fbpx

Kolonoskopi: Definisi, Persiapan dan Prosedur Pemeriksaan

Kolonoskopi

Kolonoskopi adalah pemeriksaan yang memungkinkan untuk mempelajari dinding bagian dalam seluruh usus besar.

Ini ditunjukkan dalam konteks penilaian pada orang dengan riwayat dengan kanker usus besar, perdarahan pencernaan, nyeri yang tidak dapat dijelaskan atau diare.

Kolonoskopi telah direkomendasikan selama beberapa tahun sebagai bagian dari skrining luas kanker usus pada siapa pun yang berusia 50 tahun atau lebih, memiliki tes Hemoccult positif (fecal occult blood test).
 

Instrumen yang digunakan adalah colonoscope, di sini Olympus XQ260 colonoscope video yang bervariasi

Instrumen yang digunakan adalah colonoscope, di sini Olympus XQ260 colonoscope video yang bervariasi. Sumber foto: Wikimedia Commons

 

Apakah Kolonoskopi?

Kolonoskopi melibatkan eksplorasi lapisan dalam usus besar (usus besar) menggunakan endoskop (serat optik) yang diperkenalkan melalui anus.

Perangkat (endoskop) terdiri dari kabel fleksibel berdiameter satu sentimeter dan panjang satu meter lima puluh, dilengkapi dengan serat optik. Ia memiliki sumber cahaya di salah satu ujungnya. Performa terbaik menggunakan kamera mini dan terhubung ke layar video. Mereka dapat dilengkapi dengan tang untuk mengambil sampel untuk analisis laboratorium. Sistem kontrol memungkinkan ujung endoskop berputar untuk membantu perkembangan dengan mengikuti kurva usus.

Kolonoskopi dilakukan oleh ahli gastroenterologi, biasanya dengan anestesi umum. Oleh karena itu konsultasi dengan ahli anestesi resusitasi perlu dilakukan sebelum kolonoskopi. Konsultasi ini biasanya berlangsung sekitar seminggu sebelum ujian. Tes darah kemudian akan diresepkan untuk mengontrol pembekuan darah Anda.

Apa tujuan dari kolonoskopi?

Pemeriksaan ini memeriksa lapisan dalam (mukosa) usus besar untuk mendeteksi kelainan, mengambil sampel, memvisualisasikan seluruh usus besar, yaitu, dubur, sigmoid, kiri (turun), melintang dan usus kanan (rendah). Kolonoskopi diindikasikan dalam neraca jika terdapat riwayat keluarga atau pribadi kanker kolorektal, perdarahan akibat pencernaan, diare kronis, nyeri perut yang tidak dapat dijelaskan…

Kolonoskopi mencari polip, keberadaan kanker, divertikula, peradangan atau infeksi … Ini adalah ujian referensi untuk menjelajahi usus besar karena memberikan informasi yang sangat tepat. Selama pemeriksaan ini, dokter dapat, jika perlu, menghilangkan polip atau membekukan lesi kecil pembuluh darah.

Bagaimana mempersiapkan kolonoskopi?

Persiapan sangat penting untuk pemeriksaan kualitas:

  • Tiga hari sebelumnya, Anda harus mengikuti diet ketat tanpa serat atau residu (tanpa buah, tanpa sayuran, tanpa biji-bijian utuh …). Ini membantu membatasi jumlah tinja. Daftar terperinci dari makanan resmi dan terlarang akan diberikan kepada Anda;
  • Sehari sebelumnya, Anda harus minum dua liter sediaan untuk mengevakuasi semua feses karena usus besar harus sepenuhnya bersih;
  • Pada hari yang sama, untuk berpuasa, yaitu tidak makan, minum atau merokok. Untuk alasan higienis, mandilah dengan sabun dua kali seluruh tubuh Anda menggunakan sabun antiseptik. Beberapa obat mungkin dihentikan oleh dokter Anda. Ambil sisa perawatan yang biasa Anda lakukan. Jangan lupa membawa surat dan resep dokter Anda, kartu asuransi sosial Anda, hasil tes darah Anda. Jika Anda belum melakukannya selama konsultasi pra-anestesi, laporkan jika Anda alergi serta riwayat medis dan bedah Anda.

Bagaimana pelaksanaan kolonoskopi?

  • Paling sering, pemeriksaan adalah “rawat jalan” (biasanya pagi masuk, siang sudah pulang), yang mengatakan bahwa rawat inap hanya berlangsung beberapa jam. Setelah memberi tanda kedatangan Anda di resepsi, Anda akan menunggu beberapa saat di ruang tunggu. Sebelum ujian, Anda akan pergi ke ruang ganti untuk melepas pakaian. Obat penenang dapat diberikan untuk mengurangi kecemasan.
  • Anda dibawa ke ruang operasi, anestesi umum dilakukan. Dokter kemudian memperkenalkan endoskop melalui anus dan memulai penjelajahannya. Ini berkembang perlahan di usus besar, memvisualisasikannya sepenuhnya dan menghilangkan lesi yang mencurigakan. Sebuah gas ditiupkan ke usus untuk membuka dindingnya dan menjelajahinya setiap inci. Itu berlangsung sekitar setengah jam tetapi bisa lebih lama tergantung pada kesulitan teknis yang dihadapi. Selama ujian, Anda tidak akan menyadari apa pun berkat anestesi. Ketika Anda bangun, ujian akan selesai!
  • Setelah ujian, Anda bisa makan dan minum secara normal. Anda akan kembali ke rumah setelah periode pengamatan singkat (biasanya beberapa jam). Penting bagi seseorang di sekitar Anda untuk menemani Anda.
  • Mengenai hasil, dokter akan memberi Anda komentar pertama. Dia akan mengirimkan laporan definitif ke dokter Anda sesegera mungkin. Yang ini akan menjelaskan hasil dan akan memberi Anda perilaku untuk dipertahankan.

 

Kolonoskopi: Definisi, Persiapan dan Prosedur Pemeriksaan

Kolonoskopi: Definisi, Persiapan dan Prosedur Pemeriksaan. Sumber foto: Wikimedia Commons

 

Apakah kolonoskopi menyakitkan?

Ini bukan ujian yang menyakitkan tetapi tidak terlalu menyenangkan. Persiapan ujian itu berat, tetapi penting untuk ujian kualitas. Ini menyebabkan diare selama beberapa jam sampai semua feses dihilangkan.

Untuk anestesi, infus diperlukan tetapi tidak lebih menyakitkan daripada tes darah sederhana. Sisa pemeriksaan termasuk sampel tidak menimbulkan rasa sakit.

Apa risiko kolonoskopi?

MEREKA BERISIKO KECIL ATAU MINIMUM DAN SERING TANPA BAHAYA:

  • Infus dapat menyebabkan hematoma atau infeksi;
  • Endoskop dapat mengiritasi dinding pencernaan. Komplikasi paling serius adalah perforasi pencernaan tetapi tetap luar biasa;
  • Sampel dapat menyebabkan perdarahan dengan kelimpahan rendah;
  • Anestesi juga menghadirkan risiko yang akan dibatasi oleh konsultasi pra-anestesi dengan ahli anestesi. Dokter dapat meresepkan tes tambahan seperti sinar-X dada, elektrokardiogram atau tes darah lainnya jika dianggap perlu;
  • Pada hari-hari berikutnya, jika sakit, muntah, atau demam terjadi, segera konsultasikan dengan dokter Anda.
 

Bacaan Lainnya

 

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

                                     
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz |Matematika|IPA | Geografi & Sejarah|Info Unik|Lainnya


By | 2019-04-29T19:51:57+07:00 April 29th, 2019|IPA, Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment