fbpx

5 Cara Terbaik Untuk Memilih Sekolah – Panduan Praktis Untuk Menemukan Sekolah Terbaik Anda

5 Cara Terbaik Untuk Memilih Sekolah

Saat lonceng sekolah mulai berdering untuk memulai tahun ajaran lain, mari kita berhenti sejenak dan berpikir tentang sesuatu yang sering tidak kita refleksikan. Jika Anda ingin mengetahui cara terbaik untuk memilih sekolah, berarti Anda menginginkan masa depan yang lebih baik. Ini merupakan hal yang bagus!

Pendidikan adalah yang tersisa setelah Anda melupakan semua yang Anda pelajari di sekolah.
– Albert Einstein

Kita terus-menerus dikepung oleh teman dan kolega yang ingin tahu bagaimana cara terbaik untuk memilih sekolah, seolah-olah ada beberapa metodologi pendidikan-analis “rahasia” yang harus diketahui. Mari berharap bahwa itu benar! Tetapi meskipun kita tidak memiliki akses ke “saus” rahasia, kita memiliki cukup cara baik cara menendang sekolah, sebagai berikut:

 

1. Sekolah berlebel negeri, swasta atau internasional tidak benar-benar memberi tahu Anda banyak hal

Jadi, jangan coret nama sekolah dari daftar Anda hanya karena publik, swasta atau internasional. Ada sekolah-sekolah yang luar biasa dan jelek di sektor sekolah negeri (pemerintah), swasta dan internasional. Jadi mengandalkan label saja merupakan risiko besar. Demikian juga, Anda harus melakukan lebih dari sekadar melihat skor tes sekolah atau data demografis sekolah terebut.

Sekolah negeri

Adalah sekolah yang dioperasikan/disediakan oleh negara (pemerintah) dengan segala fasilitas gratis, mulai dari kelas hingga guru digaji oleh pemerintah untuk memberikan fasilitas kepada rakyat Indonesia. Di pedesaan, biasanya sekolah negeri begitu banyak diminati karena biaya pendidikan yang relatif terjangkau. Namun pada kenyataan, banyak orang tua memilih sekolah swasta dengan rela mengeluarkan uang SPP yang banyak setiap bulannya hanya untuk mendapatkan fasilitas belajar nyaman baik dari sekolah maupun dari pengajarnya.

Sekolah swasta

Tidak dikelola oleh pemerintah daerah, negara bagian atau nasional. Mereka memperoleh hak untuk menyeleksi siswa dan didanai seluruhnya atau sebagian dengan membebankan biaya sekolah kepada siswa, daripada bergantung pada dana pemerintah, siswa dapat memperoleh beasiswa masuk sekolah swasta yang menjadikan biaya sekolah lebih mudah tergantung bakat siswa, misalnya beasiswa olahraga, beasiswa seni, beasiswa akademik, dll. Sekolah Swasta Di Kelola Dalam Bentuk Yayasan

Sekolah keagamaan dan denominasional membentuk turunan dari sekolah swasta. Sekolah seperti ini mengajarkan pendidikan agama, bersama dengan mata pelajaran akademik untuk memperkuat keyakinan dan tradisi siswa. Sekolah lainnya menggunakan denominasi sebagai label umum untuk menggambarkan sesuatu yang menjadi dasar kepercayaan para pendiri, tetapi masih mempertahankan perbedaan antara akademik dan agama.

Sekolah bertaraf internasional (SBI)

Merupakan sebuah jenjang sekolah nasional di Indonesia dengan standar mutu internasional. Proses belajar mengajar di sekolah ini menekankan pengembangan daya kreasi, inovasi, dan eksperimentasi untuk memacu ide-ide baru yang belum pernah ada.

Pengembangan SBI di Indonesia didasari oleh Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 50 Ayat 3. Dalam ketentuan ini, pemerintah didorong untuk mengembangkan satuan pendidikan yang bertaraf internasional.

Sekolah internasional

Standar internasional yang dituntut dalam SBI adalah Standar Kompetensi Lulusan, Kurikulum, Proses Belajar Mengajar, SDM, Fasilitas, Manajemen, Pembiayaan, dan Penilaian standar internasional Dalam SBI, proses belajar mengajar disampaikan dalam dua bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Sebuah sekolah internasional adalah sekolah yang mempromosikan pendidikan internasional, di lingkungan internasional, baik dengan mengadopsi kurikulum seperti International Baccalaureate, Edexcel atau Cambridge International Examinations, atau dengan mengikuti kurikulum nasional yang berbeda dari sekolah negeri tempat tinggal.

Sekolah-sekolah ini melayani terutama untuk siswa yang bukan warga negara dari negara tuan rumah, seperti anak-anak dari staf bisnis internasional, organisasi internasional, kedutaan asing, misi atau program misionaris. Banyak siswa lokal yang menghadiri sekolah-sekolah ini untuk mempelajari bahasa sekolah internasional dan mendapatkan kualifikasi untuk pekerjaan atau pendidikan tinggi di negara asing.

 

2. Kunjungi sekolah yang Anda minati selama hari sekolah biasa

Mintalah untuk mengamati guru di kelas sehingga Anda bisa merasakan bagaimana orang dewasa memperlakukan anak-anak, orang tua dan satu sama lain. Anda tidak harus menjadi ahli untuk memahami apa yang – atau tidak – terjadi di ruang kelas saat Anda berkunjung.

Jadilah tidak menyolok, berbaur dan semua orang akan melupakan Anda di sana. Apakah siswa dilibatkan oleh guru? Apakah guru memeriksa pemahaman saat dia mengajar? Jika para siswa bekerja dalam kelompok kecil, apakah mereka sedang mengerjakan tugas atau mengobrol tentang Selena Gomez?

Bisakah para guru berbicara dengan Anda setelah kelas tentang kurikulum dan bagaimana mereka membuat keputusan dan menetapkan harapan? Mungkin yang paling mendasar adalah apakah ruang kelas adalah tempat yang ingin Anda habiskan waktu. Selain itu, jangan hanya mengunjungi kelas yang anak Anda masuki; kunjungi juga beberapa orang lain, sehingga Anda benar-benar dapat merasakan tempat tersebut.

 

3. Periksa daftar sekolah Anda sekali lagi, tetapi jangan berlebihan

Buat daftar fitur yang Anda inginkan pada sekolah yang sudah Anda kunjungi. Cara terbaik untuk memilih sekolah tidaklah mudah, berhati-hatilah dan bersabar. Dapatkan informasi lebih banyak tentang sekolah tersebut. Beberapa hal mendasar yang harus dicari di sekolah yang efektif termasuk:

  • Guru dan staf hebat.

  • Kurikulum yang sesuai bersama fasilitas penolongnya.

  • Standar sekolah juga untuk memastikan siswa bersekolah pada tingkat akademik yang sesuai.

 

4. Tantangan ke depan

Beberapa sekolah menawarkan studi yang lebih luas dari yang lain. Jika penting bagi anak Anda untuk belajar bahasa kedua di kelas primernya, pilih sekolah yang memasukkan bahasa asing sebagai bagian inti dari kurikulum.

Jika Anda ingin mendapatkan latar belakang dalam seni atau mendapatkan pendidikan dengan pandangan agama, carilah sekolah yang menawarkan komponen-komponen tersebut.

 

5. Ikuti naluri hati Anda

Pada akhirnya, Anda harus memilih sebuah sekolah. Terkadang Anda tidak memiliki banyak pilihan. Tetapi, selalu perhatikan setelah informasi dikumpulkan dan dinilai, intinya adalah memilih sekolah yang Anda dan anak Anda rasakan tentang kehadirannya.

Dalam beberapa kasus, ini mengikuti langsung ke data; dalam kasus lain, Anda mungkin hanya mendapatkan perasaan yang baik tentang staf, guru atau fitur lainnya. Sekolah yang Anda pilih akan membuat perbedaan dalam masa depan akademik Anda, jadi luangkan waktu untuk meneliti pilihan Anda dan kemudian pilih sekolah yang paling rasakan baik bagi Anda.

 

 

Yang terpenting dari cara terbaik untuk memilih sekolah?

Dapatkan gambaran yang jelas tentang minat, kemampuan dan kelemahan Anda. Kemudian berkembangla dari sana!

Pertimbangkan kekuatan akademis, serta kemampuan Anda dalam bidang olahraga, seni dan bidang ekstrakurikuler lainnya?

Pikirkan apa yang Anda sukai dan tidak sukai tentang sekolah, kekuatan dan kebutuhan Anda sendiri dan apa yang Anda inginkan dari sekolah tersebut?

 

Cara terbaik untuk memilih sekolah

5 Cara terbaik untuk memilih sekolah. Iustrasi dan sumber foto: Pixabay

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-06-21T14:59:31+00:00 Juni 21st, 2018|Tak Berkategori|1 Comment

One Comment

  1. Ade 24/06/2018 at 5:05 pm - Reply

    Ok gan, terima kasih atas koreksinya 🙂

Leave A Comment