fbpx

IPA – Percaya atau Tidak?? Ikan “Chalk Bass” – Serranus tortugarum – Bisa ganti kelamin 20X sehari

Ikan Chalk Bass Bisa Ganti Kelamin 20X Sehari – Percaya atau Tidak?

Ikan “Chalk Bass” (Serranus tortugarum) berasal dari Karibia, monogami & hermafroditisme tidak semua yang lazim dalam kerajaan hewan/ikan, tetapi menempatkan kedua sifat ini bersama-sama & dapat mengubah jenis kelamin yang kurang lebih dari 20 kali per hari. Ikan Chalk Bass bisa ganti kelamin 20 kali sehari!

Menurut National Geographic, ikan “Chalk Bass” menggunakan teknik reproduksi yang dikenal sebagai “perdagangan telur” di mana mereka membagi “clutch” telur sehari-hari mereka menjadi kelompok-kelompok kecil. Maka peran seks alternatif dalam pertarungan pemijahan berulang untuk memastikan bahwa mereka dapat membuahi telur sebanyak yang mereka buat. Beralih peran mendorong balasan dan kesetiaan dari pasangan mereka, kata studi tersebut.

Ikan tersebut menunjukkan komitmen yang luar biasa untuk berbagai peran seks mereka, penjelasan dari Mary Hart, seorang ahli evolusi ekologi di University of Florida & penulis utama studi tersebut.

Hart menemukan bahwa individu jarang akan menghasilkan lebih dari 2 paket telur berturut-turut sebelum beralih peran untuk memastikan balasan dari pasangan mereka. Perhatian ini untuk timbal balik membantu untuk mempertahankan kerjasama antara mitra dan mengurangi godaan dari kecurangan.

 

Ikan ganti kelamin IPA

Ikan Serranus tortugarum di Smithsonian Tropical Research di Panama. Ikan ini mampu memproduksi gamet jantan dan betina (sperma dan telur) secara bersamaan. (Mary Hart via National Geographic).

 

Hermafrodit Simultan

Kebanyakan hermafrodit berganti dari satu jenis kelamin ke lainnya pada tahap tertentu dalam perkembangan mereka, strategi ini dikenal sebagai hermafrodit berurutan. Transformasi biasanya terjadi karena adanya pemicu sosial atau perilaku, seperti hilangnya pejantan dominan dari kelompok. Sementara, S. tortugarum mampu memproduksi gamet jantan dan betina (sperma dan telur) secara bersamaan (simultan).

Meski hermafrodit simultan bukan suatu hal yang unik di kalangan spesies tersebut, kondisi tersebut jarang ditemukan, terutama karena ikan tersebut tidak bisa melakukan pembuahan sendiri. Frekuensi pergantian jenis kelamin pada spesies itu juga sangat tidak umum. Hart mengatakan bahwa alasan mengapa mereka berganti kelamin sebanyak itu masih merupakan misteri.
Hipotesis sementara, bentuk timbal balik antar pasangan spesies ini memberikan lebih banyak keuntungan reproduksi. Pergantian kelamin menawarkan masing-masing ikan untuk ‘menanam investasi’ dengan membuahi telur-telur pasangan mereka. Berperan sebagai jantan dan betina, meningkatkan kesempatan untuk mewariskan gen mereka pada generasi selanjutnya.

“Diperkirakan sekitar 2% spesies ikan merupakan hermafroditik, tetapi hermafrodit simultan sangat jarang dan terbatas pada beberapa subfamili, kata Eric Fischer, ahli ekologi evolusioner di Congressional Research Service. Ditambah lagi, banyak spesies hermafrodit simultan merupakan ikan laut dalam dan sulit diteliti.

Ini merupakan studi pertama yang meneliti tentang kebiasaan kawin ikan S. tortugarum dan spesies hermafrodit simultan. Penelitian ini memberikan bukti yang menguatkan teori lama tentang kerjasama seksual di antara ikan.

 

Hermafrodit Adalah

Hermafrodit secara biologis adalah individu yang memiliki 2 alat/organ kelamin yaitu jantan dan betina yang berfungsi penuh. Hermafrodit bukan merupakan mitologi dan tidak hanya terjadi pada hewan dan tumbuhan, tetapi juga pada manusia. Perlu diketahui bahwa hermafrodit tidak sama dengan interseks. Pada manusia yang interseks, kedua organ tidak dapat sepenuhnya berfungsi

 

Tes Matematika

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “ohh begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sources: National Geographic, Red Orbit

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-01-20T04:11:03+07:00 Juli 14th, 2016|IPA|0 Comments

Leave A Comment