PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

CT Scan | Xray Computed Tomography Scan | Pengertian, Manfaat, Efek Samping, Harga

3 min read

CT scan

CT Scan

Apa yang harus saya ketahui tentang CT Scan?

Muncul selama hampir 40 tahun, computed tomography, biasanya disebut CT Scan, merupakan alternatif teknik pencitraan konvensional untuk pengelolaan patologi (penyakit) yang membutuhkan diagnosis yang lebih tepat. Cepat dan mudah digunakan, ini banyak dipraktekkan saat ini. Tapi apa yang terdiri dari CT Scan? Apa komplikasi yang mungkin terjadi? Panduan mini ini akan memberi Anda semua informasi berguna tentang ujian ini.

CT Scan: prinsip dan operasi

Computed tomography adalah teknik pencitraan medis yang memungkinkan gambar bagian tubuh yang ditargetkan untuk diproduksi, dengan menggabungkan penggunaan sinar-X dengan sistem komputerisasi. CT Scan dengan demikian terdiri dari cincin yang menggabungkan tabung pemancar sinar-X dan sensor digital yang memindai area yang akan dipelajari dengan melakukan rotasi.

Teknik ini terdiri dari mengukur penyerapan sinar-X oleh jaringan dan mendigitalkan informasi yang dikumpulkan untuk merekonstruksi gambar 2D atau 3D dari berbagai struktur anatomi. Untuk meningkatkan visibilitas jaringan, produk kontras berbasis yodium sering digunakan, yang akan diperkenalkan secara oral atau intravena.

Mengapa harus melakukan CT Scan?

Keuntungan dari eksplorasi CT scan adalah memberikan informasi yang sangat tepat pada area yang dipelajari. Ini terutama dipertimbangkan untuk mencari lesi yang tidak terlihat pada ultrasound atau sinar-x konvensional.

Digunakan untuk pengelolaan berbagai patologi, pemeriksaan ini berlaku untuk eksplorasi otak, perut, rongga dada atau bahkan tulang untuk mendeteksi berbagai anomali: perdarahan, tumor, kista, infeksi ganglia…

CT scan juga dapat dilakukan selama pemantauan perawatan tertentu, khususnya onkologi (ilmu biologi medis yang mempelajari proses terjadinya kanker), atau untuk memandu tusukan di organ dalam, atau untuk menentukan jalur pembuluh darah atau lokasi organ dalam kaitannya dengan yang lain.

Bagaimana mempersiapkannya?

Beberapa ujian mungkin mengharuskan Anda untuk berpuasa. Jika ini masalahnya, Anda harus berhenti mengonsumsi makanan padat 5 jam sebelum sesi. Anda dapat, bagaimanapun, minum air, kecuali dinyatakan lain. Demikian juga, jika Anda sedang menjalani perawatan, Anda harus minum obat kecuali ditentukan lain. Selain itu, jika Anda memiliki alergi, Anda akan ditawarkan premedikasi untuk membatasi risiko intoleransi terhadap agen kontras.

Bagaimana ujiannya?

Sebelum sesi, Anda akan diminta untuk melepas semua benda logam. Jika pemeriksaan memerlukan suntikan produk kontras, ahli radiologi akan memasang saluran vena (jarum yang terhubung ke kateter) di atas lipatan siku.

Anda kemudian akan berbaring di meja bergerak yang bergerak di sekitar ring selama ujian. Anda sendirian di dalam ruangan tetapi Anda dapat berkomunikasi melalui interkom dengan tim medis setelah pemeriksaan di balik kaca, siap untuk campur tangan jika diperlukan.

Sesi itu sendiri berlangsung rata-rata 10 hingga 30 menit. Akuisisi gambar sangat cepat. Itu berlangsung sekitar 30 detik di mana Anda harus tetap diam dan tidak bernapas untuk mencegah gambar menjadi buram. Kerjasama Anda sangat penting.

Apakah menjalani CT scan menyakitkan?

Bagian di bawah CT Scan tidak menimbulkan rasa sakit. Saat menyuntikkan media kontras, Anda akan merasakan sensasi panas yang menghilang dengan cepat. Jika tidak, pemeriksaan menjadi sedikit menakutkan, premedikasi menenangkan kadang-kadang ditawarkan untuk anak-anak.

Apa saja kemungkinan risiko dari CT Scan?

Carian media kontras: Komplikasi yang terkait dengan injeksi media kontras luar biasa. Meskipun hal ini sangat jarang terjadi, produk dapat bocor ke jaringan terdekat yang menyebabkan terbentuknya hematoma dan mungkin memerlukan perawatan lokal. Selain itu, perlu untuk mengambil tindakan pencegahan tertentu untuk pasien dengan riwayat ginjal, diabetes, alergi atau jantung.
Sinar-X: Paparan sinar-X harus dibatasi sebanyak mungkin jika terjadi kehamilan untuk menghindari penyinaran janin. Pada prinsipnya, eksplorasi panggul karena itu harus dihindari. Jika benar-benar diperlukan, tindakan pencegahan tertentu harus dilakukan. Jika Anda hamil atau ragu, Anda harus memberi tahu tim medis saat membuat janji.

Harga

Harga dapat berkisar dari Rp. 1.500.000 hingga lebih dari Rp. 3.500.000 bahkan lebih dari itu, tergantung

Salah satu faktor yang dapat sangat memengaruhi biaya CT scan Anda adalah apakah Anda melakukannya di fasilitas rawat inap, seperti rumah sakit, atau pusat bedah rawat jalan.


Penyakit dari A-Z & Daftar Lengkap, Nama, Jenis, Contoh

Suatu penyakit adalah suatu kondisi abnormal tertentu yang secara negatif mempengaruhi struktur atau fungsi sebagian atau seluruh organisme, dan itu bukan karena cedera eksternal langsung apa pun. Klik disini ? untuk mengetahui nama-nama penyakit dan penjelasannya.

Nama Obat dan Untuk Penyakit Apa ? – Daftar Nama Obat Esensial diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

Daftar Nama Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Daftar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1977. Klik disini ? untuk mengetahui “Daftar Nama Obat Esensial dari World Health Organization”.


Jenis Kanker – Penjelasan dan Pemicu Semua Tipe Kanker dan Namanya

Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Sumber bacaan: Cleverly Smart, National Institutes of Health, Mayo Clinic, Radiological Society of North America, Inc. (RSNA)

Sumber foto: Peggy.poon.ths / Wikimedia Commons (CC BY-SA 4.0)

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.