fbpx

Itr­ium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Y dan nomor atom 39 (Yttrium)

Itr­ium

Itr­ium adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Y dan nomor atom 39. Dengan penampilan putih keperakan.

Itrium adalah logam transisi berwarna putih keperakan yang mirip dengan lantanida dan sering diklasifikasikan sebagai “logam tanah jarang”. Itrium hampir selalu ditemukan dalam kombinasi dengan unsur-unsur lantanida dalam mineral langka di bumi, dan tidak pernah ditemukan di alam sebagai unsur bebas. 89Y adalah satu-satunya isotop stabil, dan satu-satunya isotop yang ditemukan di kerak Bumi.

 

Penggunaan yang paling penting dari Itrium

adalah LED dan fosfor, khususnya fosfor merah di televisi menampilkan tabung sinar katoda. Itrium juga digunakan dalam produksi elektroda, elektrolit, filter elektronik, laser, superkonduktor, berbagai aplikasi medis, dan berbagai bahan untuk meningkatkan sifat-sifatnya.

 

Penyebab Biologis dari Itrium

Peran Itrium biologis belum diketahui. Namun, paparan senyawa itrium dapat menyebabkan penyakit paru-paru pada manusia.

Senyawa itrium yang larut dalam air dianggap sedikit beracun, sementara senyawa tidak larutnya tidak beracun.

Dalam percobaan pada hewan, itrium dan senyawanya menyebabkan kerusakan paru dan hati, meskipun toksisitas bervariasi dengan senyawa yttrium yang berbeda. Pada tikus, inhalasi sitrat itrium menyebabkan edema paru dan dyspnea, sementara inhalasi yttrium klorida menyebabkan edema hati, efusi pleura, dan hiperemia pulmonal.

Paparan senyawa itrium pada manusia dapat menyebabkan penyakit paru-paru. Pekerja yang terpapar debu itrium europium vanadate di udara mengalami mata ringan, kulit dan iritasi saluran pernapasan bagian atas — meskipun hal ini mungkin disebabkan oleh kandungan vanadium daripada itrium.

Paparan akut senyawa itrium dapat menyebabkan sesak napas, batuk, nyeri dada dan sianosis (mengacu pada kebiruan warna kulit, kuku dan membran mukosa. Biasanya Hemoglobin mengangkut sebagian besar oksigen dalam darah. Ini kapasitas oksigen dari hemoglobin darah (hadir dalam arteri yang disebut saturasi oksigen).

Administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (OSHA: Occupational Safety and Health Administration) membatasi paparan itrium di tempat kerja hingga 1 mg / m³ selama 8 jam kerja. Lembaga Nasional untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja (NIOSH: National Institute for Occupational Safety and Health) merekomendasikan batas paparan (REL: recommended exposure limit) adalah 1 mg / m³ selama 8 jam kerja. Pada tingkat 500 mg / m³, itrium segera berbahaya bagi kehidupan dan kesehatan. Debu itrium mudah terbakar.

 

Itrium adalah unsur kimia Y 39

Itrium atau Yttrium, sublimed-dendritic, kemurnian tinggi 99,99% Y / TREM. Serta busur argon remelted 1 cm3 yttrium kubus untuk perbandingan. Kemurnian 99,9%. Sumber foto: Alchemist-hp / Wikimedia Commons

 

Sifat Fisika Itrium

Fase solid: Titik lebur 1799 K ​(1526 °C, ​2779 °F)
Titik didih: 3609 K ​(3336 °C, ​6037 °F)
Kepadatan mendekati: s.k. 4.472 g/cm³. Saat cair, pada t.l. 4.24 g/cm³
Kalor peleburan: 11.42 kJ/mol
Kalor penguapan: 365 kJ/mol
Kapasitas kalor molar: 26.53 J/(mol·K)

 

Isotop itrium terstabil

Iso­top Kelim­pahan Waktu paruh(t1/2) Moda peluruhan Pro­duk
87Y syn 3.35 hari ε 87Sr
γ
88Y syn 106.6 d ε 88Sr
γ
89Y 100% 89Y stabil dengan 50 neutron
90Y syn 2.67 d β 90Zr
γ
91Y syn 58.5 d β 91Zr
γ

 

Sejarah Itrium

Pada 1787, Carl Axel Arrhenius menemukan mineral baru di dekat Ytterby di Swedia dan menamainya ytterbite. Johan Gadolin menemukan oksida itrium dalam sampel Arrhenius pada tahun 1789, dan Anders Gustaf Ekeberg menamai oksida baru yttria. Itrium pertama kali diisolasi pada tahun 1828 oleh Friedrich Wöhler.

 

Tabel Periodik Kimia – Lengkap Dengan Daftar Unsur Kimia Berdasarkan Nama, Warna Dan Jenis

Tabel periodik adalah tampilan unsur-unsur kimia dalam bentuk tabel. Unsur-unsur tersebut disusun berdasarkan nomor atom (jumlah proton dalam inti atom), konfigurasi elektron dan keberulangan sifat kimia. Klik disini untuk membaca tabel periodik yang komplit.

 

Tabel periodik unsur kimia

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

                     

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-07-24T20:13:06+07:00 April 14th, 2016|IPA|0 Comments

Leave A Comment