fbpx

Cara Menghilangkan Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Medis Dan Perawatan Untuk Jangka Panjang

Kebanyakan orang yang berjerawat karena hormon atau stres. Jerawat atau acne vulgaris dalam istilah medis, pada dasarnya adalah benjolan yang timbul akibat penyumbatan pori atau peradangan pada kulit yang disertai dengan nanah atau darah. Anda dapat menemukan beberapa cara menghilangkan jerawat secara alamai atau tradisional dan medis.

Saat ini, ada banyak perawatan jerawat yang efektif. Ini tidak berarti bahwa setiap perawatan jerawat bekerja untuk semua orang yang memiliki jerawat. Tapi itu berarti hampir setiap kasus jerawat bisa dikendalikan.

 

Cara Mengenali Jenis Jerawat

Mengetahui tanda-tanda jerawat yang sedang Anda hadapi adalah langkah pertama dalam rejimen pengobatan yang berhasil, itulah sebabnya kami menyusun panduan praktis ini. Mohon klik disini.

 

jenis jerawat


Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

1. Minyak Tea Tree (Tea Tree Oil)

Minyak pohon teh, juga dikenal sebagai melaleuca, adalah salah satu solusi yang direkomendasikan oleh Dokter Axe untuk jerawat, karena memiliki sifat mikroba yang menakjubkan yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Australasia Journal of Dermatology mengungkapkan bahwa minyak pohon teh memberikan hasil positif untuk jerawat ringan tanpa efek samping yang serius.

Studi tersebut meminta peserta untuk menerapkan minyak pohon teh ke daerah yang terkena wajah dua kali sehari selama tiga bulan dengan penilaian dilakukan pada empat, 8 dan 12 minggu penggunaan. Jerawat berkurang, membuat minyak pohon teh menjadi pilihan tepat untuk menghilangkan jerawat.

Dengan mencampurnya dengan sedikit dengan minyak kelapa, maka aplikasikan ke wajah dan area yang terkena jerawat, Anda mungkin bisa mengurangi dan bahkan menghilangkan jerawat dalam waktu singkat.

2. Baking Soda

Baking soda dapat menetralkan keasaman kulit sehingga bakteri penyebab jerawat tidak mampu hidup lama pada wajah anda. Tidak hanya membunuh bakteri, baking soda juga dapat mengikis sel kulit mati dan membersihkan pori – pori yang tersumbat serta menyerap minyak berlebih.

  1. Buatlah pasta baking soda dengan mencampur 2 sendok makan baking soda dengan 1 sendok makan air,  kemudian oleskan pada area kulit wajah yang berjerawat
  2. Biarkan pada wajah selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan

Perlu diperhatikan, sebelum menggunakan pasta baking soda sebaiknya anda mengecek terlebih dahulu reaksinya pada kulit anda. Oleskan sedikit pasta pada sebagian area wajah. Jika tidak muncul reaksi kulit yang kemerahan, maka pemakaian dapat dilanjutkan. Jika digunakan tanpa perhatian, dapat menyebabkan iritasi pada wajah Anda.

3. Madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan antiseptik. Ini juga menyejukkan kulit. Untuk mengaplikasikannya, bilas dulu wajah Anda dengan air hangat. Oleskan madu langsung ke daerah yang terkena jerawat. Biarkan di kulit Anda selama 20 sampai 30 menit. Bilas dengan air hangat.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Ini juga menyejukkan  kulit dan sangat mudah diserap. Oleskan minyak kelapa murni daripada pelembab atauu moisturizer sebelum tidur.

5. Jeruk lemon atau nipis

Asam hidroksi alfa ditemukan pada buah jeruk seperti lemon dan limau. Bila jus jeruk nipis atau lemon dioleskan ke kulit Anda, jus ini membantu membersihkan pori-pori dan melepaskan sel kulit mati, menurut Mayo Clinic. Sifat astringen dan antibakteri ini membuatnya efektif sebagai exfoliant. Peras jus dari lemon atau jeruk nipis dan oleskan langsung ke tempat dengan kapas. Biarkan selama 10 menit atau sampai kering, lalu bilas dengan air dingin.


Perawatan “Non-Farmasi”

Beberapa perawatan untuk jerawat tidak melibatkan pengobatan.
Ini termasuk:
Comedone extractor – instrumen berbentuk pena kecil yang bisa digunakan untuk membersihkan komedo dan whiteheads
Pengelupasan kimia – di mana larutan kimia dioleskan ke wajah, menyebabkan kulit terlepas dan kulit baru untuk menggantikannya
Terapi photodynamic – dimana cahaya diaplikasikan pada kulit dalam upaya memperbaiki gejala jerawat
Namun, perawatan ini mungkin tidak bekerja dan tidak dapat direkomendasikan secara rutin.


Jerawat Dan Pasta Gigi

Sebuah petunjuk yang ditemukan di banyak situs web adalah bahwa pasta gigi dapat mengeringkan jerawat.
Sementara pasta gigi mengandung zat antibakteri, zat ini juga mengandung zat yang bisa mengiritasi dan merusak kulit Anda.
Menggunakan pasta gigi dengan cara ini tidak dianjurkan. Ada perawatan yang jauh lebih efektif dan aman tersedia dari apoteker atau dokter umum Anda.

 

Perawatan Topikal (Gel, Krim & Lotion)

Pemberian obat secara topikal adalah memberikan obat secara lokal pada kulit. Beberapa obat yang mungkin dokter Anda sarankan dengan menggunakan gel, krim dan lotion dengan kandungan atau isi sebagai berikut:

Benzoil peroksida

Benzoil peroksida bekerja sebagai antiseptik untuk mengurangi jumlah bakteri pada permukaan kulit. Ini juga membantu mengurangi jumlah whiteheads dan komedo dan memiliki efek anti-inflamasi.
Benzoil peroksida biasanya tersedia sebagai krim atau gel. Ini digunakan sekali atau dua kali sehari. Sebaiknya dioleskan 20 menit setelah dicuci ke seluruh bagian wajah Anda yang terkena jerawat.

Ini harus digunakan sesedikit mungkin, karena terlalu banyak bisa mengiritasi kulit Anda. Hal ini juga membuat wajah Anda lebih peka terhadap sinar matahari, jadi hindari terlalu banyak sinar matahari dan sinar ultraviolet (UV), atau pakai krim matahari.

Benzoil peroksida dapat memiliki efek pemutihan, jadi hindari mendapatkannya pada rambut atau pakaian Anda.
Efek samping yang umum dari benzoyl peroxide meliputi:

  • Kulit kering dan tertarik.
  • Sensasi terbakar, gatal atau menyengat.
  • Beberapa kemerahan dan pengelupasan kulit.
  • Efek sampingnya biasanya ringan dan harus dilewatkan begitu perawatan selesai.
  • Kebanyakan orang membutuhkan perawatan 6 minggu untuk membersihkan sebagian besar atau seluruh jerawat mereka. Anda mungkin disarankan untuk melanjutkan penggunaan lebih jarang untuk mencegah jerawat kembali.

Retinoid topikal

Retinoid topikal bekerja dengan mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit (pengelupasan kulit) yang membantu mencegahnya terbentuk di dalam folikel rambut.

Tretinoin dan adapalene adalah retinoid topikal yang digunakan untuk mengobati jerawat. Mereka tersedia dalam gel atau krim dan biasanya dioleskan sekali sehari sebelum Anda tidur.

Oleskan ke seluruh bagian wajah Anda yang terkena jerawat 20 menit setelah mencuci muka.
Penting untuk menerapkan retinoid topikal dengan hemat (sedikit) dan menghindari paparan sinar matahari dan UV yang berlebihan.
Retinoid topikal tidak sesuai untuk digunakan selama kehamilan, karena ada risiko mereka dapat menyebabkan cacat lahir.
Efek samping yang paling umum dari retinoid topikal adalah iritasi ringan dan menyengat kulit.
Enam minggu biasanya diperlukan untuk proses penyembuhan jerawat, namun tergantung indivisu dan mungkin disarankan untuk terus menggunakan obat ini lebih jarang setelah ini.

Sulfur

Ini telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati jerawat, psoriasis, dan eksim. Sulfur membantu dengan menghancurkan komedo dan whiteheads. Tidak jelas bagaimana cara kerjanya, namun unsur belerang perlahan mengoksidasi menjadi asam sulfat, yang memiliki sifat antibakteri.

Pil Antibiotik

Antibiotik oral, biasanya tetrasiklin, bisa digunakan bersamaan dengan pengobatan topikal untuk jenis jerawat “berat”. Ibu hamil atau menyusui harus mengambil eritromisin dan bukan tetrasiklin.

Sebagian besar pasien yang menggunakan antibiotik oral mungkin melihat perbaikan setelah sekitar 6 minggu. Rejimen pengobatan bisa berlangsung dari 4 sampai 6 bulan. Tetracycline tidak dapat digunakan dengan pil KB dan terlalu banyak paparan sinar matahari langsung juga harus dihindari.


Terapi Hormon

Terapi hormonal seringkali dapat menguntungkan pada wanita dengan jerawat, terutama jika jerawat terjadi pada saat menstruasi atau terkait dengan kondisi hormonal seperti sindrom ovarium polikistik.
Jika Anda belum menggunakannya, dokter Anda mungkin merekomendasikan pil kontrasepsi oral gabungan, meskipun Anda tidak aktif secara seksual. Pil dengan kombinasi ini sering dapat membantu memperbaiki jerawat pada wanita, namun mungkin memerlukan waktu hingga satu tahun sebelum manfaat secara penuh terlihat.

Dan masih banyak lagi gel topikal yang tersedia untuk umum dan pengobatan secara medis. Sebaiknya Anda menghubungi dokter Anda, karena tipe jerawat dan reaksi obat-obatan berbeda pada setiap individu.


cara menghilangkan jerawat

Perawatan Jangka Panjang Untuk Jerawat

1. Olahraga Secara Teratur

Berolahraga melakukan sejumlah hal untuk membantu mengurangi jerawat Anda. Ini melepaskan hormon endorfin yang menurunkan tingkat stres dan karena itu mengurangi produksi minyak dan juga membuat Anda berkeringat yang juga dapat membersihkan sel kulit mati. Cobalah berolahraga setiap hari selama minimal 30 menit untuk membantu mengurangi jerawat Anda; tidak hanya di wajah Anda, tapi juga di dada, bahu dan punggung Anda.

2. Jangan Menyentuh Wajah

Karena orang cenderung menyentuh wajah mereka setiap hari. Hati-hati dengan menggaruk wajah Anda. Jangan pernah memencet jerawat atau komedo, karena ini hanya dapat mendatangkan lebih banyak bakteri ke kulit Anda dan akan membuat jerawat Anda semakin parah.

3. Membersihkan Wajah Setiap Hari

Tidak hanya membersihkan wajah setiap hari tetapi kebersihan badan juga harus diatur. Mandi secara teratur membantu menjaga agar produksi minyak tetap rendah, membunuh bakteri dan membilas sel kulit mati. Cuci seluruh tubuh Anda dengan pembersih ringan dan gunakan shampo yang membatasi produksi minyak di rambut Anda. Pastikan selalu mandi setelah berolahraga untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang telah terkelupas tubuh Anda melalui keringat.


Tindakan Pencegahan dan Pemikiran Akhir tentang Bagaimana Menghilangkan Jerawat

Jerawat berbeda untuk semua orang, tapi mungkin ada beberapa solusi sederhana untuk memiliki kulit yang sehat. Dari makanan yang Anda makan sampai stres dalam hidup Anda dan produk yang Anda gunakan, mungkin perlu sedikit waktu untuk menemukan apa yang sesuai untuk Anda, namun perubahan positif dapat sangat mempengaruhi kehidupan dan kehidupan anak-anak Anda yang mungkin terkena jerawat. Jika menggunakan minyak esensial, pastikan menggunakan minyak murni. Tanyakan kepada dokter Anda sebelum menggunakan sesuatu yang baru.

Tentu saja, selalu lebih baik mencari solusi alami untuk menghilangkan jerawat dibandingkan dengan perawatan konvensional yang disertai efek samping yang mungkin dapat merugikan. Mendapatkan cukup tidur, mengubah cara makan dan makanan Anda, berolahraga setiap hari, membersihkan & mencuci kulit dan memanfaatkan minyak esensial atau produk alami untuk kulit adalah cara alami untuk membersihkan jerawat dengan aman.


Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: National Health Service UKAmercan Academy of DermatologyWeb MDMayo Clinic

 

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2019-01-11T22:57:59+07:00 Agustus 8th, 2017|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment