PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Penduduk Asli Amerika | Warisan Budaya, Adat Istiadat

7 min read

Penduduk asli Amerika di Amerika Utara

Warisan Budaya Penduduk Asli Amerika (Native American)

Tahukah Anda bahwa ada 567 negara penduduk asli Amerika yang berdaulat di Amerika Serikat? Disebut dalam bahasa Inggris sebagai suku, bangsa, klan, pueblos, komunitas atau desa, 230 di antaranya berada di Alaska dan sisanya tersebar di 35 negara bagian, mewakili populasi sekitar 2 juta orang di seluruh negeri.

Suku Indian (juga disebut Native Americans, American Indians, atau Amerindian) adalah pemukim pertama Amerika Utara datang dari Asia lebih dari 20 000 tahun lalu.

Warisan penduduk asli Amerika sangat kaya, saat ini budaya penduduk asli Amerika hidup dan berkembang di kota, komunitas pedesaan, komunitas suku, dan negara di seluruh dunia. Mari cari tahu Warisan Penduduk Asli Amerika melalui tradisi, bahasa, dan kisah penduduk asli mereka dan pastikan sejarah dan kontribusi mereka yang kaya dapat terus hidup bersama setiap generasi yang lewat.

Upacara pembersihan penduduk asli Amerika (Smudging)

Pemurnian spiritual dengan asap (dikenal sebagai “smudging” dalam bahasa Inggris) adalah upacara budaya yang dilakukan oleh masyarakat adat yang berbeda di bagian dunia lain. Meskipun praktiknya berbeda, penyucian atau pemurnian rohani dengan asap SMUDGING budaya penduduk Asli Amerika masih digunakan untuk tujuan pengobatan dan praktis, serta sebagai bagian dari upacara spiritual. Penyucian biasanya terdiri dari doa disertai dengan pembakaran tanaman yang dianggap suci, seperti rumput manis, cedar, daun sage dan tembakau. Terlepas dari penindasan tradisi semacam itu selama masa penjajahan, pemurnian itu bertahan hingga hari ini.

Ritual penduduk asli Amerika

Penduduk Asli Amerika dan spiritualnya, termasuk mitos penciptaan, peran atau makhluk gaib dalam cerita rakyat, tradisi lisan, sejarah dan legenda. Selain itu, cara hidup dan ritual tradisional sering dikaitkan dengan agama dan spiritualitas.

Kegiatan ritual Native America seperti berburu, keanggotaan klan dan aspek kehidupan sehari-hari lainnya sering dikaitkan dengan interpretasi spiritual. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan tema dan praktik serupa, tetapi tidak boleh dianggap sebagai artikel lengkap.

Kepercayaan penduduk asli Amerika

Kisah mereka akan dimulai sekitar 40.000 tahun sebelum kedatangan Christopher Columbus di Benua Amerika. Saat itulah Native America yang datang dari Asia, mereka akan menetap di benua Amerika. Sebuah jembatan es kemudian menghubungkan Siberia ke Alaska.

Saat mengejar kawanan mamut, kelompok pemburu nomaden tanpa sadar berpindah dari Asia ke Amerika. Selama ribuan tahun, orang India menetap di mana-mana dari Utara ke Selatan. Kepercayaan penduduk asli Amerika sangatlah kaya, dari perayaan keagamaan, penghormatan, komunikasi, ritus, tarian dan masih banyak lagi…

Budaya penduduk asli amerika

Budaya penduduk asli Amerika sangat bervariasi. Bahasa, pakaian, dan adat istiadat sangat bervariasi dari satu budaya ke budaya lain. Ini karena distribusi orang Amerika yang luas dan adaptasi ke berbagai wilayah Amerika. Misalnya, karena wilayah semi-gurun, Chichimecas dari Aridoamérica tidak pernah membentuk peradaban seperti Mesoamerika, tetangganya di selatan.

Akibatnya, Chichimeca membentuk budaya berdasarkan praktik nomadisme. Meskipun budaya penduduk asli Amerika seperti Aztec dan Inca membentuk peradaban yang luas dan kaya, pakaian keduanya sangat bergantung pada iklim tanah mereka. Di Mesoamerika, di mana iklimnya lebih hangat, mereka biasanya mengenakan pakaian yang lebih sedikit daripada penduduk Andes. Namun, ada beberapa karakteristik budaya yang dipraktikkan oleh sebagian besar penduduk asli Amerika.

Simbol budaya orang asli Amerika

Native American Symbols atau simbol Penduduk Asli Amerika memberi orang-orang cerita yang menyenangkan dan menarik tentang kehidupan, semangat, dan tentu saja alam. Native American sangat dekat atau selaras dengan alam, dan semangat sangat penting bagi mereka.

Native American suka mengekspresikan ide melalui simbol, terkadang mereka melukis simbol pada karya seni mereka, dan terkadang mereka melukis simbol pada diri mereka sendiri, seperti tato.

Penduduk asli Amerika melihat dunia dengan cara yang berbeda dari kebanyakan orang lain, mereka percaya bahwa segala sesuatu dan setiap orang memiliki roh, fakta ini membuat penduduk asli Amerika berbeda dari suku atau orang lain.

Penggunaan simbol dalam suku asli Amerika berbeda dari satu suku ke suku lainnya. Namun kami akan melakukan yang terbaik untuk menunjukkan kepada Anda simbol-simbol Native American yang paling penting dan kami juga akan memberikan artinya kepada Anda.

Ritual kelahiran penduduk asli Amerika

Penduduk asli Amerika di Amerika Utara

Indian Amerika Utara adalah istilah umum yang digunakan di banyak negara untuk masyarakat adat di benua Amerika Utara yang menetap di selatan masyarakat Eskimo di Kutub Utara. Ini adalah sejumlah besar kelompok etnis yang beragam secara budaya, keragaman yang dibuktikan dengan banyaknya ratusan bahasa asli Amerika. Hanya ada pembicaraan tentang identitas etnis lintas suku (tambahan) “India” paling cepat sejak akhir abad ke-19 – karena pengalaman serupa dalam berurusan dengan para penyusup.

Penduduk asli Amerika di Amerika Utara
Penduduk asli Amerika di Amerika Utara:
Eskimo dari Labrador
Wanita Eskimo dari Greenland
Apache
Navaho
Wanita Koskimo, Vancouver
Cheyenne
Mandan
Ute
kaki hitam
Kepala Moki Wanita
Nez Perce
Wanita Wichita
Sumber foto: Scanned by User:LA2 in October 2005 / Wikimedia Commons

Penduduk asli Amerika di Amerika Selatan

Masyarakat adat Amerika Selatan dibagi menjadi masyarakat dataran rendah dan masyarakat Andes. Nama-nama (Amerika Selatan) Indian atau Indios untuk semua bangsa ini tersebar luas, tetapi dapat dianggap menyinggung oleh orang-orang dengan nama seperti itu. Penduduk asli Amerika Selatan sering dibagi menjadi keluarga bahasa, seperti Quechua, Aymara, Tupi atau Mapuche, tetapi anggota keluarga bahasa ini tidak selalu melihat diri mereka sebagai milik bersama.

Penduduk asli Amerika di Amerika Selatan
Penduduk asli Amerika di Amerika Selatan. Sumber foto: Scanned by User:LA2 in October 2005 / Wikimedia Commons

Budaya asli Amerika Selatan sangat beragam, antara lain karena perbedaan besar dalam iklim dan lanskap – dan dengan demikian realitas kehidupan – di wilayah geografis yang membentang dari pantai Karibia ke Tierra del Fuego dan dari dataran tinggi Andes ke mulut Amazon.

Kawasan budayaHabitat dan persamaannyaContoh Suku dan Bangsa
Sekitar KaribiaSabana tropis, basah dan hutan hujan: sebagian besar pertanian menetap (jagung, kacang-kacangan, labu, singkong, kentang); sering kepala suku , pengaruh dari budaya tinggi Amerika Selatan dan Tengah, heterogen, berjuang untuk prestise.Kuna, Emberá, Paez, Achagua, Chibcha, Ika, (Guahibo)
Andes TengahStepa dataran tinggi Andes: rotasi tanaman menetap – pertanian dan teras irigasi (kentang, serta berbagai macam tanaman), pembiakan llama; negara-negara teokratis, tradisi Inca, struktur desa Ayllu, Pachamama, Spanyol-ind.Quechua , Aymara , Kolla , Huanca , Atacameño
PatagoniaLanskap terbuka yang kering dan sedang serta hutan gugur dan hutan konifer beriklim sedang di Andes: pertanian semi-sedenter (jagung, kacang-kacangan, kentang), pengumpulan (buah araucaria) dan perburuan (guanaco dan rhea, mamalia laut), kemudian pembiakan ternak (llama, sapi , kuda); gerombolan egaliter, mantan prajurit kavaleri Amerika Selatan, Bola.Mapuche, Picunche, Huilliche, Tehuelche, Puelche, (Het)
ChacoHutan kering tropis dan sabana berduri: pengumpul buah semi menetap, kemudian menjadi prajurit berkuda, memancing, sedikit perladangan berpindah; kelompok egaliter atau masyarakat kesukuan.Wichí, Guaycurú, Toba, Chiriguano, Ayoreo, Terena
Llanos“Kelompok-kelompok marjinal” yang tidak konsisten di daerah-daerah terpencil, pemburu dan pengumpul nomaden atau semi-nomaden hingga awal abad ke-20, jarang pertanian atau hortikultura yang belum sempurna; gerombolan egaliter.Moist savannahs and monsoon forests: Wayapopihíwi, Otomaken, Achagua
Paranásubtropical wet forests and dry steppes: Mbyá, Bororo, Kaingang, Aché
Fire landtemperate coastal rainforests and Magellan tundra: Selk’nam, Yámana, Chonos, Qawasqar
Andes tepi timurHutan hujan tropis dataran tinggi: budidaya tebang dan bakar (jagung, singkong, berbagai jenis) dan perburuan; gerombolan egaliter, pengaruh atau permusuhan Inca.Shuar, Huaorani, Shipibo, Asháninka, Machiguenga,
GuyanaLanskap tropis campuran kering dan lembab: pertanian semi menetap (singkong), berburu, memancing; Pemimpin, pengaruh dari dua budaya tinggi.Caribs, Arawak, Waiwai, Ye’kuana, Yanomami, Waimiri
AmazoniaHutan hujan tropis dataran rendah: sebagian besar hortikultura semi-menetap (pepaya, jambu biji, alpukat), perladangan berpindah (singkong), perburuan, penangkapan ikan dan perdagangan; kebanyakan kepala suku, sering konflik dengan kelompok tetangga, kesatuan alam/budaya , intens. Kehidupan seremonial.Ticuna, Munduruku, Cinta Larga, (Nambikwara), (Maku)
Brasil TimurSabana tropis: pertanian tebang-dan-bakar (singkong), mengumpulkan, berburu dan memancing; Masyarakat suku, agama dialektis.Xavante, Kayapó, Botokuden, Xerente, Xingu, (Tupi, Guaraní)

Penduduk asli Amerika yang terkenal

Penduduk asli Amerika yang terkenal
Penduduk asli Amerika yang terkenal: 1) Phillip Martin, seorang Choctaw 2) Dia Molnar, seorang Navajo 3) Harvey Pratt, seorang Cheyenne 4) Jamie Oxendine, seorang Lumbee 5) Joe Shirley, seorang Navajo 6) Lori Piestewa, seorang Hopi 7) Robbie Robertson, seorang Mohawk 8) Mary Titla, seorang Apache 9) John Herrington, seorang Chickasaw.
Sumber foto: Robfergusonjr / Wikimedia Commons

Penduduk Asli Amerika yang Terkenal:

1) Phillip Martin, seorang Choctaw

Seorang pemimpin politik Native American, Kepala Suku Indian Choctaw Mississippi yang terpilih secara demokratis. Suku Indian Amerika yang diakui secara federal ini memiliki 8.300 anggota terdaftar yang tinggal di atau dekat 30.000 acre (120 km²) tanah reservasi di timur tengah Mississippi. Martin memiliki catatan 40 tahun pelayanan kepada pemerintah Suku, termasuk 32 tahun sebagai pejabat terpilih utama Suku. Chief Martin meninggalkan kantor pada 2007 setelah pemilihan Miko Beasley Denson.

2) Dia Molnar, seorang Navajo

Seorang wanita Navajo, menceritakan sejarah bangsa Navajo di acara penceritaan penduduk asli Amerika 15 November 2008 di Offutt Air Force Base Operator. Molnar mengenakan pakaian tradisional Navajo yang dibuat oleh bibinya dan perhiasan tradisional yang dibuat oleh anggota Navajo lainnya.

3) Harvey Pratt, seorang Cheyenne

Adalah seorang forensik Amerika dan seniman Native American, yang telah bekerja selama lebih dari empat puluh tahun dalam penegakan hukum, menyelesaikan ribuan desain komposit dan ratusan rekonstruksi jaringan lunak postmortem.

4) Jamie Oxendine, seorang Lumbee

Native American dari Suku Lumbee di Carolina Utara, Penulis, Pendidik, Sejarawan, dan Pembicara. Dia telah menjadi Profesor Ajun Kajian Penduduk Asli Amerika di Bowling Green State University, Ohio State University, University of Toledo, Lourdes University, dan menjabat sebagai Native American Liaison & Education Consultant untuk Ohio University. Dia telah bertugas di Dewan Pengawas untuk Dewan Kemanusiaan Ohio, Dewan Pengawas untuk Komisi Pelestarian Medan Perang Fallen Timbers dan Gubernur yang Ditunjuk untuk Dewan Pelestarian Situs Bersejarah Ohio. Dia juga duduk di Panel Hibah ACCESS dengan National Endowment For The Humanities.

5) Joe Shirley, seorang Navajo

Adalah politisi Navajo yang merupakan satu-satunya Presiden Bangsa Navajo selama dua periode. Dia menjabat sebagai presiden dari 2003 hingga 2011. Dia tinggal di Chinle, Arizona, dan merupakan Tódích’íi’nii, lahir dari Tábaahá.

6) Lori Piestewa, seorang Hopi

Dia adalah seorang prajurit Angkatan Darat Amerika Serikat yang terbunuh selama Perang Irak. Seorang anggota Korps Quartermaster, dia tewas dalam serangan Irak yang sama di mana sesama tentara Shoshana Johnson dan teman Piestewa Jessica Lynch terluka. Seorang anggota suku Hopi, Piestewa adalah wanita asli Amerika pertama yang tewas dalam pertempuran saat bertugas di militer AS dan wanita pertama di militer AS yang tewas dalam Perang Irak. Puncak Piestewa Arizona dinamai untuk menghormatinya.

7) Robbie Robertson, seorang Mohawk

Adalah gitaris, penyanyi dan komposer Kanada, terkenal karena keanggotaannya di The Band. Dia termasuk di tempat ke-59 dalam daftar 100 Gitaris Terbaik Rolling Stone.

8) Mary Titla, seorang Apache

Penerbit Amerika, advokat pemuda Amerika Asli, jurnalis, mantan reporter TV (terutama untuk KVOA di Tucson, di mana pada tahun 1987 ia menjadi jurnalis televisi penduduk asli Amerika pertama di Arizona, dan kemudian KPNX di Phoenix), dan merupakan kandidat 2008 untuk Arizona’s First Distrik Kongres. Titla adalah seorang demokrat moderat yang digambarkan sendiri. Sebagai seorang pendidik, visi pribadinya adalah “Setiap orang yang terlibat dalam pendidikan anak harus melangkah lebih jauh untuk memastikan setiap siswa menerima pendidikan kelas dunia di lingkungan yang aman.” Dia adalah anggota terdaftar dari Suku Apache San Carlos.

9) John Herrington, seorang Chickasaw

Pada April 1996 ia dipilih sebagai astronot oleh NASA dan selama dua tahun mengikuti pelatihan di Johnson Space Center setelah itu ia memenuhi syarat sebagai spesialis misi. Dia menerbangkan Pesawat Ulang-alik dalam misi STS-113 yang berangkat pada 24 November 2002 dan menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional di mana Herrington melakukan tiga kali perjalanan luar angkasa dengan total 19 jam dan 55 menit. Dia kembali ke Bumi pada 7 Desember 2002. Dia adalah penduduk asli Amerika pertama yang terbang ke luar angkasa.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Cleverly Smart, Reader’s Digest, Medium, Britannica

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!