fbpx

Bagaimana Cara Membuat Magnet Lebih Kuat?

Bagaimana cara membuat magnet lebih kuat?

Medan magnet adalah dalam ilmu Fisika, adalah suatu medan yang dibentuk dengan menggerakan muatan listrik (arus listrik) yang menyebabkan munculnya gaya di muatan listrik yang bergerak lainnya. Dibawah ini, kita akan menjelaskan bagamaina cara untuk memperkuat magnet.


Cara memperkuat magnet di rumah

1. Merendam Dengan Air

Anda dapat memperkuat magnet dengan merendam mereka dalam air, menumpuk mereka di atas satu sama lain atau “pengisian ulang” mereka. Metode pembuatan magnet yang kuat tergantung pada jenis magnet yang Anda miliki, yang dijelaskan oleh HowStuffWorks.

Untuk memperkuat batang besi magnet, isilah mangkuk atau panci dengan air. Temukan suatu barang kecil yang dapat mengapungkan magnet tersebut. Magnet mulai berputar di dalam air sampai berhenti dan menunjuk utara / selatan.

Keluarkan magnet dari air dan simpan di posisi yang sama, sementara Anda harus menempatkannya pada permukaan yang keras / meja. Kemudian, pukul salah satu ujungnya dengan benda keras berulang-ulang kali. Gaya tersebut dapat melonggarkan medan magnetik kecil.


Magnet

 

Beberapa Ciri Khas Magnet:

  • Selalu memiliki dua kutub yaitu: kutub utara (north/ N) dan kutub selatan (south/S). Walaupun benda itu dipotong-potong, potongan kecil tersebut akan tetap memiliki dua kutub. Lebih jelasnya, gunakan kompas.
  • Dapat menarik benda lain. Beberapa benda bahkan tertarik lebih kuat dari yang lain, yaitu bahan logam.
  • Namun tidak semua logam mempunyai daya tarik yang sama terhadapnya.
  • Besi dan baja adalah dua contoh materi yang mempunyai daya tarik yang tinggi.
  • Sedangkan oksigen cair adalah contoh materi yang mempunyai daya tarik yang rendah.

 

2. Menggosok Berulang-Ulang

Dengan cara lainnya, Anda dapat mengisi kembali magnet yang tengah kehilangan daya tarik magnet tersebut.
Dengan cara menggosok berulang kali dengan magnet yang lebih kuat. Yang lebih kuat akan menyetel secara otomatis dan akan kembali kepada yang hampir kehilangan dayanya.

 

3. Menumpuk Magnet

Pilihan terakhir untuk memperkuatnya adalah menumpuk semua magnet yang lemah bersama-sama. Ini agak sulit, karena mereka menarik dari arah yang berlawanan. Untuk metode ini supaya menjadi efektif, Anda harus menjepit atau memegang magnet bersama-sama, sehingga mereka semua menghadapi arah yang sama.


Cara memperkuat medan magnet pada elektromagnet (kumparan)

1. Memperkuat Medan Magnet Dengan Membuat Inti Besi Pada Kumparan

Cara ini dilakukan dengan jalan meletakkan sepotong besi di dalam kumparan yang dialiri listrik. Besi tersebut akan menjadi magnet tidak tetap (buatan atau remanen). Karena inti besi menjadi magnet, maka inti besi itu akan menghasilkan medan magnet. Di lain pihak kumparan juga akan menghasilkan medan magnet pada arah yang sama pada inti besi.

Hal ini akan menyebabkan terjadinya penguatan medan magnet. Penguatan medan magnet diperoleh dari penjumlahan medan magnet yang dihasilkan oleh besi dengan medan magnet yang dihasilkan oleh kumparan.

 

2. Memperkuat Medan Magnet Dengan Menambah Jumlah Kumparan

Tiap-tiap kumparan elektromagnet menghasilkan medan magnet. Dengan penambahan jumlah kumparan sudah tentu akan memperkuat medan magnet secara keseluruhan. Kuatnya medan elektromagnet merupakan jumlah dari medan magnet yang dihasilkan oleh masing-masing lilitan.

 

3. Memperkuat Medan Magnet Dengan Pemperbesar Arus Yang Mengalir Pada Kumparan

Besarnya arus yang dialirkan pada kumparan berbanding lurus dengan besarnya medan magnet. Setiap elektron yang mengalir pada penghantar menghasilkan medan magnet. Dengan demikian medan total  tergantung dari banyaknya elektron yang mengalir setiap detik atau kuat medan total ditentukan oleh besarnya arus yang mengalir pada kumparan.


Sejarah Magnet

Batu magnet menarik paku besi yang dilansir dari Wikipedia, salah satu referensi pertama yang bersifat magnetik dari batu magnet ini dibuat dari abad ke-6 SM oleh filsuf Yunani Kuno yang bernama Thales dari Miletus. Dia yang dikreditkan dengan menemukan daya tarik batu magnet untuk besi dan Lodestones lainnya. Nama magnet dikemungkinkan berasal dari Lodestones yang ditemukan di Magnesia, Anatolia – Yunani Kuno.


Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Bacaan Lainnya


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

    

Sumber bacaan: Reference

 

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-08-25T09:58:40+07:00 Januari 16th, 2017|Geografi & Sejarah, Ilmu Pengetahuan, IPA|2 Comments

2 Comments

  1. suryana 25/08/2018 at 9:22 am - Reply

    Comment…mau tanya nih, arus yg keluar dari coil motor bisa di jadikan magnet ga ? jika arus tsb di hubungkan dgn kawat tembaga terus di lilit besi ? jika bisa bagimana caranya ?

  2. suryana 25/08/2018 at 9:27 am - Reply

    3. Memperkuat Medan Magnet Dengan Pemperbesar Arus Yang Mengalir Pada Kumparan
    Besarnya arus yang dialirkan pada kumparan berbanding lurus dengan besarnya medan magnet. Setiap elektron yang mengalir pada penghantar menghasilkan medan magnet. Dengan demikian medan total tergantung dari banyaknya elektron yang mengalir setiap detik atau kuat medan total ditentukan oleh besarnya arus yang mengalir pada kumparan. di sini di sebutkan sprti itu, klw arus listriknya dari coil motorbisa ga ? saya lagi merancang mesin nih, mohon bantuannya

Leave A Comment