Ini Terjadi 22 Desember 1895 – Sinar X Ray (Ronsen) – Penjelasan, Penggunaan Medis, Risiko, Nobel Fisika

22 Desember 1895

Sinar X ray yang digunakan untuk pertama kalinya pada tanggal 22 Desember 1895. Sementara melakukan penelitian pada sinar katoda, fisikawan Jerman; Wilhelm Röntgen membawa sebuah X-ray di sisi istrinya.
 

Pengunaan Medis Sinar X Ray Masakini

  • Radiografi

    Adalah gambar X-ray yang diperoleh dengan menempatkan bagian dari pasien di depan detektor X-ray dan kemudian menerangi itu dengan tekanan singkat X-ray. Dalam radiografi, sinar ini digunakan untuk melihat kondisi tulang, gigi serta organ tubuh yang lain tanpa melakukun pembedahan langsung pada tubuh pasien. Biasanya, masyarakat awam menyebutnya dengan sebutan ‘’FOTO RONTGEN’’.

  • Computed tomography (CT Scan)

    Modalitas foto medis di mana gambar tomografi atau irisan daerah tertentu dari tubuh diperoleh dari serangkaian besar dua dimensi gambar X-ray diambil dalam arah yang berbeda.

  • Fluoroskopi 

    Teknik foto medis yang biasa digunakan oleh dokter atau terapis radiasi untuk mendapatkan real-time / gambar instan yang bergerak dari struktur internal pasien melalui penggunaan fluoroskop.

    • Sinar-X digunakan untuk mengambil gambar foto yang dikenal sebagai radiograf. Sinar ini dapat menembusi badan manusia tetapi diserap oleh bahagian yang lebih tumpat seperti tulang. Gambar foto sinar-X digunakan untuk mengesan kecacatan tulang, mengesan tulang yang patah dan menyiasat keadaan organ-organ dalam badan.
  • Radioterapi

Penggunaannya sebagai pengobatan dikenal sebagai terapi radiasi dan sebagian besar digunakan untuk manajemen (termasuk paliatif) kanker; membutuhkan dosis radiasi yang lebih tinggi daripada yang diterima untuk foto medis saja. Baca juga 👉 Jenis Kanker
 

Pengunaan Sinar X Ray Lainnya

  • Dalam bidang penelitian ilmiah

    Digunakan untuk menyelidik struktur hablur dan jarak pemisahan antara atom-atom dalam suatu bahan hablur. Dalam bidang perindustrian, penggunannya untuk memeriksa retakan dalam struktur plastik dan getah.

  • Dalam bidang penerbangan

    Digunakan untuk mengetahui instrument pesawat yang mengalami kerusakan. Hasil dari penggunaannya dapat memudahkan teknisi pesawat untuk melakukan perawatan terhadap instrument pesawat yang mengalami kerusakan.

 

Detektor sinar X ray

Detektor sinar-X adalah alat yang digunakan untuk mengukur fluks, distribusi spasial, spektrum, dan / atau properti sinar-X lainnya.

Detektor dapat dibagi menjadi 2 kategori utama:

1. Detektor pencitraan (seperti pelat foto dan film sinar-X (film fotografi), sekarang sebagian besar digantikan oleh berbagai perangkat digital seperti pelat gambar atau detektor panel datar)

2. Perangkat pengukuran dosis (seperti ruang ionisasi, Penghitung geiger, dan dosimeter yang digunakan untuk mengukur paparan radiasi lokal, dosis, dan / atau laju dosis, misalnya, untuk memverifikasi bahwa peralatan dan prosedur proteksi radiasi efektif secara berkelanjutan).
 

Nobel Fisika Sinar X ray

Sebuah penemuan yang membuatnya mendapatkan 6 tahun kemudian, Hadiah Nobel dalam fisika.

Dibawah ini adalah hasil sinar-X (ronsen) istrinya yang kemungkinan besar memakai cincin pada saat di ronsen.

Sinar x

Sumber foto: Wikimedia
 

Foto Akibat Luka Bakar Sinar X Ray

Sinar X ray

Foto diatas adalah kelainan bentuk tangan akibat luka bakar X-ray. Luka bakar ini akibat kecelakaan dari sinar-X yang tidak terlindung ketika mereka pertama kali ditemukan dan digunakan, dan orang-orang menerima luka bakar radiasi.
 

Bacaan Lainnya

 

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 
Sumber bacaan: Medline Plus
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2020-01-29T21:58:37+07:00 Desember 22nd, 2016|Fisika, Geografi & Sejarah, IPA, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment