Sindrom Savant Kapasitas Kecerdasan Otak Luar biasa (Anak Pintar atau Anak Ajaib)

Sindrom Savant Kapasitas Otak Ajaib – Kondisi yang luar biasa

Sindrom Savant adalah kondisi yang jarang, namun luar biasa, di mana orang-orang dengan cacat mental yang serius, termasuk kelainan autistik, memiliki beberapa “kejeniusan” yang menonjol dalam kontras yang ditandai dan tidak sesuai dengan keseluruhan kecacatannya. Seringkali sindrom savant disebut sebagai Anak Ajaib.

Sebanyak satu dari 10 penderita gangguan autisme memiliki kemampuan yang luar biasa dalam berbagai tingkat, walaupun sindrom savant terjadi pada kecacatan perkembangan lainnya atau pada jenis cedera atau penyakit sistem saraf pusat lainnya. Apapun keahliannya yang spesial, selalu dikaitkan dengan ingatan masif. Makalah ini menyajikan tinjauan singkat tentang fenomenologi keterampilan cerdas, sejarah konsep dan implikasi pendidikan dan penelitian masa depan.

 

Contoh beberapa kemahiran memori dari Sindrom Savant

Savant skills atau keahlian savant umumnya terdapat pada salah satu atau beberapa dari lima bidang utama: seni, musikalitas, perhitungan kalender, matematika dan keahlian spasial. Beberapa contohnya:

  • Mengingat segala sesuatu tentang presiden (kelahiran / kematian, masa jabatan, nama dan tanggal lahir anggota keluarga, anggota kabinet, dll.).
  • Menghafal sistem dan nomer jalan raya di beberapa negara.
  • Mengingat tanggal lahir setiap orang, bahkan setelah bertemu orang itu sekali dan tidak melihat dia selama 20 tahun.
  • Keahlian dalam melakukan perhitungan kalender. Pemilik keahlian ini, yang kerap disebut sebagai “kalender hidup”, mampu menentukan hari dari suatu tanggal dengan sangat cepat dan akurat.
  • Memori luar biasa: Feats of memory dapat dimanifestasikan dalam beberapa cara. Misalnya, seorang penderita autis mungkin ingat nama semua presiden, tanggal lahir, tempat lahir, tahun kepresidenan dan beberapa informasi lainnya yang berkaitan dengan presiden. Demikian pula, penderita autis mungkin ingat hari kelahiran seseorang bahkan setelah 10 atau 20 tahun.
  • Kemampuan aritmatika: mereka dapat menghitung secara mental dengan sangat cepat, penambahan jumlah besar, akar kuadrat, menghitung hari dalam seminggu dalam kurun waktu tertentu atau akan dalam hitungan detik dan seterusnya.
  • Keahlian seni yang luar biasa: beberapa peserta autis menampilkan keterampilan luar biasa dalam seni dan menggambar
  • Keahlian luar biasa dalam musik: musik adalah kemampuan luar biasa lain yang mungkin dimiliki oleh beberapa orang autis.

 

Sindrom Savant Kapasitas Kecerdasan Otak Luar Biasa

Sindrom Savant Kapasitas Kecerdasan Otak Luar biasa. Sumber foto: affen ajlfe (

 

Penyebab dan gejala Sindrom Savant

Penyebab sindrom savant sebelum tahun 2004 masih belum diketahui. Beberapa peneliti berhipotesis bahwa hal itu disebabkan oleh perubahan gen atau gen dan yang lainnya percaya bahwa hal itu disebabkan oleh beberapa jenis kerusakan pada belahan otak kiri dengan kompensasi untuk cedera ini yang terjadi di belahan kanan. Alasan untuk sindrom ini sama sekali tidak jelas, namun, dan lebih banyak penelitian perlu dilakukan.

Anak-anak dengan sindroma savant memiliki bakat atau keterampilan yang luar biasa di bidang tertentu, seperti kemampuan untuk memproses perhitungan matematis dengan kecepatan yang fenomenal. Ketrampilan yang mudah terjadi terjadi di sejumlah area yang berbeda, termasuk musik, seni visual, dan matematika.

Para ahli percaya bahwa keterampilan yang paling umum ditunjukkan oleh savant adalah memori yang luar biasa. Anak-anak dengan sindroma savant mungkin dapat menghafal sejumlah besar data di bidang statistik olahraga, angka populasi dan data historis atau biografi. Salah satu keterampilan khusus yang dimiliki oleh orang-orang dengan sindroma savant adalah kemampuan untuk menghitung hari dalam minggu mana kencan tertentu jatuh atau akan jatuh.

 

Diagnosa

Sindroma Savant didiagnosis ketika kemampuan seorang anak dalam satu area sangat tinggi daripada yang diharapkan mengingat IQ atau tingkat fungsionalnya secara umum.

 

Pengobatan

Sindroma Savant tidak diketahui memiliki kekurangan, jadi tidak harus diobati sendiri. Gangguan mendasar yang biasanya menyertai sindroma savant perlu diobati, dan diyakini bahwa memanfaatkan bakat khusus anak dengan sindroma savant dapat membantu mengobati gangguan perkembangan anak yang mendasarinya.

 

Prognosa

Keterampilan khusus yang terkait dengan sindroma savant pada anak tertentu biasanya hadir untuk seumur hidup. Paling tidak ada satu laporan keterampilan yang hilang saat kemajuan di daerah lain, tapi ini tampaknya sangat jarang terjadi. Secara umum, jika tingkat keterampilan berubah, keterampilan tersebut dipraktekkan.

 

Pencegahan

Tidak ada cara yang diketahui untuk mencegah sindroma savant.

 

Perhatian orang tua

Anak-anak dengan sindroma savant memiliki keterampilan yang sangat khusus yang bisa dipupuk. Anak-anak ini mungkin akan merespons perawatan yang lebih baik untuk gangguan mendasar apa pun yang berguna untuk kepentingan dan bakat khusus anak-anak.

 

Contoh orang terkenal dengan keahlian Sindrom Savant

Ada banyak ahli autistik yang terkenal termasuk yang berikut ini:

  • Gottfried Mind (1768-17 November, 1814) adalah seorang penderita autis yang merupakan pelukis berbakat. Dia menciptakan banyak lukisan binatang.
  • Temple Grandin (lahir 1947) adalah seorang profesor di Colorado State University dan seorang dewasa yang terkenal dan sukses dengan autisme. Grandin juga merupakan perancang profesional yang sukses untuk fasilitas peternakan manusia.
  • Kim Peek (lahir 11 November 1951), adalah seorang savant unik yang mampu menampilkan banyak kemampuan yang berkaitan dengan autistic savants – ia memiliki memori fotografi; bisa membaca buku ukuran rata-rata sekitar satu jam dan bisa mengingat sekitar 98% dari yang sama; dia bisa mengingat kembali nama sekitar 12.000 buku; Dia memiliki kemampuan matematika yang fantastis. Dia tidak dianggap autistik.
    Meskipun diagnosis awal autisme Kim Peek kemudian berubah, Osche percaya bahwa pesannya tentang penerimaan perbedaan akan sangat relevan bagi kelompok tersebut.
  • Aleksander Vinter (lahir 1986) seorang musisi Norwegia dengan kemampuan musik yang luar biasa. Dalam hidupnya ia mengklaim telah membuat lebih dari 10.000 lagu.
  • Stephen Wiltshire (lahir 1974) adalah seniman arsitektural berprestasi.
  • Henriett Seth F. (lahir 27 Oktober 1980 di Eger, Hungaria), juga dikenal sebagai Henriett Seth-F., Adalah seorang penderita autis dan berbakat dengan kemampuan artistik yang luar biasa. Dia juga seorang penulis ulung.
  • Matt Savage (lahir 1992) adalah seorang penderita autis dengan kemampuan musikal yang sangat baik.

Ini di atas hanyalah sebuah daftar ilustratif. Banyak lagi savant yang ada.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-04-29T11:30:08+07:00 Maret 18th, 2018|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment