fbpx

Cara Mengurus Anak Cacat – Yayasan Pembinaan Anak Cacat Surabaya – YPAC

Yayasan Pembinaan Anak Cacat

Adalah sebuah lembaga yang membantu serta membina kesejahteraan anak dengan kecacatan. Setiap manusia mempunyai kedudukan dan harkat yang sama serta mempunyai hak untuk mengembangkan pribadinya. Anak dengan kecacatan harus mendapatkan equalisasi baik dalam kebutuhan dasar maupun kebutuhan khusus. Anak wajib dibina agar menjadi generasi penerus yang berkualitas. YPAC disahkan pada tanggal 14 Maret 1956 dengan Nama YPAC Cabang Surabaya di Surakarta.

 

“Mereka mengharapkan perhatian dan pengertian, bukannya belas kasih”

 

Anak-anak penyandang cacat adalah salah satu kelompok yang paling terpinggirkan dan dikecualikan dalam masyarakat. Menghadapi diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk sikap negatif, kurangnya kebijakan dan undang-undang yang memadai, mereka secara efektif mendapat kekurangan dalam hal untuk mewujudkan hak kesehatan, pendidikan dan bahkan kelangsungan hidup mereka.

 

Cara Mengurus Anak Cacat

Mempunyai anak cacat memberi orang tua tantangan unik dan terkadang berlebihan. Anak cacat sering mempunyai masalah medis, membutuhkan perawatan fisik, pengawasan serta perhatian lebih banyak daripada anak yang tidak cacat. Berikut 4 petunjuk yang berguna bagi orang tua:

  • Cari informasi

    Ketahui secara tepat apa yang terjadi dalam tubuh anak yang cacat dan apa yang mungkin terjadi dalam hari, bulan dan tahun-tahun mendatang, Anda akan dapat mengatasi rasa takut dalam menghadapi sesuatu yang tidak Anda ketahui dan mempersiapkan diri dengan layak untuk mengurus kebutuhan anak Anda. Temukan perawatan khusus apa yang akan diperlukan anak Anda dan carilah sumber-sumber tersedia yang dapat membantu Anda. Bertanyalah kepada dokter, adakan riset di perpustakaan, dan carilah organisasi yang dapat memberi keterangan serta dukungan bagi orang tua yang harus menghadapi situasi seperti ini.

  • Kelompok pendukung

    Persentase anak-anak yang lahir cacat hanya sedikit, Anda mungkin merasa sendirian menghadapi situasi ini. Kelompok pendukung dapat menjadi sumber informasi yang berguna dalam hal pengobatan, pendidikan dan hal-hal lain. Jika tidak ada kelompok seperti ini di lingkungan Anda, bentuklah sendiri. Bahkan kelompok kecil dapat memberi Anda penemanan dan pengertian.

  • Urus diri Anda sendiri

    Mengurus anak cacat dapat sangat melelahkan, jasmani maupun rohani. Sangat penting untuk menyediakan waktu bagi Anda sendiri secara teratur; ini akan memungkinkan Anda kembali kepada anak Anda dalam keadaan lebih santai dan bersemangat. Carilah penjaga anak yang bisa Anda percaya untuk mengurus kebutuhan khusus anak Anda.

  • Berikan anak pengalaman yang berguna

    Walau anak Anda mungkin tidak bisa melakukan hal-hal yang sama seperti anak-anak lain, tidak ada alasan untuk anak itu tidak memperoleh kesempatan untuk belajar serta berkembang. Ada sekolah dan pendidikan khusus yang dapat membantu anak cacat belajar.


Kunjungan Pinter Pandai Ke YPAC Surabaya

Tim kami berkunjung ke YPAC pada tanggal 28 October 2017, merasa tersentuh dan berinteraksi dengan beberapa anak-anak, guru-guru beserta para pengurus dan team di YPAC Surabaya; dengan cara mengajak berbicara dan memberi perhatian.

Berikut adalah sejarah, pelayanan dan sumber daya manusia di YPAC Surabaya.

 

Sejarah Pendirian Yayasan Pembinaan Anak Cacat Surabaya

Rehabilitasi Centrum (RC) di Surakarta dirintis berdirinya oleh Prof. Dr. Soeharso dengan merintis khusus untuk anak polio, dengan gencar beliau mengadakan kampanye ke seluruh pelosok tanah air dengan harapan menarik simpati pekerja sosial untuk memperhatikan nasib anak-anak cacat korban penyakit polio. Usaha beliau tidak sia-sia, gaung kampanye disambut gembira di seluruh kota besar di Indonesia.

Pada tahun 1954 istri Walikota Surabaya, Ibu Mustajab, memperkarsai berdirinya “Perkumpulan Sukarela” dalam usaha memperhatikan nasib anak-anak cacat korban penyakit polio. Pada tanggal 14 Maret 1956 YPAC Cabang Surabaya disahkan dan Kegiatan YPAC Cabang Surabaya pertama kali diadakan di rumah Dr. Surti (Alm) di Jalan Pemuda Surabaya, selanjutnya di Jalan Siak No. 2 Surabaya.

Tahun 1958 memperoleh gedung di Jalan Kaliasin No. 97 Surabaya di rumah Ny. MGW Meijer. Tahun 1978 mendapat tanah seluas 5000 m2 dari Bapak Walikotamadya Surabaya, lalu tanggal 15 September 1979 mengadakan kesepakatan dengan PT Gramedia dengan mendapat ganti pembangunan gedung baru di Jalan Mayjend Sungkono 83 Surabaya.

Pada tanggal 14 November 1994 pindah dan menempati gedung baru di Jalan Semolowaru Utara V/2A Surabaya hasil tukar bangun dengan PT Mahkota Berlian Cemerlang dengan luas tanah HGB ± 7.035 m2 dan bangunan seluas ± 3000 m2. Penempatan gedung baru diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Bapak Prof Dr. Ir Wardiman Djoyonegoro pada tanggal 12 Oktober 1995.

Seiring dengan terjadinya perubahan situasi dan kondisi pemerintahan di Indonesia, maka sesuai dengan hasil kesepakatan Musyawarah Nasional Luar Biasa YPAC di Bali pada tanggal 28 – 29 Juni 2002 dan keputusan rapatnya yang dimuat dalam akte tanggal 16 Agustus 2002 nomor 8 yang dibuat dihadapan notaris Milly Karmila Sareal SH di Jakarta, dibentuklah otonomi YPAC di daerah-daerah. Oleh karena itu nama YPAC Cabang Surabaya diperbaharui menjadi YPAC Surabaya berdasarkan Akta Notaris No. 4 Tanggal 30 April 2003 di Jakarta oleh Notaris Milly Karmila Sareal, S.H. Susunan Ketua Pengurus YPAC Surabaya sejak mulai berdiri.

 

YPAC Surabaya - Sejarah Pendiri

Prof. Dr. Soeharso dan Ny. Djohar Insiyah Soeharso dan beberapa piala-piala penghargaan yang diraih oleh anak-anak di YPAC Surabaya.

 

Yayasan Anak Cacat Surabaya

HUT Yayasan Pembinaan Anak Cacat Surabaya ke-60.

 

YPAC - Pembinaan anak cacat

Febby penderita hidrosefalus. Hidrosefalus adalah penumpukan cairan pada rongga otak atau yang disebut dengan ventrikel. yang mengakibatkan ventrikel-ventrikel di dalamnya membesar dan menekan organ tersebut. Cairan ini akan terus bertambah sehingga ventrikel di dalam otak membesar dan menekan struktur dan jaringan otak di sekitarnya. Jika tidak segera ditangani, tekanan ini dapat merusak jaringan dan melemahkan fungsi otak.

 

YPAC - Pembinaan anak cacat

YPAC – Pembinaan anak cacat


Pelayanan Rehabilitasi YPAC Surabaya

Medik

Pelayan dengan tujuan untuk mengurangi tingkat kecacatan pada anak atau cacat yang lainnya / ganda. YPAC Surabaya bekerja sama dengan tim Dokter ahli RSUD Dr. Soetomo Surabaya dan Universitas Airlannga: Dokter ahli bedah tulang, saraf, rehapb medik, anak dan gigi.

Pelayanan yang rehabilitasi medik:

  • Fisioterapi (jenis terapi otot).
  • Terapi wicara (membantu anak agar dapat bicara).
  • Terapi okupasi (pembinaan agar dapat melakukan kegiatan sehari-hari).
  • Pelayanan Ortodik dan Protese (penyangga tubuh, kursi roda, brace, sepatu koreksi)

Pendidikan

  • Sekolah Luar Biasa Tuna Daksa Ringan (SLB-D)
    • Taman Kanak-Kanak Luar Biasa (TKLB-D). Terakreditasi (A).
    • Sekolah Dasar (SDLB-D). Terakreditasi (A).
  • Sekolah Luar Biasa Tuna Dakssa Sedang (SLB-D1)
    • Taman Kanak-Kanak Luar Biasa (TKLB-D). Terakreditasi (A).
    • Sekolah Dasar Luar Biasa
    • Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Luar Biasa (SMPLB). Terakreditasi (B).
    • Sekolah Lanjutan Tingkat Atas Luar Biasa (SMALB). Terakreditasi (B)
  • Sekolah Luar Biassa Tuna Daksa Ganda (SDLB-G)

Sosial

  • Observasi (anatra 1 – 3 minggu pada anak yang berminat).
  • Unit Assesment (evaluasi tingkat keberhasilan anak binaan).
  • Kepaniteraan (pelayanan bersifat kerja sama dengan pihakk diluar YPAC, seperti bakti sosial, kunjungan ilmiah dan KKN dari lembaga pendidikan tertentu).
  • Usaha Sosialisasi (seperti kunjungan rumah, rekreai, studi banding, peningkatan gizi anak, bimbingan kepada orang tua/wali anak serta lingkungan anak, dll).


Sumber Daya Manusia

Sumber Daya Manusia yang mendukung kinerja YPAC Surabaya, terdiri dari:

1. Pembina / Pengurus / Pengawas, yaitu relawan yang mengabdikan diri tanpa memperoleh imbalan apapun
2. Tenaga Ahli dari berbagai bidang disiplin ilmu baik instansi maupun perorangan yang bekerja untuk YPAC dengan ikhlas
3. Relawan yang sewaktu-waktu siap membantu YPAC meskipun tidak termasuk sebagai Pengurus
4. Guru SLB Pegawai Negeri & Guru Bantu status Kontrak yang diperbantukan oleh Pemerintah Kota Surabaya
5. Karyawan murni YPAC Surabaya
6. Tenaga kontrak

Tenaga ahli yang mendukung pelayanan rehabilitasi di YPAC Surabaya, antara lain:

– Orthopaedagog
– Psikolog
– Guru Luar Biasa
– Terapis : Fisioterapis, Terapis Okupasi dan Terapis Wicara
– Dokter Anak
– Psikiater
– Dokter Orthopedi
– Dokter Neurolog
– Dokter Rehabilitasi Medis
– Dokter Gigi


Foto-Foto Gedung

 

YPAC - Pembinaan anak cacat - gedung sekolah

YPAC Surabaya – gedung sekolah

 

YPAC - Pembinaan anak cacat - gedung sekolah

YPAC Surabaya – Yayasan Pembinaan Anak Cacat – gedung sekolah


YPAC Surabaya - ruang kelas

YPAC Surabaya – ruang kelas


Tanggal 3 Desember: Hari Penyandang Cacat Internasional

 

Sumbangan Dan Donasi

Anda dapat menyumbang dalam bentuk barang atau bahan makanan pokok seperti beras, telur, gula, garam, minyak goreng, atau barang seperti , perangkat alat shalat, alat-alat tulis, buku, pencil, tas dll. Mohon untuk memberitahukan ke pihak yayasan.

Jika Anda memiliki keberuntungan yang lebih, Anda juga dapat berpartisipasi untuk memberi bantuan terhadap pengembangan fasilitas yayasan, seperti: pengecatan / renovasi gedung, perbaikan atau pembaharuan alat-alat yang dapat membantu peningkatan kesehatan anak-anak cacat dan masih banyak lagi (mohon hubungi YPAC secara langsung).

Rekening YPAC Surabaya
PT. BNI Persero Cabang UNAIR
No. Rekening (Giro) : 0046214090

YPAC Surabaya
Alamat : Jl Semolowaru Utara V/2A – Surabaya
Telp. (Office) : 031 5932438, Fax. : 031 5925647
Email : ypac_sby@yahoo.co.id

 

Bacaan Lainnya


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “oooh begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-04-30T00:16:56+07:00 Oktober 28th, 2017|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment