3 Bunga Nasional Yang Menyimbolkan Indonesia

4 min read

bunga nasional indonesia Raflesia

Indonesia Memiliki 3 Bunga Nasional

Indonesia memiliki 3 bunga nasional. 3 Bunga Nasional Indonesia ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 4/1993: melati putih, anggrek bulan, padma raksasa (Rafflesia arnoldii).

3 Bunga Nasional Indonesia ditandatangani oleh Presiden Soeharto. Serta ditandatangani Sekretaris Kabinet RI Kepala Biro Hukum dan Perundang – undangan Bambang Kesowo.

Spesies bunga yang ditetapkan sebagai bunga nasional Indonesia, dalam keputusan Presiden:

  • Bunga melati (Jasminum sambac) sebagai Puspa Bangsa.
  • Bunga anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) sebagai Puspa Pesona.
  • Bunga padma raksasa (Rafflesia arnoldii) sebagai Puspa Langka.

 
 

Melati Putih Puspa Bangsa indonesia

Bunga melati putih sebagai puspa bangsa, bunga melati berwarna putih dilambangkan sebagai kesucian, aromanya wangi lembut dan khas, bentuk mahkotanya sederhana, bunga ini mudah di temukan di seluruh wilayah Indonesia, maka pantas bunga ini dijadikan sebagai puspa bangsa Indonesia.

Bunga yang bernama latin Jasminum sambac (sinonim Nyctanthes sambac) meripakan species Jasmine yang berhabitat asli di India dan Asia Tenggara yakni: Filiphina, Sri Lanka, Thailand, dan Indonesia.

Klasifikasi ilmiah lengksp bunga melati adalah: Kerajaan Plantae; Divisi Magnoliophyta; Kelas Magnoliopsida; Ordo Lamiales; Famili Oleaceae; Genus Jasminum; Spesies Jasminum sambac.

Telah lama dikenal sebagai bunga suci dalam tradisi Indonesia, melambangkan kesucian, keanggunan yang sederhana, dan ketulusan. Ia juga melambangkan keindahan dalam kesederhanaan dan kerendahan hati, karena meskipun bunga putih ini kecil dan sederhana, tetapi wanginya harum semerbak. Bunga ini merupakan bunga yang paling penting dalam upacara pernikahan bagi berbagai suku bangsa di Indonesia, terutama di Jawa.

 
 

Bunga Anggrek Bulan Puspa Pesona

Bunga anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) sebagai puspa pesona, bunga ini mempunyai kelopak bunga lebar memanjang berwarna putih, sangat memanjakan mata orang yang  memandangnya.

Bunga ini terdiri dari tiga buah kelopak bunga, kelopak pertama terletak di bagian punggung sehingga di sebut kelopak punggung, sedangkan kelopak lainnya masing-masing berada di samping sehingga disebut kelopak samping.

Tajuk bunga juga terdiri dari tiga buah, yang masing-masing nempel berselang-seling di antara kelopak bunga. Karena keelokannya maka pantas bunga ini dijadikan sebagai puspa pesona.

Bunga epifit ini pertama kali diketemukan oleh seorang ilmuwan ahli botani berkebangsaan Belanda, Dr. C.L. Blume. Bunga ini banyak disukai oleh para penggemarnya di seluruh dunia.
 

Bunga Padma Raksasa Puspa Langka

Bunga padma raksasa (Rafflesia arnoldii) sebagai puspa langka,  bunga ini juga sebagai flora identitas provinsi Bengkulu. Dinamakan padma raksasa karena ukuran bunganya bisa mencapai garis diameter 100 cm dan beratnya bisa mencapai 10 kg.

Penamaan bunga Rafflesia arnoldii didasarkan dari gabungan nama Thomas Stamford Raffles sebagai pemimpin ekspedisi dan Dr. Joseph Arnold sebagai penemu bunga.

Bunga mempunyai lima daun mahkota yang mengelilingi bagian yang terlihat seperti mulut gentong. Di dasar bunga terdapat bagian seperti piringan berduri, berisi benang sari atau putik bergantung pada jenis kelamin bunga, jantan atau betina.

Hewan penyerbuk adalah lalat yang tertarik dengan bau busuk yang dikeluarkan bunga. Bunga hanya berumur sekitar satu minggu (5-7 hari) dan setelah itu layu dan mati. Persentase pembuahan sangat kecil, karena bunga jantan dan bunga betina sangat jarang bisa mekar bersamaan dalam satu minggu, itu pun kalau ada lalat yang datang membuahi.

    
 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com
Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis
3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: National Flowers

          
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya