fbpx

18 Cara Membuat Otak Lebih Cerdas dan Lebih Cepat Berpikir

18 Cara Membuat Otak Lebih Cerdas dan Lebih Cepat

Otak adalah salah satu bagian terpenting dari tubuh Anda. Anda mungkin bertanya-tanya mengapa ini begitu, tetapi kenyataannya adalah itu mengendalikan semua saraf tubuh Anda. Cara membuat otak lebih cerdas merupakan hal yang simpel, tetapi membutuhkan latihan!

Beberapa aktivitas yang dikontrol oleh otak adalah; berjalan, mendengar, berbau, penalaran, pemecahan masalah, perencanaan, memori atau tindakan tubuh lainnya.

Anda mungkin ingin membuat otak Anda bekerja lebih cerdas dan lebih cepat tetapi Anda bertanya-tanya apa yang harus dilakukan. Nah, ada beberapa cara membuat otak lebih cerdas:

 

1. Makan makanan yang meningkatkan kekuatan otak

Makanan terbaik untuk otak adalah: omega 3 minyak ikan, protein, B kompleks, Curcumin, Ginseng dan Gingko Biloba. Minumlah suplemen ini di bawah bimbingan dokter Anda. Hindari kopi dan teh. Pilih makanan dengan GI rendah seperti sereal, beras merah, buah-buahan, sayuran, kacang polong dll.

 

2. Berpikir positif dan tetap happy

Orang yang berpikir positif secara alami lebih kreatif dan otak mereka juga lebih mudah menerima ide sehingga membuatnya lebih tajam dan lebih cerdas.

 

3. Tingkatkan ingatan memori Anda

Memori adalah bagian paling penting dari otak yang lebih cerdas dan lebih cepat. Untuk siswa, apa pun yang Anda baca di siang hari, pastikan Anda segera membacanya di malam hari sebelum tidur. Hal ini karena; otak mengkonsolidasikan semua informasi baru ini selama istirahat. Hal ini memungkinkan otak menyimpan hal-hal yang Anda baca sebelum tidur di area limbiknya. Memori juga dapat dikembangkan melalui pemandangan, suara, sentuhan dan bau.

Organ indera kita terhubung secara rumit ke area limbik otak. Jadi setiap suara tertentu (lagu) atau bau (aroma memasak, aroma parfum atau minyak esensial dll) dapat mengubah Anda ke waktu dan tempat yang berbeda. Banyak siswa yang benar-benar belajar lebih cepat saat menyebarkan minyak aroma-terapeutik tertentu (lemon balm, sage, rosemary dll) sambil belajar. Ini membantu dalam konsentrasi dan menghubungkan apa pun yang mereka baca sehingga mereka dapat mengingatnya lagi selama waktu ujian.

Baca artikel tentang “10 Kebiasaan Yang Dapat Mengasah Otak Menjadi Lebih Efektif

 

4. Buat asosiasi

Otak Anda membantu Anda menghafal dan mengingat berbagai hal dengan menggunakan 3 konsep – asosiasi, imajinasi, dan lokasi. Jadi, jika Anda ingin mengingat 5 Great Lakes (5 danau besar), Anda dapat menggunakan HOMES akronim untuk mengingat Huron, Ontario, Michigan, Erie dan Superior.

 

Cara membuat otak lebih cerdas dan lebih cepat

Cara membuat otak lebih cerdas dan lebih cepat. Ilustrasi dan sumber foto: Martin420 / Wikimedia

 

5. Buat gol

Buat tujuan yang bisa dicapai; mereka tidak perlu yang besar. Yang penting adalah mencoba dan melakukan sedikit setiap hari. Teruslah melakukannya dan pekerjaan Anda setiap hari adalah memastikan tidak melanggar kebiasaan itu.

 

6. Meditasi

Orang yang bermeditasi lebih mungkin memiliki otak yang lebih tajam dan cerdas menurut penelitian ini. Latihlah 15 menit perhatian penuh setiap hari. Ada berbagai cara untuk melakukannya: bernapas masuk dan keluar, mengucapkan mantra, atau menatap lilin di ruangan yang tenang.

Banyak CD dan kaset audio dari meditasi yang dibimbing juga tersedia. Mendengarkannya setiap hari dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi, membuat otak Anda lebih tajam.

 

7. Mainkan permainan otak

Game otak paling top termasuk catur, teka-teki silang, pencarian kata, teka-teki matematika, dll. Mainkan ini setiap hari dengan anak-anak / teman Anda dan ini merupakan salah satu cara membuat otak lebih cerdas dan lebih cepat.

 

8. Lakukan penghitungan matematika mental

Lupakan sejenak kalkulator Anda, lakukan sedikit matematika mental saat Anda berada di toko atau supermarket. Coba dan jumlahkan total untuk barang yang dibeli. Tip sederhana ini dapat membuat otak Anda lebih cerdas dan tajam.

Contoh: Test Matematika: Kalkulasi Mental (tanpa kalkulator) 10 + 10 + 5 + 2 +6 x 3 x 3 = ?

 

9. Tantang diri Anda sendiri

Ketika Anda belajar, seperti ketika Anda berada di gym, Anda harus menyesuaikan diri. Jangan mendemoralisasi diri Anda dengan mengambil lebih dari yang dapat Anda tangani; sebagai gantinya, lakukan dengan perlahan dan mantap, dengan istirahat teratur, sehingga Anda dapat bertahan untuk waktu yang lama.

Kecuali itu sangat membosankan, bukan?

Tinggalkan “lambat dan mantap” untuk gym dan tantang diri Anda di tempat kerja.

Merupakan ide yang buruk untuk menantang diri Anda sendiri untuk hal-hal konyol di gym, karena Anda dapat menyebabkan diri Anda mengalami cedera jangka panjang.

Tetapi Anda tidak akan merusak otak Anda karena Anda mencoba melakukan sesuatu yang terlalu rumit. Jika Anda bosan dengan mengeluarkan catatan yang sama dan ide yang sama – tetapi itulah yang harus Anda pelajari, jadi Anda terus melakukannya – cobalah untuk menemukan motivasi dalam membuat tantangan.

Anda mungkin melihat seberapa cepat Anda dapat menulis esai dua halaman, atau apakah Anda dapat memecahkan masalah Matematika dalam tiga perempat waktu yang seharusnya Anda lakukan. Jangan membuat tantangan menjadi tidak mungkin, tetapi membuat pembelajaran Anda cukup keras sehingga Anda perlu melibatkan otak Anda dengan benar dapat membantu dalam membuatnya kurang membosankan.

 

10. Baca setiap hari

Membaca dapat melakukan hal-hal luar biasa untuk pikiran dan otak Anda. Menurut sebuah penelitian di Carnegie Mellon University, otak benar-benar mendapat rewired ketika Anda membaca karena Anda cenderung menjalani pengalaman apa pun yang sedang Anda baca.

Jika Anda bisa membaca sedikit setiap hari dalam bahasa asing, itu bahkan lebih baik dan ini adalah salah satu cara membuat otak lebih cerdas dan lebih cepat.

 

11. Dengarkan musik

Musik mungkin tidak membuat otak Anda lebih pintar dan lebih tajam, tetapi tentu saja dapat memberikan dorongan spesial. Jika Anda bisa belajar memainkan alat musik, atau membaca musik dan / atau bernyanyi, itu bisa membuat otak Anda lebih pintar.

 

12. Tertawa

Manusia dapat dibedakan dari hewan lain karena kemampuannya untuk tertawa. Jadi tertawalah setiap hari untuk meningkatkan kekuatan otak Anda karena ini adalah salah satu cara membuat otak lebih cerdas dan lebih cepat.

 

13. Tidur nyenyak

Otak yang lelah tidak dapat memproses informasi dan membutuhkan setidaknya 8 jam tidur. Ini adalah salah satu cara membuat otak lebih cerdas dan lebih cepat.

Baca artikel tentang “Jumlah Jam Tidur Yang Baik dan Pentingnya Tidur

 

14. Terlalu banyak teknologi akan merusak kekuatan otak Anda

Menurut Dr. Sandra Bond Chapman, seorang ahli syaraf, terlalu banyak teknologi membuat defisit perhatian otak kita. Jadi pelan-pelan, jagalah agar perangkat “pintar” Anda dimatikan dari waktu ke waktu dan tentu saja tidak memeriksa email Anda sebelum tidur.

 

15. Pelan-pelan tetapi mantap

Kehidupan serba cepat yang kita jalani dapat membuat kita tidak tidak dapat melihat dengan jelas. Bayangkan, jika Anda berada di dalam mobil dengan kecepatan 200 km/jam, apakah Anda dapat melihat dengan jelas? apakah Anda dapat melihat detail dari sesuatu secara sempurna?

Seperti menyetir di jalan raya, terlalu lambat juga tidak baik, sebagai pengendara lainnya yang kurang sabar, Anda dapat di bel / klakson secara terus menerus, atau bisa juga tertabrak.

Yang dimaksud pelan-pelan adalah lakukan sesuatu dengan cara mengali lebih dalam dan ambil jeda dari waktu ke waktu.

 

16. Hindari multi-tasking

Lakukan selalu satu tugas demi satu tugas. Apa pun yang Anda lakukan, lakukanlah 100%. Tidak ada sebuah pekerjaan dengan hasil 100% jika Anda sedang membuat tugas lainnya. Kecuali robot! bahkan robotpun tidak bisa, karena yang memerintah adalah manusia…

 

17. Rengangkan dan tantang otak Anda

Ajarkan pikiran Anda untuk membangun level yang lebih dalam, ide-ide abstrak. Misalnya, ketika Anda hanya menghadiri pertemuan, cobalah dan buat judul surat kabar yang mendeskripsikannya.

 

18. Jalani apa yang Anda sukai

Ketika Anda melakukan sesuatu yang Anda nikmati, otak memotivasinya untuk menjadi lebih kuat dan lebih cerdas. Jadi, investasikan waktu untuk hobi Anda.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-08-10T12:15:31+00:00 Agustus 9th, 2018|Lainnya|0 Comments

Leave A Comment