fbpx

Tips Hari Pertama Sekolah – 21 Tips Untuk Orang Tua dan Anak Agar Siap di Hari Pertamanya

21 Tips Untuk Orang Tua Agar Anak Siap di Hari Pertama Sekolah

Tips hari pertama sekolah dapat membuat anak Anda dan Anda juga untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan dan apa saja yang tidak boleh dilakukan! Tentu saja, ini bukan hanya hari besar bagi anak-anak itu sendiri – dapat juga menjadi hari yang menegangkan.

Hari Pertama Sekolah menjadi kesempatan mendorong interaksi antara orangtua dengan guru di sekolah untuk menjalin komitmen bersama dalam mengawali pendidikan anak Anda!

Hal itu dapat dimengerti, menjadi hal yang sulit bagi orang tua untuk diatasi – jadi kami telah meminta seorang guru sekolah dasar untuk beberapa saran tentang bagaimana Anda dan anak Anda dapat mempersiapkan untuk hari besar.

  1. Kemungkinan besar anak Anda akan sedikit takut, tetapi terlalu ragu dan gugup untuk mengatakannya. Ciptakan sinyal rahasia dengan anak Anda – seperti mencubit jari kelingking mereka, atau meremas tangan mereka tiga kali – yang berarti ‘Aku menyayangimu’. Ini adalah hal yang khusus dan pribadi yang akan meyakinkan Anda saat mereka pergi, sementara juga menghindari rasa malu. Diskusikan jika ada hal-hal yang masih menjadi kekwatiran anak.

  2. Usir ketakutan dan keraguan anak pada hari pertama sekolah, dengan meyakinkan mereka jika sekolah bukanlah tempat yang mengerikan. Jelaskan dan ceritakan hal yang seru terkait kegiatan sekolah atau karakter teman yang akan mereka temui saat berada di sekolah. Ungkapkan keseruan lainnya yang bisa membuat bayangan anak mengenai sekolah berubah menjadi tempat belajar yang menyenangkan.

  3. Jangan memberi anak Anda minuman untuk makan siang, yang mereka tidak dapat membukanya sendiri. Juga, makanan ‘aneh’ atau ‘baru’. Di rumah, coba belajar makan dengan tidak menggunakan kotak makanan (lunch box). Ajarkan dia untuk meletakkan barang-barang tertentu di tempat sampah. Ingatkan anak Anda apa yang harus dimasukkan ke dalam tempat sampah, dan apa yang harus disimpan di kotak makan siang mereka dan yang harus dibawa pulang.

  4. Pastikan bahwa gurunya memiliki setidaknya 2 nomor telpon untuk menghubungi Anda, seandainya terjadi sesuatu. Itu tidak akan terjadi, tetapi berjaga-jaga.

  5. Jika anak Anda menghirup inhaler asma atau obat-obatan tertentu, pastikan guru mengetahuinya dan tempelkan stiker. Jika anak Anda alergi terhadap apa pun, buatlah kartu kecil (dilaminasi plastik, jika mungkin) dan buat daftar alergi tersebut. Guru kemudian dapat menempelkan ini di meja dan memberi tahu rekan mereka tentang tugas, untuk memastikan bahwa semua orang tahu cara merawat anak Anda dengan benar.

  6. Bertemu dan mengobrol dengan setidaknya satu orang tua ‘baru’. Anda akan memiliki banyak hal dan kesamaan selama beberapa tahun ke depan – dan akan sangat penting untuk memiliki seseorang yang menjalani proses yang sama seperti Anda.

  7. Berlatih membantu anak Anda melepas mantelnya, menggantungnya di tempat khusus, dan memakainya lagi. Ini akan sangat membantu guru di ruang kelas yang sempit dan akan membuat anak lebih mandiri pada waktu istirahat.

  8. Ceritakan dan jelaskan pentingnya sekolah sebagai bekal anak dalam menghadapi masa depan.

  9. Jika si kecil punya buku harian sekolah, isi semua detail di depan, seperti alamat dan nomor telepon. Guru akan memiliki perincian ini, tetapi ini bagus untuk layanan lain di sekolah.

    Tips hari pertama sekolah anak

    Tips Hari Pertama Sekolah – 21 Tips Untuk Orang Tua Agar Anak Siap di Hari Pertamanya. Sumber foto dan ilustrasi: Pxhere

  10. Label semuanya. Dan maksudnya, segalanya. Anda tidak ingin membeli baju, buku, alat tulis secara terus menerus… Pilih sampul buku yang anak Anda dapat dengan cepat mengenalnya.

  11. Berikan dukungan dan jelaskan dengan menceritakan hal-hal menyenangkan di sekolah; menemukan teman baru, guru baru serta pelajaran yang menyenangkan. Jika sudah percaya diri, kemudian ajarkan anak mengenai pentingnya bersosialisasi. Anda harus menjelaskan betapa pentingnya mempunyai teman yang banyak saat berada di sekolah. Ajarkan pula mengenai etika yang baik dalam berteman, baik dengan teman sebaya atau teman yang lebih tua. Stimulasi anak dengan membiasakan mengucapkan kata-kata yang sopan agar mereka mampu berkomunikasi dengan baik.

  12. Untuk membuat anak cepat beradaptasi dengan lingkungan sekolahnya, ajak mereka berkunjung ke sekolah sehari sebelum hari pertama sekolah dimulai. Kenalkan anak pada sekolah yang akan menjadi tempatnya menempuh pendidikan. Selain itu, Anda juga bisa buat anak menjadi lebih familiar terhadap lingkungan sekolahnya dengan mengenalkan ruang kelas, kantin, taman bermain atau bangunan lain yang berdiri di sekeliling sekolah.

  13. Tumbuhkan keberanian anak untuk berkenalan dengan teman-teman baru di hari pertama anak sekolah. Jelaskan mengapa harus berkenalan? untuk menemukan teman-teman baru.

  14. Selama beberapa minggu pertama, cobalah untuk memakaikan anak Anda sepatu yang memiliki jepitan Velcro (kretekan). Hindari tali, karena alasannya sudah cukup yang jelas.

  15. Kosongkan tas anak setiap hari – terutama dalam beberapa hari pertama, di mana catatan dan amplop dapat ditujukan untuk Anda.

  16. Jika Anda harus membayar biaya kontribusi ke sekolah, jangan khawatir tentang membayarnya segera, atau bahkan secara penuh. Pada hari pertama sekolah, Anda harus berkonsentrasi pada si kecil, bukan pada uang. Kunjungi kembali pembayaran pada pagi kedua. Jika Anda kesulitan dalam melakukan pembayaran, sebutkan saja kepada guru, jika Anda merasa nyaman untuk melakukannya. Kami tahu betapa sulitnya itu, dan sebagian besar guru tidak akan pernah menempatkan Anda di bawah tekanan tentang pembayaran apa pun.

  17. Si kecil Anda mungkin akan kelelahan setelah hari pertama sekolah mereka, jadi tidur siang setelah sekolah pertamanya bukanlah ide yang buruk sama sekali. Luangkan waktu untuk ini dalam jadwal Anda sendiri dan rencanakan apa yang harus Anda lakukan untuk beberapa minggu kedepan, dll.

  18. Jangan selalu Ibu yang harus mengantar anaknya ke sekolah. Sosok seorang ayah sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan psikologis anak-anak. Dapat juga digantikan dengan pamannya…

  19. Ketika Anda meninggalkan anak Anda, jelaskan kepada mereka bahwa Anda akan kembali untuk menjemputnya, di tempat Anda meninggalkan mereka. Tentu saja, jika bukan Anda yang akan menjemputnya, Anda harus memberi tahu ini kepada mereka dan tentu saja, guru. Jangan khawatir, tangisan air mata benar-benar normal. Mereka tidak kesal dengan Anda, dan Anda bukan orang tua ‘buruk’ untuk pergi.

  20. Untuk mampu bersosialisasi dengan baik, tingkatkan kepercayaan diri anak dengan membiasakan mereka bertemu orang banyak tanpa selalu bergantung orang tuanya. Misalnya saat berada di supermarket, Anda bisa menyuruh anak bertanya pada karyawan mengenai letak produk yang ingin dibeli.

  21. Nikmati pagi hari dan jangan menangis sampai Anda berada di mobil / bus dalam perjalanan pulang. Lebih mudah dikatakan daripada dilakukan! Kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk membantu dan kami tahu bahwa tidak ada yang akan menggantikan cinta dan pengabdian Anda kepada si kecil – kami hanya di sini untuk membantu mereka menuju hal-hal yang baik.

Rasa percaya diri yang terbentuk akan berpengaruh pada sikap sosialisasi yang dimiliki sang anak. Keberanian anak pun akan meningkat dengan sendirinya.
Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

            

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: School Days

          

Pinter Pandai "Bersama-Sama Berbagi Ilmu"
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-08-31T15:54:16+07:00 Agustus 25th, 2018|Lainnya|0 Comments

Leave A Comment