fbpx

Kapasitas Otak Manusia – Berapa Kapasitas Memori Otak Kita?

Berapa Kapasitas Otak Manusia?

Kapasitas otak manusia memiliki kapasitas sepuluh kali lebih besar dari yang diperkirakan dan dapat menyimpan 4,7 miliar buku, demikian temuan para ilmuwan.

Ini menurut para ilmuwan AS yang telah mengukur kapasitas penyimpanan sinapsis – koneksi otak yang bertanggung jawab untuk menyimpan ingatan.

Mereka menemukan bahwa, rata-rata, satu sinaps dapat menampung sekitar 4,7 bit informasi. Ini berarti bahwa otak manusia memiliki kapasitas satu petabyte, atau 1.000.000.000.000.000.000 byte.

Satu petabyte sama dengan 20 juta lemari arsip empat laci diisi dengan teks, 13,3 tahun rekaman HD-TV, 4,7 miliar buku atau 670 juta halaman web.

Otak manusia terdiri dari sekitar satu miliar neuron. Setiap neuron membentuk sekitar 1.000 koneksi ke neuron lain, berjumlah lebih dari satu triliun koneksi. Jika setiap neuron hanya bisa membantu menyimpan satu memori, kehabisan ruang akan menjadi masalah.

Anda mungkin hanya memiliki beberapa gigabytes ruang penyimpanan, mirip dengan ruang di iPod atau USB flash drive. Namun neuron bergabung sehingga masing-masing membantu dengan banyak memori sekaligus, secara eksponensial meningkatkan kapasitas penyimpanan memori otak menjadi sesuatu yang lebih dekat menjadi sekitar 2,5 petabyte (atau sejuta gigabytes).

Sebagai perbandingan, jika otak Anda bekerja seperti perekam video digital di televisi, 2,5 petabyte akan cukup untuk menampung tiga juta jam acara TV. Anda harus membiarkan TV berjalan terus menerus selama lebih dari 300 tahun untuk menggunakan semua penyimpanan itu.

Kapasitas otak manusia

Kapasitas Otak Manusia – Berapa Kapasitas Memori Otak Kita? Ilustrasi dan foto: Pixabay

Berapa Kapasitas Penyimpanan Otak?

Kapasitas penyimpanan tepat otak untuk memori sulit untuk dihitung. Pertama, kita tidak tahu bagaimana mengukur ukuran memori. Kedua, ingatan tertentu melibatkan lebih banyak detail dan karenanya mengambil lebih banyak ruang; kenangan lain dilupakan dan dengan demikian membebaskan ruang. Selain itu, beberapa informasi tidak layak diingat sejak awal.

Ini adalah berita baik karena otak kita dapat terus mengikuti saat kita mencari pengalaman baru sepanjang hidup kita. Jika rentang hidup manusia diperpanjang secara signifikan, dapatkah kita mengisi otak kita? Saya tidak yakin. Tanya lagi saja dalam 100 tahun.

Mitos Otak 10% – Kapasitas Otak Manusia Digunakan hanya 10%

Mitos 10% otak adalah mitos bahwa semua manusia hanya menggunakan kurang dari 10% otaknya saja. Mitos ini biasanya dihubungkan dengan beberapa tokoh, seperti Albert Einstein.

Gagasan bahwa sebagian besar otak masih belum digunakan merupakan gagasan tanpa landasan yang kuat. Setiap bagian otak telah diketahui fungsinya.

Barry Beyerstein, seorang ahli otak, menunjukkan 7 bukti kesalahan mitos ini tentang kapasitas otak manusia – mitos otak 10%:

  • Penelitian kerusakan otak: Jika 90% otak tidak digunakan, berarti kerusakan terhadap wilayah tersebut tidak akan merusak performa otak. Sementara itu, kerusakan sekecil apapun terhadap otak dapat memberikan dampak yang besar.
  • Evolusi: Otak sangat berharga bagi anggota tubuh lain. Jika 90% otak tidak penting, maka akan muncul kemungkinan bertahan yang lebih besar bagi manusia dengan otak yang lebih kecil dan efisien.
  • Citra otak: Teknologi seperti Positron Emission Tomography (PET) dan Functional Magnetic Resonance Imaging (fMRI) membuat aktivitas otak dapat dipantau. Bahkan saat manusia sedang tidur, semua bagian otak menunjukkan aktivitas. Otak hanya memiliki bagian yang “tidur” jika mengalami kerusakan berat.
  • Lokalisasi fungsi: Otak terdiri dari beberapa bagian, yang memiliki fungsinya masing-masing. Penelitian telah memetakan fungsi otak, dan tidak ada wilayah otak yang tak berguna.
  • Analisis mikrostruktural: Dengan teknik single-unit recording, peneliti memasukan elektrode kecil ke otak untuk memantau aktivitas sel. Jika 90% sel tidak digunakan, maka teknik ini seharusnya telah menunjukkan hal tersebut.
  • Penelitian metabolis: Teknik ilmiah lainnya mempelajari penyerapan molekul 2-deoksiglukosa oleh otak. Jika 90 persen otak tidak digunakan, maka sel yang tak aktif akan ditunjukan sebagai wilayah kosong dalam radiograf otak.
  • Penyakit otak: Sel otak yang tidak digunakan memiliki kecenderungan untuk mengalami degenerasi. Jika 90% otak tak digunakan, otopsi otak dewasa akan mengakibatkan degenerasi berskala besar.

Mitos 10% otak telah menyebar luas, bahkan kadang-kadang muncul dalam iklan-iklan.

Beberapa tokoh Zaman Baru mengklaim bahwa sembilan puluh persen bagian yang belum digunakan ini dapat memunculkan kekuatan psikik.

Bacaan Lainnya

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-04-30T15:37:32+07:00 April 29th, 2019|IPA|0 Comments

Leave A Comment