fbpx

Hari Bank Indonesia 5 Juli – Bank Indonesia dulu disebut De Javasche Bank

Mengapa tanggal 5 Juli diperingati sebagai Hari Bank Indonesia?

Hari Bank Indonesia diperingati setiap tanggal 5 juli.

5 Juli merupakan tanggal yang bersejarah bagi perkembangan bank di Indonesia sebab pada tanggal 5 Juli 1946, berdiri Bank Negara Indonesia. Yang merupakan bank pertama milik negara yang lahir setelah kemerdekaan Indonesia. BNI sempat berfungsi sebagai bank sentral dan bank umum sebagaimana tertuang dalam Perpu No. 2 Tahun 1946, sebelum akhirnya beroperasi sebagai bank komersial sejak tahun 1955.

Oeang Republik Indonesia (ORI) sebagai alat pembayaran resmi pertama yang dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia pada tanggal 30 Oktober 1946 dicetak dan diedarkan oleh Bank Negara Indonesia. Terkait penunjukan De Javache Bank yang merupakan warisan masa pendudukan Belanda sebagai bank sentral, pemerintah kemudian membatasi peran BNI sebagai bank sentral, BNI kemudian ditetapkan sebagai bank pembangunan dan diberikan hak untuk bertindak sebagai bank devisa pada tahun 1950 dengan akses langsung untuk transaksi luar negeri. Pada akhirnya, tanggal 5 Juli sebagai tanggal pendirian Bank Negara Indonesia diperingati sebagai Hari Bank Nasional.

 

Bank Indonesia

Yang disingkat sebagai BI (Bank Indonesia), dulu disebut De Javasche Bank adalah bank sentral Republik Indonesia.

1 Tujuan tunggal, yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai Rupiah (terhadap barang dan jasa, terhadap mata uang negara lain).

 

Sejarah Bank Indonesia

Raja William I dari Belanda diberikan hak untuk menciptakan sebuah bank di Hindia pada tahun 1826 yang diberi nama “De Javasche Bank” atau “The Java Bank”.
Perusahaan ini didirikan pada tanggal 24 Januari 1828 dan kemudian menjadi bank sirkulasi Hindia Belanda. Bank diatur dan mengeluarkan gulden Hindia Belanda.

Pada tahun 1881, sebuah kantor Java Bank dibuka di Amsterdam. Kemudian diikuti pembukaan kantor di New York.
Pada tahun 1930 bank memiliki 16 kantor cabang di Hindia-Belanda: Bandung, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surakarta, Surabaya, Malang, Kediri, Banda Aceh, Medan, Padang, Palembang, Banjarmasin, Pontianak, Makassar, dan Manado.

Bank Jawa dioperasikan sebagai bank swasta dan individu serta industri dll bisa mendapatkan bantuan di kantor-kantor bank.
Bank Indonesia didirikan pada 1 Juli 1953 dari nasionalisasi De Javasche Bank, tiga tahun setelah pengakuan kemerdekaan Indonesia oleh Belanda.

Untuk 15 tahun ke depan, Bank Indonesia dilakukan pada kegiatan komersial serta bertindak sebagai perbankan nasional bangsa dan bertanggung jawab dalam menerbitkan mata uang Rupiah.

 

De Javasche Bank di Batavia (Jakarta). Sekarang adalah museum Bank Indonesia Museum.

 

Peran, Tugas dan Fungsi Bank Indonesia

Untuk membaca lebih lanjut, mohon klik disini.

 

Bank Indonesia - Rupiah

Hari Bank Indonesia diperingitati setiap tanggal 5 Juli

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: BIWikipedia

                    

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-07-01T15:41:38+00:00 Juli 1st, 2018|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment