Evolusi Hewan Invertebrata dan Vertebrata

Hewan Adalah

Hewan / binatang adalah kelompok organisme yang diklasifikasikan dalam kerajaan Animalia / metazoa, adalah salah satu dari berbagai makhluk hidup di bumi. Sebutan lainnya adalah fauna dan margasatwa (atau satwa saja). Artikel ini akan membahas tentang “Invertebrata dan Vertebrata.

 

Invertebrata Atau Avertebrata

Adalah sebuah hewan yang tidak memiliki tulang belakang.

Istilah ini diungkapkan oleh Chevalier de Lamarck untuk menunjuk  Invertebrata mencakup semua hewan kecuali pada hewan vertabrata (pisces, reptil, mfibia, aves dan mamalia).

Contoh invertebrata adalah serangga, ubur-ubur, hydra, cumi-cumi, dan cacing. Invertebrata mencakup sekitar 97% dari seluruh anggota kingdom Animalia.

 

Vertebrata

Vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang yang tersusun dari vertebra (tulang punggung)

Contoh: amfibia, reptil, burung, serta hewan menyusui. Kecuali jenis-jenis ikan, vertebrata diketahui memiliki dua pasang tungkai.

 

Invertebrata dan Vertebrata

 

Evolusi Invertebrata dan Vertebrata

Dari evolusi invertebrata dapat diketahui bahwa evolusi vertebrata berasal dari nenek moyang berupa Echinodermata (kulit berduri). Echinodermata akan berkembang menjadi Echinodermata modern yang ada sekarang ini, misalnya bintang laut, bulu babi.

Sebagai organisme multiseluler, invertebrata mewakili beberapa langkah di sepanjang jalan menuju kompleksitas organisasi yang membuat kebanyakan organisme seperti sekarang ini.

Kehidupan pertama berevolusi dalam bentuk sel tunggal dalam air. Invertebrata adalah beberapa contoh awal organisme multiselular yang berevolusi dalam air. Invertebrata mengatur jalan bagi evolusi organisme lain saat transformasi sederhana mulai terjadi. Perubahan sederhana ini menyebabkan makhluk kompleks berbentuk vertebrata.

 

Evolusi Dari Kehidupan Di Laut Ke Darat

Sel-sel diduga berkembang berkembang di laut, menurunkan jenis-jenis hewan dan tumbuhan air yang hidup dan berkembang biak di dalam air. Karena adanya kompetisi, organisme itu ada yang mencoba hidup ke darat. Setelah hidup di darat terjadi kompetisi dalam memperebutkan makanan dan tempat hidup. Beberapa spesies diduga berusaha kembali ke air. Dalam upaya kembali ke air itu ada yang behasil, ada pula yang tidak berhasil. Contohnya yang berhasil adalah lumba-lumba, paus, yang sepenuhnya hidup di air. Sedangkan yang tidak berhasil misalkan buaya.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: WikipediaDiffenThoughtCoPhys

 

                    

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2017-11-20T19:14:19+07:00 Agustus 6th, 2015|IPA|0 Comments

Leave A Comment