fbpx

Minyak Goreng Mana Yang Lebih Baik Digunakan Untuk Kesehatan?

Minyak Goreng Mana Yang Lebih Baik Digunakan Untuk Kesehatan?

Banyak begitu perdebatan tentang manfaat dan bahaya yang berasal dari mengkonsumsi berbagai jenis lemak-lemak. Pasti Anda bertanya-tanya minyak goreng mana yang lebih baik digunakan untuk kesehatan? Baca artikel ini sampai habis, untuk mengethui minyak goreng mana yang lebih baik digunakan untuk kesehatan!

Lemak jenuh (seperti mentega dan lemak babi), kita telah diberitahu, bahwa mereka buruk bagi kesehatan kita.

Lemak tak jenuh ganda (seperti minyak bunga matahari dan minyak jagung) yang baik bagi kita. Tetapi hal ini hanya melihat lemak pada suhu ruangan saja. Ketika mereka dipanaskan, mereka dapat berubah sepenuhnya, malah menjadi bahan kimia yang berbahaya. Dan kemudian situasinya jauh lebih rumit.

Namun ini bukan hanya masalah memilih satu minyak goreng yang paling sehat, tetapi juga apakah makanan Anda akan tetap sehat setelah dimasak menggunakan minyak tersebut.

 

Suhu Dimana Minyak Mulai Memanas Dan Berasap

Asap terjadi ketika komponen non-lemak dan asam lemak bebas mulai rusak. Produk seperti minyak zaitun extra virgin mengandung banyak komponen non-lemak, seperti anti-oksidan, sehingga cenderung memiliki titik asap rendah. Minyak “refined” atau suling, memiliki titik pengasapan yang lebih tinggi.

Namun, Profesor Martin Grootveld dari De Montfort University telah menunjukkan bahwa ketika kita memanaskan minyak dan lemak lainnya. Reaksi kimia dari memanaskan minyak lebih berbahaya dan yang terjadi adalah merubah struktur molekul minyak dan lemak dan menciptakan senyawa baru yang bisa berbahaya bagi kesehatan kita. Dan ini benar-benar harus dipikirkan ketika memilih minyak goreng.

 

Mengapa lemak yang dipanaskan menghasilkan produk yang lebih beracun dari pada lemak lainnya?

Lemak jenuh disebut dengan demikian karena atom karbon yang “jenuh” dengan 4 ikatan kovalen tunggal (mereka tidak mengandung ikatan karbon-karbon ganda). Asam lemak tak jenuh mengandung ikatan ganda karbon-karbon dan ini membuat minyak lebih rentan terhadap oksidasi. Lemak tak jenuh tunggal (MUFAs: Monounsaturated fats) berisi ikatan satu karbon-karbon ganda.

Dan lemak tak jenuh ganda (PUFA: Polyunsaturated fats) mengandung 2 atau lebih ikatan karbon-karbon ganda yang membuat mereka jauh lebih stabil bila dipanaskan.

 

Jadi, Dengan Minyak Apa Saya Harus Memasak?

Jika Anda ingin mencoba dan mengurangi produksi aldehida (contoh senyawa aldehid adalah formalin yang sering digunakan dalam pengawetan zat organik), Martin menyarankan bahwa Anda lebih baik memilih untuk minyak atau lemak yang tinggi dalam “jenuh tunggal” atau “jenuh lipida” (disukai lebih besar dari 60% untuk satu atau yang lain, dan lebih dari 80% untuk dua gabungan) dan rendah polyunsaturates (kurang dari 20%).

Minyak goreng mana yang lebih baik digunakan untuk kesehatan? Minyak zaitun adalah kompromi yang baik karena itu mengandung sekitar 76% monounsaturates, 14% jenuh dan hanya 10% polyunsaturates.

 

Disarankan Untuk Menggunakan Dengan Jumlah Minimal

Ketika Anda memasak, cobalah untuk meminimalkan jumlah minyak yang Anda gunakan. Serap kelebihan minyak dengan handuk atau lap kertas.

Hati-hati dengan bagaimana Anda menyimpan minyak tersebut. Lemak rentan terhadap oksidasi ketika mereka terkena cahaya, panas dan oksigen, jadi cobalah menjaga minyak Anda tertutup rapat, disimpan di dalam lemari dan tempat yang kering.

 

3 Tipe Jenis Lemak Minyak

1. Lemak jenuh (saturated fat)

Contoh lemak jenuh

Margarin, mentega, lemak babi, minyak kelapa, minyak kelapa sawit, minyak safflower (juga dikenal sebagai Bull safron. Minyak ini sering digunakan dalam dressing salad, oleh orang-orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan), minyak biji sawit.

Fisik lemak jenuh

Padat dalam kondisi suhu didalam ruangan.

Makanan yang tinggi akan lemak jenuh telah dikaitkan terhadap penyumbatan arteri, yang kemudian meningkatan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung. Beberapa jenis minyak goreng di atas memiliki kadar lemak jenuh yang sangat tinggi, bahkan melebihi sumber lemak jenuh dalam daging.

 

2. Lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fat)

Contoh tak jenuh ganda

Minyak canola, minyak biji bunga matahari, minyak kacang walnut.

Fisik tak jenuh ganda

Cair, bahkan jika disimpan dalam lemari pendingin.

Minyak yang tinggi akan kandungan minyak tak jenuh ganda, seperti minyak jagung dan minyak biji bunga matahari, menghasilkan kadar tinggi aldehida. Walaupun begitu, Grootveld menegaskan bahwa kedua minyak ini tergolong aman untuk digunakan selama Anda tidak menempatkannya pada suhu panas tinggi, misalnya saat menggoreng atau memasak.

Ketika digunakan dalam batas aman, lemak tak jenuh ganda dapat membantu meningkatkan tingkat kolesterol darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Istilah lain yang digunakan untuk menggambarkan jenis tertentu dari lemak tak jenuh ganda adalah “Omega-6” dan “Omega-3”. Meskipun keduanya sangat penting untuk kesehatan tubuh secara umum, omega-3 memiliki tambahan manfaat bagi kesehatan jantung dan anti-peradangan.

 

3. Minyak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat)

Contoh tak jenuh tunggal

Minyak zaitun (olive oil), minyak kacang.

Fisik tak jenuh tunggal

Cair dalam suhu ruangan namun berubah semi-padat (keruh berawan) dalam lemari pendingin.

Ketika menggantikan lemak jenuh, lemak tak jenuh tunggal dapat membantu meningkatkan tingkat kolesterol darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Minyak zaitun, yang mengandung sekitar 76% lemak tak jenuh tunggal, adalah elemen kunci dalam diet Mediterania, yang telah terbukti secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung.

Singkatnya, minyak goreng yang sehat adalah produk minyak yang mengandung lemak tak jenuh ganda dan minyak tak jenuh tunggal “seperti miyak zaitun dan canola” untuk meminimalisir risiko berbagai penyakit jantung.

 

Saran Untuk Minyak Goreng Mana Yang Lebih Baik Digunakan?

Jaga jumlah lemak jenuh yang Anda konsumsi sesedikit mungkin; Teliti label produk sebelum membeli untuk melihat jenis lemak yang terkandung di dalamnya.

Anda juga seharusnya menghindari produk-produk berbahan dasar lemak trans dan minyak yang terhidrogenasi adalah dua jenis minyak yang jauh lebih buruk daripada lemak jenuh untuk kesehatan Anda.

 

Bacaan Lainnya

    

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber: BBC UK, Profesor Martin Grootveld, Wiley Online Library, NCBI, Perpustakaan Cyber, Nestlé

 

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-01-14T18:59:25+07:00 Maret 24th, 2018|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment