Makanan Tidak Berlemak | Produk Segar, Susu, Bumbu, Biji-Bijian

Daftar Makanan Tidak Berlemak

Meskipun makanan rendah lemak atau makanan tidak berlemak merupakan alternatif untuk diet sehat, makanan tersebut bukanlah obat untuk menurunkan berat badan. Dalam banyak jenis produk ini, tambahan gula, pati, dan garam digunakan untuk menggantikan penyedap lemak yang hilang.

Saat mempertimbangkan makanan tidak berlemak, penting untuk diingat bahwa tidak semua jenis lemak tidak sehat. Kuncinya adalah makan makanan bergizi dan alami yang bervariasi dan hindari makanan yang tinggi lemak jenuh atau trans. Produsen pembuat makanan menambahkan lemak jenuh atau lemak trans ke dalam makanan untuk memperpanjang umur simpannya. Jenis lemak ini juga terdapat pada gorengan.

Satu gram lemak sama dengan sembilan kalori, sedangkan protein dan karbohidrat mengandung empat kalori per gram, itulah sebabnya makanan rendah lemak dapat memberikan pilihan makan berkalori rendah. Gabungkan makanan bebas lemak – makanan yang mengandung kurang dari setengah gram lemak per porsi – ke dalam diet Anda untuk membantu membatasi asupan kalori Anda.

Makanan Bebas Lemak dengan Produk Susu

Susu skim bebas lemak dan tetap memberikan jumlah protein dan kalsium yang sama dengan susu murni. Produk susu yang terbuat dari susu skim juga bebas lemak. Yoghurt tanpa lemak tidak mengandung lemak sehingga menjadikannya pilihan tinggi protein rendah kalori yang sangat baik.

Keju cottage, seperti susu, hadir secara utuh, 2 persen dan versi bebas lemak, juga memberikan nutrisi yang sama seperti keju sarat lemak. Es krim yang dibuat dengan susu skim bebas lemak. Yang harus Anda perhatikan, saat memilih es krim bebas lemak, adalah memeriksa gula tambahan dan pati lainnya. Jika Anda mengganti satu zat tidak sehat dengan zat lain, Anda tidak memperbaiki pola makan Anda meskipun Anda mungkin menjaga kalori tetap rendah.

Baca juga 👉 Kolesterol Baik dan Kolesterol Jahat | Cegah Oksidasi LDL / Kolesterol Jahat

Produk Segar tanpa Lemak

Kebanyakan buah dan sayuran adalah makanan non-lemak dalam bentuknya yang paling murni. Kelapa dan alpukat adalah pengecualian. Saus, mentega dan topping lain yang Anda berikan pada buah dan sayuran biasanya menjadi penyebab meningkatnya kandungan lemak saat mengonsumsi buah dan sayuran.

Ada cara mudah untuk membuat sayuran Anda enak tanpa memasaknya dengan produk yang mengandung lemak. Coba kukus sayuran Anda dan gunakan kecap, sambal manis, saus barbeque, atau berbagai bumbu dan berbagai jenis cuka. Dengan wajan anti lengket berkualitas, Anda bahkan dapat menggorengnya dengan saus ini.

Kebanyakan kacang-kacangan dan polong-polongan bebas lemak jika bentuknya paling dekat dengan bentuk aslinya. Kacang kalengan sering kali tidak memiliki lemak tambahan dan siap untuk dimakan – pastikan untuk memilih jenis yang rendah natrium.

Bumbu Diet Bebas Lemak

Meskipun krim dan saus biasanya mengandung lemak, seperti yang Anda lihat dari contoh sayuran, ada banyak bumbu bebas lemak yang dapat Anda gunakan untuk membumbui makanan. Kecap, kecap Inggris, mustard, dan saus tomat bebas lemak. Cuka tersedia dalam berbagai rasa untuk menambah rasa bebas lemak pada hidangan.

Salsa yang dibuat dengan bahan-bahan alami seperti tomat, paprika, daun ketumbar, bawang bombay, peterseli dan air jeruk nipis atau sayuran lainnya adalah bumbu bebas lemak lain yang dapat membumbui makanan.

Jangan lupa untuk melatih kontrol porsi saat menggunakan bumbu untuk membumbui makanan Anda. Meskipun mungkin bebas lemak, banyak bumbu yang mengandung gula – yang meningkatkan asupan kalori Anda. Atau mereka dikemas dengan natrium, yang bisa menjadi tidak sehat jika dikonsumsi dalam porsi yang terlalu besar.

Biji-bijian Tanpa Lemak

Biji-bijian adalah sumber makanan bebas lemak yang bagus dalam keadaan alami mereka, meski kebanyakan orang tidak makan biji-bijian mentah. Cari produk yang tidak mengandung lemak tambahan untuk membuatnya lebih beraroma. Beberapa bagel di pasaran tidak mengandung lemak tambahan. Meskipun Anda ingin memilih keju bebas lemak untuk disertakan bersama makanan Anda.

Sumber biji-bijian bebas lemak juga tersedia dalam beberapa jenis sereal, seperti gandum dan beras kembung, sereal dedak (limbah penggilingan/penumbukkan padi), dan sereal gandum krim.

Baca juga 👉 Makanan Rendah Lemak Yang Cocok dan Baik Untuk Kesehatan Anda

Masalah Makanan Bebas Lemak

Makanan bebas lemak tidak sama dengan makanan sehat. Banyak permen, meskipun bebas lemak, bukanlah makanan tambahan yang sehat dan tidak boleh dimakan setiap hari. Nikmati makanan bebas lemak selain diet bergizi secara keseluruhan untuk membantu mengurangi kalori dan membantu gaya hidup sehat.

Dan jangan lupa, saat menjalani diet bebas lemak, lemak memang memiliki manfaatnya. Ini baik untuk rambut dan kulit Anda, membantu Anda menyerap vitamin dan menyediakan asam lemak esensial yang penting untuk kesehatan Anda. Jadi, tidak apa-apa menikmati alpukat sesekali.

Sumber bacaan: Science Direct,

Leave A Comment