fbpx

Hewan Mati Suri! Tidur sepanjang musim dingin adalah “hibernation” hibernasi, tidur sepanjang musim panas “estivation” estivasi

Mati Suri!

Hewan yang tidur sepanjang musim dingin adalah “hibernation” hibernasi, tidur sepanjang musim panas “estivation” estivasi.

Hibernasi dan estivasi disebabkan oleh kondisi lingkungan yang berbeda; persediaan makanan yang rendah memicu hibernasi, sementara panas dan kering cuaca memicu estivasi. Kedua kondisi tersebut memicu perubahan fisik yang sama pada hewan yang disebut torpor.


Torpor Adalah

Torpor adalah kemampuan beberapa hewan untuk menurunkan suhu tubuh, menurunkan tingkat metabolisme dan menurunkan detak jantung. Hewan mengalami torpor saat kondisi lingkungan tidak menguntungkan dan ketersediaan makanan menipis. Hewan melakukan hal itu agar dapat bertahan hidup dengan sumber daya yang sangat minim.

Keduanya, hibernasi dan estivasi; menurunkan suhu tubuh hewan dan tingkat metabolisme. Tingkat ini mengurangi metabolisme memungkinkan hewan untuk bertahan hidup untuk waktu yang lama tanpa makanan. Banyak spesies burung menjalani proses serupa yang disebut mati suri.


Hibernasi

Hibernasi selalu merupakan reaksi kepada pasokan makanan yang terbatas, namun estivasi dapat terjadi sebagai respons terhadap ketersediaan baik menurunkan makanan atau kondisi yang terlalu panas dan kering untuk hewan dapat bertahan hidup.


Estivasi

Hewan liang akan masuk ke dalam tanah untuk mendinginkan tubuh dan melakukan estivasi.
Hibernasi dikaitkan dengan suhu dingin karena makanan yang langka di daerah beriklim dingin selama musim dingin, contohnya beruang kutub, wood frog (katak kayu), bekicot, tupai dll.


Metabolisme Hewan Torpor

Burung yang ber-torpor atau “mati suri” melakukannya setiap malam selama cuaca dingin.
Sepanjang malam, tingkat metabolisme dan suhu tubuh burung turun seperti yang mereka lakukan dalam hewan yang berhibernasi. Hal ini akan mengurangi semalaman jumlah kalori yang dibakar oleh burung.


Burung Kolibri

Hummingbird / kolibri, adalah contoh burung yang unik. Burung tersebut ber-estivasi di iklim hangat karena tingkat metabolisme yang sangat tinggi. Dan suhu tubuh burung terebut dapat turun hingga 50 persen.

Sumber: ReferenceInfo Pendidikan & Biologi


Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

    
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-05-02T10:25:12+07:00 Januari 21st, 2017|IPA|0 Comments

Leave A Comment