Doa Katolik Pada Saat Kesulitan Untuk Mohon Bantuan

7 min read

Doa Katolik Pada Saat Kesulitan Untuk Mohon Bantuan

Berikut contoh-contoh doa Katolik pada saat kesulitan:

Doa Mohon Pemulihan Keuangan

“Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya TUHAN itu! Berbahagialah orang yang berlindung pada-Nya! Takutlah akan TUHAN, hai orang-orang-Nya yang kudus, sebab tidak berkekurangan orang yang takut akan Dia! Singa-singa muda merana kelaparan, tetapi orang-orang yang mencari TUHAN, tidak kekurangan sesuatupun yang baik” (Mazmur 34:9-11).

Tuhan, lihatlah kondisi keuanganku.

Persoalan keuanganku membuat diriku gelisah bagaimana menopang hidup keluargaku.

Banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, tetapi keuangan seret dan macet.

Apalagi, hutangku semakin hari semakin menumpuk karena tak terbayarkan.

Semuanya itu menambah beban jiwaku.

Tuhan, pulihkanlah keuangan dan kehidupanku.

Berkati pekerjaan dan rencana usaha yang aku akan lakukan, yaitu ……..

Aku mengandalkan kekuatan dariMu, pasti tidak akan kekurangan apapun sebab Engkau adalah Tuhan yang penuh belaskasihan dan dekat dengan orang yang patah hati.

Berikanlah aku hati yang sabar menantikan datangnya kebaikan-Mu karena aku yakin Engkau akan melepaskan aku dari kesesakan ini tepat pada waktunya.

Terimakasih Tuhan atas kasih-Mu dan semoga damai sejahtera Allah melimpah dalam keluargaku saat ini. Amin.

Baca juga ? Novena 3 Salam Maria – SURGA DIBUKA OLEH PRAKTIK TIGA HAIL MARY

Doa Katolik Dalam Kesulitan Keuangan

Ya Bapa, Tuhan yang maha adil, kami tahu bahwa manusia di dunia ini memiliki jenjang sosial. Ada yang memiliki harta berlimpah dan ada pula yang setiap harinya kesulitan untuk makan, minum, atau memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ya Tuhan, kami juga percaya bahwa roda kehidupan itu nyata. Kadang status orang bisa disegani dengan berada di puncak tertinggi dan kadang status orang berada di bawah karena mengalami masalah keuangan yang begitu rumit. Termasuk yang keluarga kami alami ini.
Tuhan, saat ini kami tengah mengalami masalah keuangan. Ada beberapa kebutuhan pokok yang belum terbayarkan. Bantulah kami mengatasinya, bimbinglah kami sebagaimana keluarga Kudus dapat melewati segala kesulitan dan mencapai kegembiraan.

Tuhan, hanya kepada-Mu kami memohon. Kami percaya rencana-Mu akan indah untuk kami. Dalam nama Bapa, Roh Kudus dan Bunda Maria kami memohon doa dengan setulus-tulusnya. Haleluya, Amin.

Doa Katolik Pada Saat Kesulitan Ekonomi

Ya Bapa, Tuhan yang maha menolong, sesunggunya kami tahu bahwa Engkau telah mengetahui terlebih dahulu mengenai pergumulan kami pada kesempatan ini. Namun meski demikian, kami ingin berdoa kepada-Mu karena mengalami masalah perekonomian.

Status keuangan keluarga kami berada pada ambang batas, hingga ada beberapa kebutuhan yang belum terpenuhi. Pekerjaan sedang surut, usaha dan bisnis tengah menemui jalan buntu. Ya Tuhan, bantulah kami untuk mengatasinya.

Kami percaya bahwa Engkau memiliki jalan terbaik untuk kami. Kami percaya bahwa Engkau akan memberikan sukacita dalam kehidupan keluarga kami. Maka dari itu, kami berdoa kepada-Mu, karena kami percaya. Dalam nama Bapa, Yesus sang Juruselamat kami berdoa. Amin.

Doa Katolik Pada Saat Kesulitan Finansial atau Keuangan melalui perantaraan St. Yudas Tadeus

Santo Yudas Tadeus, rasul Kristus dan martir yang mulia, penolong dalam semua masalah yang sulit, hari ini aku berpaling kepadamu dengan dengan rendah hati, untuk memohon kemurahan hatimu atas masalah finansial yang sedang kuhadapi ini.

Ya, St. Yudas Tadeus, engkau adalah rasul suci yang ku cintai, pelindungku yang mulia, sambutlah jiwa dan ragaku, akal dan hatiku.

Ya Hati Kudus Yesus dan Bunda Maria, dengan rendah hati aku bersujud dihadapanmu, aku memohon anugerahilah belas kasih-Mu, dan janganlah Engkau memandang hina doaku yang tulus ini, sehingga keyakinanku tidaklah sia-sia.

St. Yudas Tadeus, engkau adalah sahabat Yesus yang adalah sumber segala kebaikan dan pemilik kekuatan bagi mereka yang sedang putus asa.

Ya, malaikat pelindungku, berdoalah untukku, tolong sampaikan doa-doaku ini. Semoga aku dapat menemukan solusi yang baik dan efektif untuk kebutuhanku yang sangat mendesak ini.

Bantulah aku dalam masalah keuanganku ini, buatlah agar aku bisa mendapatkan uang untuk memenuhi semua pengeluaran, pembayaran, hutang, dan kebutuhan hidupku sehari-hari.

Tolong berilah aku ketenangan dalam menghadapi masalah ini. Dengarkan dan kabulkanlah doaku ya Tuhan, Amin.

Doa Katolik Mohon Keutuhan Rumah Tangga

Yesus yang baik, berkat-Mu saya bertemu dengan suami yang penuh tanggung jawab dan mencintai saya. Berkat-Mu, kami pun menjalani kehidupan rumah tangga yang bahagia dan selalu dipenuhi dengan sukacita.

Terimakasih karena Engkau telah mempertemukan saya dengan laki-laki yang begitu hebat. Terimakasih karena telah menjadikannya jodoh saya. Begitu banyak ucapan syukur yang ingin saya sampaikan atas apa yang saya miliki ini ya Tuhan.

Tuhan, di malam yang hangat ini saya hendak memohon kepada-Mu. Jadikanlah keluarga kami sebagai keluarga yang bahagia, dapat membantu orang lain, memberi semangat dan menjadi contoh untuk keluarga lainnya, serta utuhkanlah rumah tangga kami hingga ajal menjemput. Haluleya, Amin.

Doa Katolik Agar Rumah Tangga Tetap Terjaga

Ya Kristus yang mulia, ada banyak cinta di dunia ini, namun cinta saya kepada-Mu sungguh besar. Itu karena Engkau telah memberikan pasangan hidup yang begitu peduli terhadap saya, mau menerima kelebihan dan kekuarangan saya.

Ya Tuhan, sungguh beruntung saya dipertemukan dengannya. Seseorang yang sangat saya cintai, orang yang selalu mengingatkan saya untuk selalu rindu beribadah kepada-Mu, orang yang selalu mendukung ketika saya berada dalam masa sulit.

Saya tidak ingin kehilangan kebahagiaan ini, ya Tuhan. Biarlah rumah tangga ini tetap utuh sesuai rencana-Mu. Biarlah pergumulan ini dapat terjadi sesuai kehendak-Mu. Saya yakin, Engkau akan selalu membimbing kami untuk tetap saling menyayangi. Amin.

Doa Katolik Pada Saat Kesulitan dan Kegagalan

Allah, pangkal harapan sejati, Yesus yang Kau utus menyelamatkan kami, pernah mengalami kegagalan, yakni ketika menderita sengsara, ditinggalkan oleh para murid-Nya, tergantung di salib, dan akhirnya wafat. Pandanglah anak-Mu yang sedang sedih karena mengalami kegagalan. Sebagaimana Engkau membangkitkan Yesus dari kegagalan, bahkan dari kematian, bangkitkanlah aku dari kepedihan ini.

Berilah aku semangat yang baru, dan jangan Kau biarkan aku berputus asa. Sebaliknya, terangilah budi dan hatiku, agar aku mampu melihat kehendak-Mu di balik kegagalanku ini. Semoga aku dapat memetik hikmah dari kegagalan ini untuk langkah hidupku selanjutnya: Sebagaimana biji gandum yang jatuh ke tanah itu mati, dan menghasilkan buah melimpah, semoga hikmah yang kami petik dari kegagalan ini mendatangkan keberhasilan dalam hidupku nanti.

Bapa, kegagalanku ini kupersatukan dengan sengsara dan wafat Kristus, supaya aku pun boleh bangkit dalam semangat baru, seperti Ia bangkit dari mati. Sebab Dialah Tuhan, yang telah merintis jalan untuk bangkit dari setiap kegagalan.

(Amin.)

Doa untuk Warga yang Dalam Kesulitan

(Kalau yang mengalami kesulitan bukan pendoa sendiri,  “kami” diganti dengan “mereka”.)

Bapa yang maha pengasih dan penyayang, Engkau menghendaki umat-Mu bahagia. Tetapi seringkali kami tidak sadar bahwa kebahagiaan harus diraih lewat perjuangan berat, bahkan kadang-kadang lewat penderitaan. Yesus sendiri telah menjadi teladan bagi kami: Melalui sengsara dan wafat Ia mencapai kebahagiaan dan kejayaan.

Bapa, pandanglah kami yang sedang mengalami kesulitan. Berilah kami ketabahan. Semoga kami mampu mempersatukan kesusahan kami dengan sengsara Yesus sendiri, sehingga kemudian kami boleh juga ikut ambil bagian dalam kebahagiaan-Nya.

Semoga kami tabah seperti Ayub: ketika mengalami cobaan hebat ia tetap percaya dan berharap kepada-Mu. Semoga Yesus, yang telah meredakan angin ribut di danau, kini Kau utus pula untuk meredakan badai yang melanda kami, agar kami boleh kembali menikmati hidup yang tenang penuh kedamaian. Demi Kristus, Tuhan kami. (Amin.)

Doa Katolik Untuk Keluarga yang Ditinggalkan

Ya Allah, Tuhan yang bertahta di kerajaan Surga. Segala puji syukur saya haturkan kepada-Mu atas berkat dan penyertaan yang Engkau berikan sepanjang perjalanan hidup saya, bapak, ibu, dan seluruh anggota keluarga yang lain.

Tuhan, saat ini saya sedang berada di tanah rantau, jauh dari keluarga yang saya tinggalkan. Sudah telah lama kami tidak mengobrol karena kesibukan. Tuhan, jagalah mereka agar selalu sehat, bimbinglah kami selalu agar dapat menjadi keluarga katolik yang beriman kepada-Mu.

Bimbinglah kami selalu agar dapat menjalani kehidupan dengan baik, bantulah kami supaya dapat selalu menjadi contoh yang baik bagi keluarga lain. Tuhan, semoga ayah dan ibu yang saya tinggalkan selalu sehat karena berkat dan penyertaan-Mu. Amin.

Doa Katolik Untuk Keluarga yang Sudah Meninggal

Bapa yang maha baik, Allah yang kuasa, kuatkanlah kami, anak-anak dari orangtua yang telah meninggal dunia. Bantulah kami agar tetap sabar, berikan kami harapan, dan limpahkan kepercayaan terhadap kami bahwa mereka berada di surga-Mu yang terbaik.

Bapa, kedua orangtua kami memang telah lama meninggal dunia, namun kadang kami merasa rindu akan kehadiran mereka, seolah hari-hari yang kami sekeluarga jalani datang kembali. Seolah saya bersama kakak dan adik saya kembali ke masa kecil di mana orangtua kami masih berada.

Kami sadar bahwa ini adalah rencana-Mu yang terbaik. Untuk menghentikan penderitaan mereka dari sakit parah yang telah diidap bertahun-tahun. Hanya satu doa kami kepada-Mu, bimbinglah kami agar dapat menjadi anak berbakti agar kedua orangtua kami bahagia di Surga. Amin.

Doa Katolik Pada Saat Kesulitan dan Mohon Kelancaran Rezeki

Ya Kristus yang Agung, terimakasih atas banyak penyertaan yang Engkau berikan kepada saya khususnya karena telah memberi saya kesempatan untuk bekerja mencari nafkah dan rezeki di perusahaan yang saya impi-impikan.

Saat ini setelah resmi diterima, saya akan mulai bekerja di perusahaan tersebut, mengabdi untuk mengembangkan diri dan perusahaan. Menjadi manusia yang bermanfaat bagi keluarga, teman, dan banyak orang lainnya.

Ya Kristus, hanya kepada-Mu aku dapat memohon. Dengan segala kerendahan hati yang paling dalam, mohon bantulah aku agar setiap harinya pekerjaan yang saya lakoni dapat berjalan lancar, sehingga rezeki pun lancar untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Ya Bapa, tolonglah anak-Mu ini agar selalu semangat dalam bekerja, selalu diberi kekuatan ketika ada masalah, selalu ditolong untuk mencari jalan keluar ketika sedang kesulitan, dan selalu dilindungi dari segala macam keburkan dari roh jahat. Ya Kristus yang maha mengabulkan, aku berdoa kepada-Mu.

Doa Katolik Untuk Kelancaran Usaha

Dalam nama Bapa, Putera, dan Roh Kudus. Pada kesempatan kali ini saya ingin mengucapkan banyak terima kasih karena usaha pertama saya dalam bidang kuliner telah resmi beroperasi. Mudah-mudahan dapat menjadi sumber rezeki yang lancar.

Ya Bapa, saya tahu bahwa Engkau maha tahu dan lebih tahu apa yang akan saya pergumulkan, namun demikian dengan segala kerendahan hati, saya memohon kembali agar usaha dan bisnis saya semakin lancar, tidak ada halangan, dan bisa terus berkembang dengan pesat.

Ya Tuhan, berkembangnya usaha ini tidak hanya melancarkan ekonomi saya, melainkan juga banyak orang yang saya pekerjakan, khuususnya anak-anak yang percaya terhadap-Mu. Bimbinglah mereka agar semakin berkembang di tempat usaha saya.

Hanya kepada-Mu aku memohon, hanya kepada Engkau, Ya Kristus sebagai juruselamat yang agung, saya berdoa. Haleluya, Amin.

Doa Katolik Pada Saat Sakit

Allah yang mahakuasa, kasihanilah hamba-Mu yang sakit ini. Dalam iman kepada-Mu aku mengaduh. Hari-hari kesengsaraan kini mencekam aku. Batinku tertekan, hari-hari yang sunyi melanda diriku. Dalam kesesakanku ini aku ingat akan Yesus yang berkeliling di seluruh Galilea untuk mengajar, memberitakan Injil serta melenyapkan segala penyakit, dan kelemahan. Dialah penyelamat yang kucari, penyembuh yang sejati dan penuh kasih. Ia telah turun dari surga ke dunia untuk mengunjungi orang-orang-Nya yang sakit. Utuslah Dia agar sekarang pun Ia mengunjungi aku. Biarlah pada hari-hari aku sakit ini Ia mengajar aku, memberitakan Injil-Nya, dan melenyapkan penyakitku.

Semoga karena ajaran-Nya aku selalu ingat akan Dikau, Allah yang telah menciptakan aku. Dan semoga penyakit yang kuderita ini menyadarkan aku akan kelemahanku, dan membangkitkan iman serta harapan akan kuasa penyembuhan-Mu. Semoga pengalaman sakit ini membuat aku lebih dekat dengan Dikau, lebih berkenan kepada-Mu, dan bersikap lebih tulus.

Bapa, aku bersyukur kepada-Mu atas kasih yang diberikan oleh saudara-saudara yang merawat dan melawat aku. Balaslah kasih mereka dengan berkat yang melimpah, dan apabila tugas pelayanan mereka di dunia ini sudah usai, perkenankanlah mereka menerima Kerajaan yang telah Kau sediakan bagi mereka sejak dunia dijadikan, sebab apa yang mereka lakukan bagiku telah mereka lakukan bagi Tuhan Yesus sendiri.

Ingatlah juga, ya Bapa, akan semua orang yang sakit. Tabahkanlah mereka, dan berilah kesembuhan. Engkaulah penyelamat, dan hidupku, Engkaulah penghibur, dan penebusku, Engkaulah harapanku di dunia ini, dan mahkotaku di dunia yang akan datang. Kasihanilah aku, ya Bapa, demi Yesus Kristus, penyembuh yang sejati, kini dan sepanjang masa. (Amin.)


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Aleteia, White Lily of Trinity

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.