PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Doa Tobat Protestan | Bagaimana saya meminta pengampunan kepada Yesus Kristus?

6 min read

Doa tobat protestan

Doa Tobat Protestan

Mengakui dosa-dosa kita adalah bagian penting dari pertumbuhan rohani kita. Kecuali kita mengakui dosa-dosa kita dan meminta pengampunan dari Tuhan Yesus, kita tidak dapat menerima kasih karunia yang kita butuhkan untuk menjadi orang Kristen yang lebih baik. Ada banyak bentuk doa tobat Protestan, berikut adalah beberapa doa tobat Protestan:

Pendek

Tuhan Yesus yang terkasih, saya tahu bahwa saya adalah orang berdosa, dan saya meminta pengampunan-Mu. Aku percaya Engkau mati untuk dosa-dosaku. Saya berbalik dari dosa-dosa saya dan mengundang-Mu untuk masuk ke dalam hati dan hidup saya. Aku ingin percaya dan mengikuti-Mu sebagai Tuhan dan Juru Selamatku. Amin.

“Tuhan Yesus, saya mengaku bahwa saya telah sering menyinggung-Mu. Saya memiliki penyesalan yang mendalam. Saya mohon, maafkan saya ketidaksetiaan dan pelanggaran saya! Beri aku rahmat untuk tidak jatuh kembali ke dalam dosa, dan lari dari peluang. Saya dengan tulus ingin memperbaiki kesalahan saya, dan melakukan penebusan dosa untuk mereka”.

“Ya Tuhanku, aku telah berdosa terhadapmu dan saudara-saudaraku, tetapi di dekatmu ada pengampunan. Terimalah pertobatanku dan beri aku kekuatan untuk hidup sesuai dengan kasih-Mu”.

Doa Tobat Protestan – John Calvin

“Tuhan Allah, Bapa Yang Kekal, kami mengakui dan mengaku di hadapan keagungan-Mu yang kudus bahwa kami adalah orang-orang berdosa yang malang.

Terlahir dalam perbudakan dosa, cenderung jahat, tidak mampu dengan kekuatan kami sendiri untuk berbuat baik, kami melanggar perintah-perintah-Mu yang kudus setiap hari dan dalam banyak hal, membawa kami, sebagai akibatnya, kematian.

Tapi, Tuhan, kami memiliki rasa sakit yang mendalam untuk melupakan-Mu: kami mengutuk diri kami sendiri, kami dan kejahatan kami, dengan pertobatan sejati; kami meminta bantuan-Mu dan memohon-Mu untuk membantu kami dalam kesengsaraan kami.

Oleh karena itu, kasihanilah kami, Tuhan yang paling baik, ayah yang penyayang, dan ampunilah dosa-dosa kami demi kasih Yesus Kristus, putra-Mu, penyelamat kami.

Dengan menghapus kekurangan kami, berilah kami juga dan terus tingkatkan rahmat Roh Kudus-Mu kepada kami, sehingga, dengan semakin menyadari kesalahan kami, kami dapat sangat tersentuh olehnya, kami meninggalkannya dengan sepenuh hati dan kami menghasilkan buah kebenaran. dan kekudusan, yang berkenan kepada-Mu, oleh Yesus Kristus, Tuhan kita. Amin”.

Mazmur pertobatan (mazmur 51)

“Ya Tuhan! kasihanilah aku dalam kebaikanmu; menurut belas kasihan-Mu yang besar, hapuskan pelanggaranku;
Basuhlah aku sepenuhnya dari kesalahanku, dan bersihkanlah aku dari dosaku.
Karena aku mengakui pelanggaranku, dan dosaku selalu ada di hadapanku.
Aku sendiri telah berdosa terhadap-Mu, dan aku telah melakukan apa yang jahat di matamu, supaya Engkau adil dalam hukumanmu, tidak bercacat dalam penilaianmu.

Lihatlah, aku dilahirkan dalam kesalahan, dan ibuku mengandung aku dalam dosa.
Tetapi Engkau ingin kebenaran berada di lubuk hati saya: biarkan kebijaksanaan menembus ke dalam diri saya!
Sucikan aku, maka aku akan bersih; basuhlah aku, dan aku akan menjadi lebih putih dari salju.
Tunjukkan kegembiraan dan kegembiraan, dan tulang yang Engkau patahkan akan bersukacita.
Jauhkan pandangan-Mu dari dosa-dosaku, hapus semua kesalahanku.
Ya Tuhan! ciptakan dalam diriku hati yang murni, perbarui dalam diriku semangat yang rela.
Jangan singkirkan aku dari wajah-Mu, jangan ambil roh kudus-Mu dariku.

Kembalikan sukacita keselamatan-Mu, dan semoga roh niat baik mendukung saya!
Aku akan mengajarkan jalanmu kepada mereka yang melanggarnya, dan orang berdosa akan kembali kepadamu.
Ya Tuhan, Tuhan penyelamatku! bebaskan aku dari darah yang tercurah, dan lidahku akan memuji belas kasihan-Mu.
Yang mulia! buka bibirku, dan mulutku akan mengeluarkan pujian-Mu.
Jika engkau menginginkan pengorbanan, saya akan menawarkannya kepada-Mu; tetapi Engkau tidak senang dengan korban bakaran.

Pengorbanan yang berkenan kepada Tuhan adalah jiwa yang patah : Ya Tuhan! Engkau tidak meremehkan hati seorang yang patah dan menyesal. Karena Engkau maha penyayang dan pengampun. Amin.

Mengapa membuat tindakan penyesalan dan berdoa tobat?

“Berbahagialah orang yang kesalahannya dihapuskan, dan dosanya diampuni! (Mazmur 32)

Setiap dosa adalah luka yang ditimpakan pada Kristus dan menambah beban yang harus kita tanggung. Menyadari kesalahan seseorang, mengungkapkan pertobatan sejati memungkinkan kita untuk mendekat kepada Tuhan, untuk mengalami kasih dan belas kasihan-Nya yang tak terbatas dan merasa benar-benar bebas.

Kita adalah orang berdosa tetapi kita tidak dihukum untuk tetap menjadi tawanan dosa-dosa kita. Yesus mati untuk menebus mereka. Tindakan penyesalan memungkinkan mereka untuk ditempatkan di kaki salib-Nya. Hal demikian erat kaitannya dengan tindakan iman, tindakan amal dan tindakan harapan karena dalam meminta rahmat pengampunan, kita juga meminta Tuhan – dengan iman dan harapan – untuk kekuatan dan keberanian untuk melakukan penebusan dosa dan untuk tidak melakukan kesalahan ini lagi.

“Jadi, saya katakan, Engkau ada lebih banyak sukacita di surga karena satu orang berdosa yang bertobat daripada lebih dari sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak membutuhkan pertobatan. (Lukas 15:7).

Doa Tobat Kristen, Kasih Sayang dan Permohonan untuk Penyesalan

Adalah umum, sebelum Tindakan Penyesalan, untuk memohon kepada Tuhan untuk memberikan rasa sakit yang benar dan mendalam kepada orang Kristen karena telah menyinggung Dia dan rahmat penyesalan yang sempurna:

Doa Pertama: Kasih dan Permohonan (permintaan bantuan dari Yesus Kristus)

Ya Tuhan! Engkau memberi saya alasan, cahaya iman, namun saya berperilaku seperti irasional, mengabaikan rahmat ilahi-Mu untuk kesenangan duniawi dasar, yang menghilang seperti asap, hanya menyisakan penyesalan hati nurani dan hutang pada keadilan-Mu.

Oh Tuhan, jangan menilai saya untuk apa yang pantas saya dapatkan (Mzm 142, 2), tetapi perlakukan saya sesuai dengan belas kasihan-Mu!

Terangi aku, Tuhanku; berilah aku rasa sakit atas dosa-dosaku, dan ampunilah aku. Akulah domba yang hilang; jika Engkau tidak mencari aku, aku akan tetap tersesat (Mzm 118, 176). Kasihanilah aku, untuk darah berharga yang kau tumpahkan untukku. Saya menyesal, karena telah meninggalkan-Mu dan kasih karunia-Mu. Saya ingin mati karena kesakitan; meningkat dalam diriku penyesalan yang mendalam dan membuatnya mencapai surga untuk meninggikan belas kasihan-Mu yang tak terbatas di sana… Bunda Maria, perlindungan dan harapan saya, doakan saya kepada Yesus; untuk mengampuni saya dan memberi saya ketekunan yang suci.

Doa Kedua: Kasih dan Permohonan (permintaan bantuan dari Yesus Kristus)

Apa yang tersisa, Tuhanku, dari pelanggaran yang telah saya lakukan kepada-Mu, selain kepahitan dan rasa sakit dan manfaat ke neraka? Rasa sakit yang kurasakan tidak menguasaiku, tetapi menghibur dan melegakanku, karena itu adalah anugerah rahmat-Mu yang menyatu dengan harapan bahwa Engkau mau memaafkanku. Yang membuatku menderita adalah betapa aku telah melukaimu, Penebusku, yang sangat mencintaiku. Saya pantas, Tuhan, bahwa Engkau harus meninggalkan saya; sebaliknya, saya melihat bahwa Engkau menawarkan saya pengampunan dan bahwa Engkau adalah orang pertama yang mencari kedamaian. Ya, Yesusku, aku menginginkan damai dengan-Mu, dan di atas segalanya, aku menginginkan rahmat-Mu.

Saya menyesal, kebaikan yang tak terbatas, karena telah menyinggung-Mu dan saya ingin mati karena penyesalan yang murni. Untuk cinta yang Engkau miliki pada manusia yang sangat besar, mati untuk kami di kayu salib, maafkan saya dan sambut saya ke dalam hati-Mu; ubah milikku sedemikian rupa sehingga, jika itu sangat menyinggungmu di masa lalu, itu akan lebih menyenangkanmu di masa depan. Aku meninggalkan, demi cintamu, semua kesenangan yang dapat ditawarkan dunia kepadaku, dan aku memutuskan untuk kehilangan hidupku daripada anugerahmu. Katakan apa yang Engkau ingin saya lakukan untuk melayani-Mu, karena saya ingin melakukannya. Tidak ada kesenangan, tidak ada kehormatan dan tidak ada kekayaan; Aku hanya mencintaimu, Tuhanku, sukacitaku, kemuliaanku, hartaku, hidupku, cintaku dan segalanya bagiku. Tolong aku, Tuhan, agar aku setia kepada-Mu; beri saya hadiah cinta-Mu dan lakukan dengan saya apa yang Engkau inginkan. Ya Yesus Kristus, bawalah aku di bawah perlindungan-Mu, dan jadikan aku semua milik-Mu.

Kasih Sayang dan Permohonan Ketiga

Beri aku cahaya, Tuhan, untuk mengenali kejahatanku dalam menghina-Mu dan hukuman kekal yang pantas aku terima karenanya. Ya Tuhan, aku merasakan sakit yang luar biasa karena telah menyinggung-Mu, tetapi rasa sakit ini menghibur dan melegakanku. Seandainya Engkau menjerumuskanku ke neraka, sebagaimana yang pantas saya terima, penyesalan akan menjadi hukuman terbesar saya di sana, mengingat kesengsaraan dan kehinaan.

Hal-hal yang membawa aib abadi saya. Sekarang, bagaimanapun, rasa sakit itu bangkit kembali, menghibur dan menanamkan dalam diri saya harapan untuk mendapatkan pengampunan, yang Engkau tawarkan kepada orang yang bertobat.

Tuhan Yesus, aku menyesal telah menghinamu; Saya dengan senang hati menerima rasa sakit yang paling manis dari rasa sakit karena dosa-dosa saya, dan saya mohon kepada-Mu untuk meningkatkannya dan melestarikannya sampai mati, sehingga saya tidak berhenti menyesali dosa-dosa saya untuk sesaat… Ampunilah saya, Yesus dan Penebusku, bahwa, karena Engkau mengasihani saya, Engkau tidak memiliki belas kasihan pada diri-Mu sendiri, dan menghukum diri Engkau sendiri mati kesakitan untuk membebaskan saya dari neraka.

Kasihanilah aku! Oleh karena itu, buatlah hatiku selalu menyesal dan berkobar dalam cinta-Mu, karena Engkau sangat mencintaiku dan bersabar dengan begitu banyak, sampai-sampai, alih-alih menghukumku, Engkau menghujaniku dengan cahaya dan rahmat.. Aku berterima kasih, Yesusku, dan aku mencintai-Mu dengan sepenuh hatiku.

Engkau tidak tahu bagaimana membenci mereka yang mencintai-Mu; Oleh karena itu, saya meminta-Mu untuk tidak memalingkan wajah ilahi-Mu dari saya. Terimalah aku dalam rahmat-Mu dan jangan biarkan aku kehilangannya lagi… Maria, Bunda dan Bunda Maria, terimalah aku sebagai hamba-Mu dan satukan aku dengan Putera-Mu Yesus. Mohon dia untuk memaafkan saya dan untuk memberi saya, bersama dengan hadiah cintanya, rahmat ketekunan terakhir.

Kasih Sayang dan Permohonan Keempat

Penguasa langit dan bumi yang berdaulat! Kebaikan yang tak terbatas dan keagungan yang tak terbatas, bagaimana manusia bisa membenci-Mu, jika Engkau sangat mencintai mereka?… Di antara mereka, Tuhan, Engkau sangat mencintai saya, menyukai saya dengan rahmat yang sangat istimewa, yang tidak Engkau berikan kepada semua; dan aku membenci mereka lebih dari yang lain. Di kaki-Mu aku bersujud, ya Yesus, Juru Selamatku!

Engkau tidak mengusir saya dari hadirat-Mu (Mzm 50:13), meskipun saya pantas mendapatkannya karena tidak tahu berterima kasih; tetapi Engkau berkata bahwa Engkau tidak tahu bagaimana memandang rendah hati yang menyesal yang kembali kepadamu (Yoh 6:37). Yesusku, aku menyesal telah menyinggung-Mu; dan jika di kehidupan sebelumnya saya tidak mengenal-Mu, sekarang saya mengenali-Mu untuk Tuhanku dan Penebus, yang mati untuk menyelamatkanku dan untuk dicintai olehku… Kapan, Yesusku, rasa tidak berterima kasihku akan berakhir? Kapan aku akan mulai benar-benar mencintaimu? Hari ini, Tuhan, saya memutuskan untuk mencintai-Mu dengan sepenuh hati, dan tidak mencintai siapa pun selain Engkau.

Ya Tuhan Yesus yang memiliki kebaikan yang tak terbatas, aku memuja-Mu untuk semua orang yang tidak mencintai-Mu. Aku percaya pada-Mu, aku berharap pada-Mu, aku mencintai-Mu dan aku menawarkan diriku sepenuhnya pada-Mu. Tolonglah aku dengan kasih karunia-Mu…

Jika Engkau menyukaiku ketika aku tidak mencintaimu atau tidak ingin mencintaimu, berapa banyak lagi yang harus kuharapkan dari belas kasihanmu sekarang setelah aku mencintai-Mu dan ingin mencintai-Mu? Beri aku, Tuhan, cinta-Mu… cinta yang tulus, yang membuatku melupakan semua makhluk; cinta yang sangat kuat, itu mengatasi semua rintangan yang menentang apa yang Engkau suka; cinta abadi, yang tidak bisa berhenti. Saya berharap semuanya dari jasa-jasa-Mu, ya Yesusku, dan dari pertolongan-Mu yang yang besar. Amin.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: CleverlySmartBritannicaHistoryChristianity

Sumber foto: J_nnesk_sser / Pixabay

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Doa Islam untuk Seseorang yang Ingin Hamil

Dalam doa Islam untuk seseorang yang Ingin hamil adalah sarana untuk memohon kepada Allah SWT, memohon anugerah keberkahan, dan diberikan keturunan yang dikaruniai-Nya. Berikut...
PinterPandai
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *