fbpx

Penyebab Bayi Lahir Cacat

Lahir cacat

Apa Yang Menyebabkan Bayi Lahir Cacat?

Cacat lahir dapat mulai terjadi pada setiap tahap kehamilan. Cacat lahir biasanya sudah terjadi pada 3 bulan pertama kehamilan, ketika organ-organ bayi mulai terbentuk. Hal ini merupakan masa yang sangat penting untuk perkembangan janin dalam kandungan. Namun, selama enam bulan terakhir kehamilan, cacat lahir juga bisa terjadi. Pada masa ini, jaringan dan organ terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan sampai bayi siap untuk dilahirkan ke dunia.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan bayi cacat lahir dan terkadang faktor-faktor ini tidak diketahui dengan pasti sebagai penyebabnya. Sulit untuk menemukan satu faktor tepat yang menyebabkan bayi cacat lahir karena biasanya terjadi dalam gabungan dari banyak faktor. Cacat lahir bisa muncul karena faktor genetik, gaya hidup dan perilaku ibu, penggunaan obat atau bahan kimia lain, infeksi selama kehamilan, atau kombinasi dari semua faktor ini.

Faktor genetik

Ibu atau ayah dapat menjadi pembawa kelainan genetik pada bayi mereka. Kelainan pada faktor genetik terjadi ketika satu atau lebih gen tidak bekerja dengan baik atau sebagian gen hilang. Gen bisa menjadi cacat karena suatu mutasi atau perubahan yang dialami oleh gen tersebut. Kelainan pada gen dapat terjadi pada saat pembuahan (saat sperma bertemu dengan sel telur) dan hal ini tidak dapat dicegah.

Faktor gaya hidup dan lingkungan

Bayi cacat lahir bisa terjadi karena faktor lingkungan yang terjadi saat kehamilan, termasuk penggunaan obat, merokok, dan minum alkohol saat kehamilan. Faktor lainnya, seperti keracunan bahan kimia dan virus juga dapat meningkatkan faktor risiko bayi cacat lahir. Kehamilan di atas usia 35 tahun juga dapat meningkatkan risiko bayi lahir cacat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda rencanakan kapan waktu yang paling baik bagi Anda untuk memiliki anak, jangan pada usia yang terlalu muda atau terlalu tua.


Cacat Masa Kecil

Cacat pada masa kanak-kanak dapat memiliki dampak seumur hidup terhadap kesehatan fisik, mental dan emosional seseorang, serta situasi sosial mereka. Anak-anak penyandang cacat mungkin memiliki kebutuhan khusus, terutama mengenai kesehatan dan pendidikan, dan mungkin perlu menegosiasikan hambatan sosial dan lingkungan yang signifikan untuk berpartisipasi penuh dalam kehidupan sehari-hari.

 

Lahir cacat

 

Klasifikasi

Tipe Nama Jenis disabilitas Pengertian
A tunanetra disabilitas fisik tidak dapat melihat; buta
B tunarungu disabilitas fisik tidak dapat mendengar dan/ kurang dalam mendengar; tuli
C tunawicara disabilitas fisik tidak dapat berbicara; bisu
D tunadaksa disabilitas fisik cacat tubuh
E1 tunalaras disabilitas fisik cacat suara dan nada
E2 tunalaras disabilitas mental sukar mengendalikan emosi dan sosial.
F tunagrahita disabilitas mental cacat pikiran; lemah daya tangkap;
G tunaganda disabilitas ganda penderita cacat lebih dari satu kecacatan


Lahir cacat

 


Cara Mengurus Anak Cacat – Yayasan Pembinaan Anak Cacat Surabaya – YPAC

“Mereka mengharapkan perhatian dan pengertian, bukannya belas kasih”

Anak-anak penyandang cacat adalah salah satu kelompok yang paling terpinggirkan dan dikecualikan dalam masyarakat. Menghadapi diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk sikap negatif, kurangnya kebijakan dan undang-undang yang memadai, mereka secara efektif mendapat kekurangan dalam hal untuk mewujudkan hak kesehatan, pendidikan dan bahkan kelangsungan hidup mereka.

Informasi lebih lanjut, mohon klik disini.


Bacaan Lainnya


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “oooh begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Medicinet.comGov UK

       
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-04-30T00:25:31+00:00 Oktober 3rd, 2017|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment