fbpx

Cara Membaca Dan Menghafal Tabel Periodik Dengan Mudah

Tabel Periodik Unsur Kimia

Jika Anda datang dan sampai ke artikel ini, berarti Anda ingin mengetahui Cara Membaca Dan Menghafal Tabel Periodik yang baik, benar dan dapat menghafal dengan cepat.

 

Cara Membaca Tabel Periodik

Tabel periodik berisi sel informatif untuk setiap unsur yang disusun dengan meningkatkan jumlah atom dan sifat kimia. Setiap sel elemen biasanya berisi:

1. Simbol elemen

Simbol adalah singkatan dari nama unsur. Dalam beberapa hal, singkatan berasal dari nama latin unsur. Setiap simbol adalah satu huruf besar atau dua huruf Satu Besar satu kecil. Biasanya, simbol itu adalah singkatan dari nama elemen, namun beberapa simbol mengacu pada nama unsur yang lebihlama (mis., Simbol untuk perak adalah Ag, yang mengacu pada nama lama argentum.)

2. Nomor Atom Unsur

Angka ini merupakan jumlah proton yang dimiliki unsur atom ini. Jumlah proton adalah faktor penentu ketika membedakan satu unsur dengan elemen lainnya. Variasi jumlah elektron atau neutron tidak mengubah jenis unsur. Mengubah jumlah elektron menghasilkan ion sambil mengubah jumlah neutron menghasilkan isotop. Tabel periodik modern disusun untuk meningkatkan jumlah atom.

3. Nomor massa atom unsur 

Massa ini adalah massa rata-rata yang tertimbang dari isotop unsur. Tabel berkala asli Mendeleev mengorganisir unsur-unsur berdasarkan meningkatknya massa atom atau berat.

4. Nama Unsur

Banyak tabel periodik sudah melengkapi dengan nama unsur untuk membantu bagi mereka yang mungkin tidak mengingat semua simbol unsur.

Tabel periodik
Baris horizontal pada sistem periodik disebut periode. Setiap periode menunjukkan tingkat energi tertinggi yang dimiliki elektron pada unsur tersebut pada keadaan dasarnya.
Kolom vertikal disebut kelompok atau golongan. Setiap elemen dalam kelompok memiliki jumlah elektron valensi yang sama dan biasanya berperilaku dengan cara yang sama saat mengikat dengan unsur lainnya. Dua baris terbawah, lantanida dan aktinida semuanya termasuk dalam kelompok 3B dan tercantum secara terpisah.

Banyak tabel periodik mengidentifikasi jenis unsur yang menggunakan warna berbeda untuk jenis elemen yang berbeda. Misalnya pada pengelompokan logam alkali, tanah alkali, logam dasar, semimetals, logam transisi, tidak logam, lantanida, aktinida, halogen dan gas mulia.

Kecenderungan dalam Tabel Periodik

Tabel periodik disusun untuk menampilkan kecenderungan berikut (periodisitas) sebagai berikut:

1.Radius Atom atau jari-jari atom (setengah jarak antara pusat dua atom yang saling bersentuhan)

Meningkat dari atas ke bawah tabel
Menurun  ke kiri ke kanan dari tabel

2.Energi Ionisasi (energi yang dibutuhkan untuk mengeluarkan elektron dari atom)

Menurun dari atas ke bawah
Meningkat dari kiri ke kanan
3. Elektronegativitas (ukuran kemampuan untuk membentuk ikatan kimia)

Menurun dari atas ke bawah
Meningkat dari kiri ke kanan
4. Afinitas elektron (kemampuan untuk menerima elektron)

Afinitas elektron dapat diprediksi berdasarkan kelompok elemen. Gas mulia (misalnya, argon, neon) memiliki afinitas elektron mendekati nol dan cenderung tidak menerima elektron. Halogen (mis., Klorin, yodium) memiliki afinitas elektron yang tinggi. Sebagian besar gugus unsur lain memiliki afinitas elektron lebih rendah dari pada halogen, tapi lebih besar dari pada gas mulia.

 

Cara Membaca Dan Menghafal Tabel Periodik Dengan Mudah

Cara Membaca Dan Menghafal Tabel Periodik Dengan Mudah

 

Cara Menghafal Tabel Periodik

1. Identifikasi bagian yang berbeda dari setiap elemen.

Umumnya, untuk mempelajari tabel periodik, Anda perlu mengetahui nama elemen, simbol, nomor atom dan kadang-kadang berat atom. Ini semua ada di dalam kotak elemenTabel Periodik.

Ketahui unsur-unsur yang dilambangkan dengan 3 huruf. Anda mungkin tidak perlu mempelajari ini. Seluruh unsur yang dilambangkan dengan tiga huruf merupakan unsur radioaktif kadar tinggi dan baru saja ditemukan (diciptakan). Oleh karenanya, masih ada kemungkinan lambang-lambang ini akan berubah. Para ahli kimia juga jarang menggunakan lambang-lambang ini, mereka biasa menyebutnya dengan istilah “Unsur 113”.

Berikut adalah daftar lengkapnya:

  • Ununtrium Uut 113
  • Ununpentium Uup 115
  • Ununoktium Uuo 118

2. Pelajari beberapa elemen dalam sehari.

Mulailah dengan sepuluh yang pertama. Setelah Anda menguasai itu, tambahkan sepuluh lagi. Teruslah meninjau elemen lama bahkan saat Anda mempelajari yang baru.
Tes kemampuan menghafal Anda dengan menyebutkan unsur-unsur manakah yang bersifat logam dan non-logam, lalu masuk ke dalam kelompok apakah unsur-unsur tersebut, misalnya kelompok gas mulia atau kelompok logam alkali.

3. Cetaklah / print salinan tabel periodik.

Ke mana pun Anda pergi, dia akan pergi dengan Anda. Dianjurkan untuk mencetak lebih dari satu salinan. Simpan satu di meja, satu di ransel atau dompet Anda dan satu tempat lain yang mungkin Anda kunjungi.
Anda juga bisa menggunakan versi digital di ponsel atau tablet, namun ini mungkin lebih sulit digunakan saat sekolah atau pekerjaan.

4. Hubungkan lambang unsur dengan hal lain yang bersifat umum dan kata-kata unik.

Anda dapat mengingat-ingat slogan, cerita, atau fakta yang berhubungan dengan unsur-unsur tertentu. Misalnya, lambang untuk unsur perak adalah Ag yang berasal dari kata Argentina. Alkisah, ketika pertama kali mendarat di Argentina, penjajah Spanyol mengira negara itu kaya akan perak. Mengingat cerita ini akan mempermudah proses menghafal Anda.
Terkadang, Anda perlu menciptakan istilah-istilah lucu untuk membantu kegiatan menghafal. Contohnya, Anda bisa saja menciptakan kalimat, “HEI KAU! Kembalikan EMASKU!” untuk menghafal lambang unsur emas, yaitu Au (diambil dari kata KAU dalam kalimat).
Aktinida = Tahu Pak Urip Nampak Pucat Amat Campuran bumbunya, Bikin Chef Esa Femmy Mendadak Nolak Lamarannya (Th-Pa-U-Np-Am-Cm-Bk-Cf-Es-Fm-Md-No-Lr).
Lantanida = Cewek Prancis Ndeso Pamer Simpanan Euro yang Ga dia Tabung, apa Daya, dia Hobi aErobik diTeMani Ybu Lurah (Ce-Pr-Nd-Pm-Sm-Eu-Gd-Tb-Dy-Ho-Er-Tm-Yb-Lu).

5. Kuis diri Anda selama istirahat dan waktu luang.

Cobalah menghafal / belajar, walaupun Anda punya waktu beberapa menit saja. Ini mungkin di bus, saat makan siang, atau saat Anda antri.
Anda bisa:
  • Melirik catatan saat Anda sarapan pagi.
  • Melirik grafik selama jeda iklan di TV.
  • Nyanyikan elemen dalam rangka saat berlari atau berolahraga.
  • Tulislah unsur-unsur sambil menunggu makan malam untuk memasak.

Secara rutin, ingat-ingat kembali unsur-unsur tersebut di dalam kepala Anda. Terus lakukan itu, di mana pun Anda berada.

 

Tabel Periodik Kimia – Lengkap Dengan Daftar Unsur Kimia Berdasarkan Nama, Warna Dan Jenis

Tabel periodik adalah tampilan unsur-unsur kimia dalam bentuk tabel. Unsur-unsur tersebut disusun berdasarkan nomor atom (jumlah proton dalam inti atom), konfigurasi elektron dan keberulangan sifat kimia. Klik disini untuk membaca tabel periodik yang komplit.

 

Tabel periodik unsur kimia

 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Periodic Table of Elements: Los Alamos National Laboratory

 

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-01-11T23:39:08+07:00 Mei 28th, 2016|IPA|0 Comments

Leave A Comment