Fakta pesawat terbang – video pendek – YouTube PINTER Pandai

3 min read

fakta pesawat terbang

Fakta Pesawat Terbang

Video fakta pesawat terbang ?

Fakta pesawat terbang:
– Diterbangkan pertama oleh Wright Bersaudara – tahun 1903.
– Yang terbesar adalah type “A380” untuk penerbangan komersial/umum (penumpang +- 800). Test perdana tahun 2005 & penggunaannya akhir 2007.
– Harga A380 = US$ 428jt.
– Salah satu tabrakan yang mematikan tahun 1977. Lebih dari 500 orang meninggal. 2 pesawat tabrakan di landasan Tenerif (Spanyol – Eropa).
– Lebih dari 78 Milyar KM, Boeing “747” telah melakukan perjalanan = lebih dari 100rb X pulang pergi dari Bumi ke bulan.
– Penerbangan sipil tertua yang masih beroperasi “KLM” (Belanda) tahun 1919.
Source: Wikipedia, Airbus Industrie.

 

 

Keselamatan Penerbangan

Adalah suatu keadaan terpenuhinya persyaratan keselamatan dalam pemanfaatan wilayah udara, pesawat udara, bandar udara, angkutan udara, navigasi penerbangan, serta fasilitas penunjang dan fasilitas umum lainnya. Pada penerbangan baik militer maupun sipil, keselamatan penerbangan diselenggarakan oleh pemerintah.

 

Fakta Pesawat Terbang

  • Kemungkinan mendapat kecelakaan ketika mengendarai mobil adalah 22 kali lebih besar dibanding mengalami kecelakaan pesawat.

  • Walau Anda sekuat Agung Herkules, tekanan udara di kabin membuat Anda tidak akan mampu membuka pintu pesawat ketika sedang mengudara.

  • Tekanan udara di kabin juga membuat tubuh kehilangan 1,5 liter cairan untuk tiap penerbangan selama 3 jam.

  • Toilet di pesawat berukuran sangat kecil sehingga sempit untuk bergerak. Tak hanya itu saja, toilet di pesawat tidak benar-benar privasi. Pintu toilet sebenarnya bisa dibuka cukup mudah dari luar meski sudah dikunci di dalam.

  • Jika diperhatikan dengan seksama, bagian jendela pesawat pasti memiliki lubang kecil di bagian bawah. Lubang tersebut adalah sebagai regulator tekanan pada kabin. Mayoritas jendela pesawat menggunakan kaca sebanyak 3 lapis. Lapisan paling luar berguna untuk melindungi kabin pesawat sekaligus memertahankan tekanan pada kabin. Jika terjadi kerusakan pada kaca bagian terluar, masih ada lapisan kaca kedua sebagai pelindung tekanan kabin. Lubang kecil di lapisan kaca bagian dalam berguna sebagai regulator tekanan pada kabin, sehingga lapisan kaca bagian tengah tidak rusak meski kaca terluar sudah tidak berfungsi.

  • Saat akan mendarat, awak kabin pasti mematikan lampu utama di kabin penumpang. Hal ini mutlak dilakukan saat pendaratan malam hari. Mengapa? Kabin sengaja dibuat remang-remang agar penumpang terbiasa dengan suasana gelap. Pramugari juga pasti meminta Anda membuka tirai jendela lebar-lebar saat akan mendarat. Ini agar Anda melihat dan mengetahui kondisi di luar pesawat.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya