fbpx

Bromin adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Br dan nomor atom 35

Bromin

Bromin adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Br dan nomor atom 35.

 

Fisik Bromin

Unsur dari deret kimia halogen ini berbentuk cairan berwarna merah pada suhu kamar dan memiliki reaktivitas di antara klor dan yodium. Dalam bentuk cairan, zat ini bersifat korosif terhadap jaringan sel manusia dan uapnya menyebabkan iritasi pada mata dan tenggorokan. Dalam bentuk gas, bromin bersifat toksik.

Bromin bebas adalah cairan berwarna coklat kemerahan dengan tekanan uap yang cukup pada suhu kamar. Uap Brom berwarna kuning. Brom memiliki bau tajam dan menyebabkan iritasi pada kulit, mata, dan sistem pernapasan. Paparan konsentrasi uap bromin, bahkan untuk waktu yang singkat, mungkin berakibat fatal. Seperti halogen lainnya, bromin ada sebagai molekul diatomik di semua bentuk agregasi.

 

Kegunaan Bromin

Senyawa Bromin digunakan sebagai pestisida, zat warna, senyawa pemurnian air, dan sebagai penghambat api dalam plastik.

1,2-dibromoetana digunakan sebagai agen anti-ketukan untuk menaikkan jumlah oktan bensin dan memungkinkan mesin berjalan lebih lancar. Aplikasi ini telah menurun akibat peraturan lingkungan hidup.

Kalium bromida digunakan sebagai sumber ion bromida untuk pembuatan perak bromida untuk film fotografi.

 

Isotop Bromin

Brom memiliki 26 isotop yang umur paruhnya diketahui, dengan jumlah massa 68 sampai 94. Brom yang terjadi secara alami adalah campuran dari dua isotop stabil dan ditemukan dalam persentase yang ditunjukkan yaitu  79Br (50.7%) and 81Br (49.3%).

Isotop Bromin terstabil

Iso­top Kelim­pahan Waktu paruh (t1/2) Moda peluruhan Pro­duk
79Br 50.69% 79Br stabil dengan 44 neutron
81Br 49.31% 81Br stabil dengan 46 neutron

 

 

Bromin

Bromin, 35Br

 

Sejarah Bromin

Bromin ditemukan pada tahun 1826 oleh kimiawan Perancis Antoine-Jérôme Balard di residu (bitterns) dari pembuatan garam laut di Montpellier. Dia membebaskan unsur brom dengan melewatkan klorin melalui larutan residu, yang berisi magnesium bromida. Penyulingan bahan dengan mangan dioksida dan asam sulfat menghasilkan uap berwarna merah, yang terkondensasi menjadi cairan kental berwarna gelap.

Kesamaan prosedur ini untuk membuat klorin menjadi inspirasi Balard untuk memperoleh elemen baru yang mirip dengan klorin. ( kimiawan Jerman Justus von Liebig tampaknya telah memperoleh elemen sebelum Balard, tapi dia salah menganggap itu sebagai yodium klorida.) Karena bau dari elemen, Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis mengusulkan nama bromin, dari kata Yunani bromos, yang berarti “bau.”

 

Tabel Periodik Kimia – Lengkap Dengan Daftar Unsur Kimia Berdasarkan Nama, Warna Dan Jenis

Tabel periodik adalah tampilan unsur-unsur kimia dalam bentuk tabel. Unsur-unsur tersebut disusun berdasarkan nomor atom (jumlah proton dalam inti atom), konfigurasi elektron dan keberulangan sifat kimia. Klik disini untuk membaca tabel periodik yang komplit.

Tabel periodik unsur kimia

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Wikipedia

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-05-06T12:18:37+07:00 April 14th, 2016|IPA|0 Comments

Leave A Comment