawkes (5 November).


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Calender Date

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing