Basilika Santo Petrus di Vatikan – Sejarah, Arsitektur

Basilika Santo Petrus

Basilika Santo Petrus sebuah gereja basilika utama Katolik di Kota Vatikan, dikelilingi oleh Roma – Italia.

Basilika Santo Petrus memiliki arsitektur abad 16 yang luar biasa dan menakjubkan dalam seni pahat dan arsitektur. Istana kepausan itu dipenuhi dengan patung, seni, lukisan dinding, pengerjaan kayu, relikui, dan banyak lagi.

Basilika / Konstruksi Santo Petrus dimulai

Peletakan batu pertama 18 April 1506.
Selesai 18 November 1626

Paus mana yang membangun Basilika Santo Petrus?

Paus Julius II.

Basilika Petrus, terletak di Kota Vatikan (sebuah “kantung” di Roma), dimulai oleh Paus Julius II pada tahun 1506 dan selesai pada tahun 1615 di bawah Paul V. Itu dirancang sebagai salib Latin bertingkat tiga dengan sebuah kubah di persimpangan. Tepat di atas altar tinggi, yang meliputi tempat suci Santo Petrus dimakamkan.

Apa yang terkenal dengan Basilika Santo Petrus?

Ini sering disebut “gereja terbesar dalam susunan Kristen”. Dalam tradisi Katolik, Basilika Santo Petrus diyakini sebagai tempat pemakaman Santo Petrus, yang merupakan salah satu dari dua belas rasul Yesus. Diyakini bahwa Santo Petrus adalah Uskup Roma yang pertama.

Bangunan Basilika Santo Petrus di Vatikan

Bangunan ini diklaim sebagai gereja terbesar yang pernah dibangun (dia meliputi area 23.000 m² dan memiliki kapasitas lebih dari 60.000) dan salah satu situs tersuci dalam Kekristenan. Konstruksi basilika ini dimulai pada 1506 dan rampung pada 1626.

Spesifikasi

Panjangnya 220 meter (720 kaki)
Lebar 150 meter (490 kaki)
Tinggi 136,6 meter (448 kaki)
Tinggi Nave 46,2 meter (152 kaki)
Diameter kubah (luar) 42 meter (138 kaki)
Diameter kubah (bagian dalam) 41,5 meter (136 kaki)

Nama Arsitek

Donato Bramante
Antonio da Sangallo yang Muda
Michelangelo
Giacomo Barozzi da Vignola
Giacomo della Porta
Carlo Maderno
Gian Lorenzo Bernini
Carlo Fontana

Gaya arsitektur

Gaya Renaissance dan Barok

Basilika Santo Petrus Lama

Basilika Santo Petrus Lama adalah gereja abad ke-4 yang dimulai oleh Kaisar Konstantinus Agung antara tahun 319 dan 333 M.

Panjangnya lebih dari 103,6 meter (340 kaki), dan pintu masuk didahului oleh atrium bertiang besar. Gereja ini dibangun di atas kuil kecil yang diyakini sebagai tempat pemakaman Santo Petrus, meskipun makam itu “dihancurkan” pada tahun 846 Masehi.

Nama “Basilika Santo Petrus Lama” sudah digunakan semenjak dimulainya pembangunan Basilika Santo Petrus yang baru guna membedakan keduanya.

Isinya sejumlah besar penguburan dan peringatan, termasuk sebagian besar paus dari St. Peter hingga abad ke-15. Seperti semua gereja paling awal di Roma, baik gereja ini maupun penggantinya memiliki pintu masuk ke timur dan apse di ujung barat gedung. Sejak pembangunan basilika saat ini, nama Basilika Santo Petrus telah digunakan untuk pendahulunya untuk membedakan kedua bangunan tersebut.

Basilika Santo Petrus Lama dibangun atas perintah Kaisar Kristen pertama Konstantin I, pada tahun 326 di tempat Santo Petrus menjadi martir.

Seribu tiga ratus tahun kemudian bangunan ini mulai runtuh

Perlahan-lahan, dan oleh karena itu Paus Nikolas V memerintahkan agar dibangun sebuah basilika yang baru. Tetapi pembangunannya baru dimulai pada tahun 1506 pada masa jabatan Paus Julius II. Pembangunan basilika ini memakan waktu 120 tahun. Michelangelo diminta sumbangan karyanya dengan pieta-nya yang sangat terkenal itu. Waktu itu ia telah berusia 72 tahun. Basilika ini merupakan basilika terbesar di dunia dengan panjang 193 meter dan tinggi 132 meter.

Gereja Basilika Santo Petrus merupakan tempat penguburan Santo Petrus

Tradisi mengatakan bahwa tempat bangunan ini merupakan tempat Santo Petrus, salah satu rasul Yesus dan dianggap sebagai Paus pertama, disalibkan dan dikuburkan. Gereja ini merupakan tempat penguburan Santo Petrus tepatnya di bawah altar utama. Beberapa paus lain juga dikubur di dalam dan di bawah basilika ini (lihat: Gua Vatikan).

4 Basilika terpenting

Basilika Santo Petrus adalah salah satu dari empat basilika penting atau disebut juga empat basilika kepausan, ketiga basilika lainnya adalah Basilika Agung Santo Yohanes Lateran, Basilika Santo Paulus di Luar Tembok dan Basilica di Santa Maria Maggiore, yang bersama dengan Basilica di San Lorenzo fuori le Mura (Basilika Santo Laurensius di Luar Tembok), dikenal sebagai “lima basilika utama” Roma, dihubungkan dengan lima Tahta Patriark kuno dari dunia Kristen (Pentarki).

Siapa yang membayar Basilika Santo Petrus?

Salah satu metode yang digunakan untuk membiayai pembangunan Basilika Santo Petrus adalah pemberian indulgensi (cara untuk mengurangi jumlah hukuman yang harus dijalani seseorang untuk dosa) sebagai imbalan atas kontribusi.

Seorang promotor utama dari metode penggalangan dana ini adalah Albrecht, Uskup Agung Mainz dan Magdeburg, yang harus melunasi hutang-hutang kepada Kuria Romawi dengan berkontribusi pada program pembangunan kembali.


Tempat rahasia di bawah tanah Vatikan

Tetapi tidak banyak orang yang tahu, bahwa lima lantai di bawah arsitektur yang menakjubkan itu, merupakan reruntuhan yang berasal dari petilasan Kekaisaran Romawi.

Mengunjungi kota makam (Necropolis di bawah Basilika Santo Petrus) dengan birokrasi yang panjang: hanya dapat dilakukan melalui reservasi tingkat lanjut. Permintaan harus dibuat secara tertulis dan grup dibatasi hingga 12 orang, yang semuanya harus berusia 15 tahun atau lebih.

Selanjutnya baca di 👉 Rahasia di bawah tanah Vatikan – Nekropolis Vatikan


Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Britannica, Wikipedia, National Geographic,

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2020-09-25T20:45:32+07:00 Mei 17th, 2020|AGAMA, Geografi & Sejarah, Katolik|0 Comments

Leave A Comment