Makanan Prancis | Masakan Tradisional Paling Terkenal dan Lezat

Masakan Prancis

Mari kita akui bahwa dalam hal gastronomi, makanan Prancis memiliki kelebihan yang serius! Dari hidangan yang direbus, hingga resep bistro dan restaurant dari koki terbaik, masakan Prancis terkenal di seluruh dunia. Berikut ini adalah tur singkat (sangat sedikit mengingat jumlah makanan khas Prancis yang dapat kami sertakan) tentang masakan tradisional Prancis untuk membuat air liur Anda…

Foie gras

Dia ada di semua meja untuk perayaan akhir tahun. Meskipun dunia mengaitkan spesialisasi ini dengan Prancis, tradisi mencekok angsa sudah ada sejak jaman dahulu. Di atas roti brioche dengan sedikit confit bawang atau selai ara, Anda akan mencicipi foie gras dengan cara yang ideal.

Baca juga: 20+ Franchise Makanan Terlaris yang Bikin Untung

Foie gras adalah hidangan pesta yang populer dan terkenal dalam masakan Prancis. Ini dimakan mentah, setengah matang atau dimasak, dan dapat ditawarkan sebagai produk segar atau kalengan, dimakan sendiri atau sebagai pelengkap hidangan lain seperti daging. Menurut hukum Prancis, “foie gras adalah bagian dari warisan budaya dan gastronomi yang dilindungi di Prancis. “Foie gras” berarti hati bebek atau angsa yang digemukkan secara khusus karena dicekok paksa”.

Sebutan foie gras dalam beberapa produk makanan Perancis

Teks dalam bahasa Prancis menjelaskan kualitas yang berbeda untuk produk yang ditawarkan untuk dijual, misalnya:

  • foie gras utuh: maksimal dua buah dari dua alam semesta berbeda;
  • foie gras: kumpulan potongan-potongan alam semesta yang berbeda;
    blok foie gras (blok foie gras): beberapa hati yang diemulsi, menjamin rasa yang homogen;
  • balok foie gras dengan potongan: krim foie gras dengan potongan ditambahkan setelah pencampuran;
    foie gras parfait (foie gras sempurna): mengandung setidaknya 75% foie gras;
  • galantine de foie gras: olahan mengandung setidaknya 50% foie gras;
    foie gras mousse (foie gras mousse): emulsi foie gras dan isian yang sangat halus.
Foie gras makanan prancis

Foie gras adalah produk makanan khusus yang terbuat dari hati bebek atau angsa. Sumber foto: Nikodem Nijaki / Wikimedia Commons

Canard à l’orange (Bebek orange atau jeruk)

Bebek orange adalah kuliner khas masakan Prancis, berasal dari masakan abad pertengahan, berdasarkan bebek manis dan asin dengan saus bigarade dan Grand Marnier. Komposisi: daging bebek, jeruk (bigarades atau jeruk pahit, disebut juga jeruk Seville), anggur putih, mentega, lemon, gelas cognac, Cointreau, atau Grand Marnier, peterseli, bawang merah, wortel, karangan bunga garni, garam dan merica.

Canard a l orange makanan prancis

Canard à l’orange adalah kuliner khas masakan Prancis, berasal dari masakan abad pertengahan, berdasarkan bebek manis dan asin dengan saus bigarade dan Grand Marnier. Sumber foto: Pixabay

Escargots au beurre persillé (Siput dengan mentega peterseli)

Mari kita kembali ke Burgundy untuk menemukan resep Prancis atipikal lainnya, yaitu siput dengan mentega peterseli, umumnya dikenal sebagai “siput Burgundi”. Dimasak seperti namanya dengan buttercream dan peterseli, mereka disajikan dalam cangkangnya dan dimakan dengan puncak kecil.

Escargots au beurre persillé siput - Makanan Prancis

Escargots au beurre persillé atau mentega siput adalah persiapan kuliner tradisional masakan Prancis, berdasarkan mentega bawang putih dan peterseli, yang digunakan khususnya untuk siput Burgundy dalam masakan Burgundy. Sumber foto: Steamykitchen / Wikimedia Commons

Bœuf bourguignon (Beef bourguignon atau sapi bourguignon)

Beef Bourguignon adalah salah satu hidangan paling tradisional (dan lezat) dalam keahlian memasak Prancis. Untuk menyiapkan hidangan ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah memasak daging sapi dengan api kecil dalam anggur Burgundy. Sajikan daging dengan hiasan segar (jamur, kentang kukus, wortel, dll.) Dan Anda pasti akan mendapatkan makanan yang enak. Untuk menyebutkan makanan khas Prancis dan masakan tradisional tanpa menyebut daging sapi bourguignon adalah hal yang mustahil. Sedikit tip untuk menambah rasa, tambahkan sedikit daging asap ke hidangan ini.

Boeuf bourguignon makanan Prancis

Boeuf bourguignon adalah resep masakan untuk merebus daging sapi, masakan tradisional dalam masakan Burgundy, dimasak dalam anggur merah Burgundy, dengan hiasan jamur, bawang bombay kecil dan bacon. Variasi pengiringnya sangat banyak. Sumber foto:
ace_alejandre / Flickr

Coq Au Vin

Coq au vin adalah hidangan simbol dari masakan Prancis. Untuk menyiapkan hidangan ini, Anda memerlukan ayam jago yang dipotong-potong yang dimasak dengan anggur yang baik (biasanya merah, tetapi Riesling juga bisa melakukan triknya) dan disertai dengan bawang, wortel, karangan bunga garni, dan jamur. Biasanya disajikan dengan kentang kukus atau pasta segar. Silakan dinikmati makanannya!

Masakan Prancis Coq au vin

Masakan Prancis Coq au vin. Sumber foto: Wikimedia Commons

Lapin à la moutarde (Daging kelinci dengan mustard)

Resep kuno ini berasal dari Burgundy. Resepnya sederhana dan terdiri dari memasak kelinci yang dilapisi mustard (idealnya Dijon) dengan anggur putih, bawang putih, bawang merah, crème fraîche, semuanya disertai dengan tumis kentang atau pasta.

Jenis hidangan yang Anda buat saat cuaca mulai busuk dan Anda mendambakan sesuatu yang menghangatkan perut dan hati Anda. Hidangan yang direbus dengan baik, empuk dan penuh rasa. Dan dalam daftar, tentu saja hidangan daging kelinci termasuk di antara makanan Prancis yang terkenal.

Lapin à la moutarde (Daging kelinci dengan mustard)

Lapin à la moutarde (Daging kelinci dengan mustard). Tentu saja, Anda juga bisa memanggang daging kelinci dengan mustard. Sumber foto: Pierre-Arnaud KOPP / Flickr

Ratatouille

Ratatouille adalah kuliner khas tradisional dari masakan Nice, Provençal, Occitan, dan Mediterania, yang diolah dari sayuran Mediterania dan minyak zaitun yang direbus. Di Provence, ini adalah par excellence hidangan nenek. Sangat lezat sehingga saat ini kebanyakan pemilik restoran menawarkannya sebagai pendamping ikan atau daging.

Ini umumnya terdiri dari sayuran yang dimasak (dipotong menjadi irisan atau seperempat): terong, zucchini mentega panjang, paprika merah dan kuning, tomat, serta bawang putih atau jerami, bawang putih, kemangi dan minyak zaitun (olive oil).

Tidak ada resep yang tepat tetapi prinsip yang harus dihormati. Itu juga bisa dibumbui dengan buah zaitun, serta karangan bunga yang dihiasi dengan thyme, daun salam, daun peterseli, daun seledri, rosemary, kemangi dan bumbu Provence.

Ada dua metode yang memungkinkan: memasak semua sayuran bersama-sama, atau memasak sayuran per sayuran. Pembela tradisi Provençal seperti juru masak hebat Roger Vergé atau Guy Gedda merekomendasikan untuk mencokelatkan atau bahkan menggoreng sayuran satu per satu, kemudian mengoleskan lada di atas api untuk menghilangkan kulitnya dan memberinya rasa panggang.

Ratatouille, dimakan dingin atau panas, biasanya disajikan sebagai lauk daging atau ikan, tetapi juga bisa disajikan sebagai hidangan utama sendiri, lalu ditemani nasi, kentang, atau roti.

Hidangan sayuran rebus Ratatouille French Provençal, berasal dari Nice.

Hidangan sayuran rebus Ratatouille French Provençal, berasal dari Nice. Sumber foto: Benoit5656 / Wikimedia Commons

Soufflé au fromage (Soufflé keju)

Souffle keju adalah makanan klasik, tetapi secara teknis rumit untuk dibuat. Keberhasilannya terutama bergantung pada waktu memasak dan suhu oven. Beberapa derajat lagi, dan hasilnya bisa berubah menjadi bencana. Jadi sebaiknya Anda membiarkan seorang profesional melakukannya! Jika kita berbicara tentang souffle keju di sini, Anda harus tahu bahwa ini juga tersedia dalam versi manis dengan lemon atau coklat.

Souffle au fromage makanan prancis

Buatlah souffle keju yang mengembang dengan baik, mudah, disajikan sangat panas dari oven. Untuk menghindari jatuh ke dalam souffle yang tidak terlalu enak, saya menggunakan Comté dan bumbu di sini: pala, kunyit, paprika. Hasilnya luar biasa, dengan salad roket kecil itu sempurna. Selamat menikmati semuanya 🙂 Sumber foto: Wikimedia Commons

Gratin dauphinois

Untuk menyiapkan makanan khas Dauphiné ini, yang Anda butuhkan hanyalah kentang, crème fraîche, dan mungkin sedikit daun bawang segar. Hidangan ini sangat cocok dengan masakan tradisional Prancis dan dapat dimakan sebagai hidangan utama atau sebagai lauk.

Persiapan
Kentang dicuci, dikupas, lalu dipotong-potong (dimasak hanya di oven), kurang lebih halus sesuai resep. Cincin ini tidak boleh dicuci atau bahkan dibilas, pati yang dikandungnya berfungsi untuk mengikat krim atau susu.

Tambahkan bawang putih, crème fraîche, dan susu (sebagai alternatif crème fraîche cair).
Beberapa resep modern memerlukan penambahan keju keras yang sudah dimasak, terutama untuk bagian atasnya yang kecokelatan. Di daerah tertentu di Haut Vercors, sisa keju tua dari tahun itu digunakan untuk menggaruk.
Pemanggangan berlangsung lambat, lebih dari 90 menit untuk meningkatkan penyerapan krim oleh kentang.
Gratin Savoyard, variasi gratin dauphinois, dibuat tanpa menggunakan susu, telur atau krim.

Gratin dauphinois makanan prancis

Gratin dauphinois atau kentang à la dauphinoise adalah hidangan gratin tradisional masakan Prancis, yang berasal dari Dauphinoise, dibuat dengan kentang dan susu. Hidangan ini dikenal di Amerika Utara sebagai “kentang gaya au gratin” atau “kentang au gratin”. Sumber foto: Open Food Facts

Soupe à l’oignon (Sup bawang bombay)

Sup bawang sudah dianggap sebagai hidangan khas Prancis sejak lama. Tapi popularitasnya baru dimulai pada awal abad ke-18. Sebelumnya, sup bawang dianggap sebagai “hidangan orang miskin”. Sekarang sangat populer dan telah dikunjungi kembali oleh banyak koki Prancis seperti Alain Passard.

Soupe a l oignon sup bawang bombay

Untuk menghangatkan badan, apa yang lebih baik dari sup panas? Siapkan sup bawang au gratin tradisional (soupe à l’oignon gratinée) dalam waktu singkat. Disajikan sangat panas, tetap sangat ringan, disertai dengan beberapa crouton. Sumber foto: Wikimedia Commons

Bouillabaisse

Bouillabaisse (dari Provençal Occitan bolhabaissa, dari bolh, “il bout” dan diturunkan, “il abaisse”, berbicara tentang api. Artinya: pada saat mendidih, apinya dimatikan) adalah hidangan tradisional Marseille yang terbuat dari ikan dari Mediterania. Rebusan ini, dimasak dalam air atau anggur putih, dibumbui dengan bawang putih, minyak zaitun atau kunyit, disajikan dalam dua tahap: sup, lalu ikan. Sup ikan dimakan dengan crouton roti bawang putih, olesi rouille, dibasahi dengan minyak zaitun dan kentang rebus.

Bouillabaisse makanan pPrancis

Bouillabaisse dengan ikan adalah keluarga dan sup tradisional yang akan menyenangkan semua tamu Anda! Ikan dicampur (monkfish, ikan “kalajengking” atau red scorpionfish, gurnard, kakap putih atau sea bass, belut conger…) dan dibumbui dengan pastis sebelum dimasak dalam campuran tomat, kentang, bawang merah, bawang putih, kunyit dan kulit jeruk. Sumber foto: Arnaud 25 / Wikimedia Commons

Sole meunière

Sole meunière (atau sole à la meunière) adalah hidangan ikan klasik masakan Prancis. Ini terdiri dari satu-satunya sebaiknya utuh, tetapi yang kulit abu-abunya telah dihilangkan, dilapisi tepung dan digoreng dengan mentega dalam wajan. Anda juga bisa menggunakan fillet tunggal. Hidangan ini disajikan dengan saus meunière, saus mentega cokelat, peterseli, dan sedikit jus lemon. Solnya memiliki tekstur yang ringan namun lembut dan rasa yang ringan. Dalam kebaktian klasik, pelayan mengangkat tulang dan menyiapkan piring fillet tunggal di sebelah meja. Karena sole adalah ikan pipih, satu ikan akan menghasilkan empat fillet, bukan dua pada ikan bulat. Saat menyiapkan meunière sol, lebih disukai menggunakan ikan sol (ikan sebelah) asli.

Ikan sole meuniere makanan Prancis

Sole meunière adalah hidangan ikan klasik masakan Prancis. Ini terdiri dari satu-satunya sebaiknya utuh, tetapi yang kulit abu-abunya telah dihilangkan, dilapisi tepung dan digoreng dengan mentega dalam wajan. Anda juga bisa menggunakan fillet ikan sol (ikan sebelah). Sumber foto: fs999 / Flickr

Sumber bacaan: Cleverly Smart

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-06-28T10:10:10+07:00 Juni 28th, 2021|Makanan & Minuman|0 Comments

Leave A Comment