Kenapa Otak Manusia Besar? Otak Manusia Membesar 3 Kali Lipat Dari Zaman Nenek Moyang Kita

3 min read

Otak

Otak Besar Manusia

Otak besar manusia, paling menonjol dari otak depan. Mengatur & melayani tubuh berlawanan. Kiri untuk mengatur tubuh bagian kanan & sebaliknya.

 

Apakah Otak Manusia Itu?

Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.


Otak Membesar 3 Kali Lipat Dari Zaman Nenek Moyang [1]

Pada zaman nenek moyang kita Australopithecus yang hidup 2 – 4 juta tahun yang lalu, otak manusia membesar sekitar 3 kali lipat.

Para ilmuwan telah bertanya-tanya bagaimana otak kita menjadi begitu besar. Sebuah studi menunjukkan bahwa persaingan “sosial” bisa berada di balik peningkatan ukuran otak tersebut.

Ada banyak cara ilmuwan untuk mencoba untuk menjelaskan mengapa otak manusia saat ini begitu besar dibandingkan dengan “manusia awal”, tapi dengan beberapa ide-ide bersaing, masalah ini masih menjadi bahan perdebatan.

Tiga hipotesis utama telah difokuskan pada perubahan iklim, tuntutan ekologi dan persaingan sosial. Sebuah analisis data statistik pada 175 tengkorak fosil mendukung hipotesis tersebut.


Apakah Kerja Dan Tugas Otak?

Otak memiliki kerja dan tugas yang sangat luar biasa, termasuk sebagai berikut:

  • Mengontrol suhu tubuh, tekanan darah, denyut jantung dan pernapasan.
  • Ia menerima banyak informasi tentang dunia di sekitar Anda dari berbagai indra Anda (melihat, mendengar, mencium, merasakan dan menyentuh).
  • Menangani gerakan fisik Anda saat berjalan, berbicara, berdiri atau duduk.
  • Memungkinkan Anda berpikir, mimpi, akal budi / inteligensi dan pengalaman-pengalaman seperti emosi.

 

Klasifikasi area pada korteks otak besar
Klasifikasi area pada korteks otak besar

 


Korteks otak (lapisan luar) terdiri dari 4 lobus (divisi anatomi) yang meliputi: [2]

  1. Otak Besar (cerebrum)
    Pusat syaraf utama karena fungsinya yang sangat penting, seperti yang berkaitan dengan inteligensi, memori, kesadaran dan pertimbangan.
  2. Otak Depan (Diensefalon)
    Memproses rangsang sensorik dan membantu memulai atau memodifikasi reaksi tubuh terhadap rangsangan tersebut. Contoh: mengunyah, melihat, pergerakan mata, ekspresi yang terjadi di wajah (misalnya, tersenyum, cemberut, dan lain-lain), mendengar, bernapas, menelan, mencium (membaui), dan keseimbangan tubuh.
  3. Otak Kecil (Cerebellum)
    Berfungsi sebagai pusat keseimbangan dan kemampuan motorik.
  4. Otak tengah (Mesencephalon)
    Tektum, yang memiliki syaraf pengatur proses pendengaran dan proses penglihatan. Sementara bagian lain adalah Cerebral Peduncle, yang terlibat dalam system homeostasis dan lintasan refleks.
  5. Sumsum lanjutan (medula oblongata)
    Sering disebut dengan penghubung atau batang otak. Sumsum lanjutan terletak setelah otak dan menghubungkan dengan medulla spinalis di depan cerebllum. Sumsum lanjutan banyak mengandung ganglion otak. Fungsi umum sumsu lanjutan sebagai pusat pengaturan ritme respirasi, denyut jantung, penyempitan dan pelebaran pembuluh darah, tekanan darah, gerak alat pencernaan, menelan, batuk, bersin dan bersendawa.


Bacaan Terkait


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Web MD, News Medical, Mayfield Brain & Spine

     

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.