Jam Kerja Organ Tubuh Manusia | Cara Kerja Jam Biologis dan Pengaruhnya pada Kesehatan

4 min read

Jam kerja organ tubuh manusia

Jam Kerja Organ Tubuh Manusia

Dalam pengobatan Tiongkok, jam kerja organ tubuh manusia dibagi menjadi 12 interval per-dua jam dari Qi (kekuatan vital) yang bergerak melalui sistem organ. Praktisi Pengobatan Tiongkok menggunakan Jam Organ Tubuh untuk membantu mereka menentukan organ yang bertanggung jawab atas beberapa penyakit.

Baca juga ? Organ dalam tubuh manusia yang dapat beregenerasi sendiri? (tumbuh kembali)

Misalnya, jika Anda terbangun antara pukul 3-5 pagi setiap pagi, Anda mungkin memiliki kesedihan yang mengganggu Anda atau Anda mungkin memiliki kondisi di area paru-paru. Jika perasaan marah atau kesal muncul, Anda mungkin merasakannya paling kuat selama waktu Hati yaitu 1-3 pagi atau mungkin jika Anda mengalami sakit punggung pada akhir hari kerja Anda, Anda bisa memiliki emosi ketakutan yang terpendam, atau mungkin bahkan masalah ginjal.

05.00 – 07.00 Usus besar

Aktivitas usus besar normal sedang kuat saat ini. Penyerapan air di dalam tubuh akan lebih banyak terjadi, begitu juga dengan pembuangan sisa-sisa metabolisme tubuh. Kami menganjurkan buang air besar secara teratur dan minum air putih.

Ini juga waktu yang ideal untuk mencuci tubuh dan menyisir rambut. Diyakini bahwa menyisir rambut Anda membantu membersihkan energi dari pikiran. Pada saat ini, emosi defensif atau perasaan terjebak dapat muncul.

7:00-9:00 Perut

Merupakan jam kerja organ untuk perut, jadi penting untuk makan makanan terbesar hari ini. Maksudnya untuk mengoptimalkan pencernaan dan penyerapan. Makanan hangat yang bernutrisi tinggi paling baik dilakukan di pagi hari. Emosi dan perasaan yang mungkin dapat dicampur aduk saat ini termasuk jijik atau putus asa.

9:00-13:00 Pankreas dan Limpa

Waktu Pankreas dan Limpa bekerja, di mana enzim dilepaskan untuk membantu mencerna makanan dan melepaskan energi untuk hari berikutnya. Ini adalah waktu yang ideal untuk berolahraga dan bekerja. Lakukan tugas Anda yang paling membebani hari ini saat ini. Emosi seperti harga diri rendah mungkin bisa dirasakan saat ini.

11.00-13.00 Jantung memompa nutrisi keseluruh tubuh

Jam ini adalah waktu Jantung yang akan bekerja untuk memompa nutrisi ke seluruh tubuh untuk membantu memberi Anda energi dan nutrisi. Ini juga saat yang tepat untuk makan siang dan disarankan untuk makan makanan ringan yang dimasak. Tidur siang satu jam atau secangkir teh juga dianjurkan selama waktu ini. Perasaan sangat senang atau sedih juga bisa dialami saat ini.

13:00-15:00 Usus kecil

Jam kerja organ usus kecil dan saat makanan yang dimakan lebih awal akan menyelesaikan pencernaan dan asimilasi. Ini juga saat yang tepat untuk melakukan tugas atau olahraga sehari-hari. Terkadang, pikiran rentan atau perasaan ditinggalkan saya secara tidak sadar muncul saat ini.

15:00-17:00 Kandung kemih

Jam 3-5 sore adalah waktu kandung kemih saat sisa metabolisme berpindah ke sistem penyaringan ginjal. Ini adalah waktu yang tepat untuk belajar atau menyelesaikan pekerjaan yang menantang otak. Secangkir teh lagi disarankan seperti minum banyak air untuk membantu proses detoksifikasi. Perasaan jengkel atau penakut juga bisa terjadi saat ini.

Paru-paru melemah saat ini. Proses pembentukan racun dan pembuangan energi paru-paru. Sebaiknya istirahat dan tidur untuk mengefektifkan aktivitas energi pembentukan paru-paru.

17:00-19:00 Ginjal

Jam 5-7 malam adalah waktu Ginjal ketika darah disaring dan ginjal bekerja untuk menjaga keseimbangan kimiawi yang tepat. Ini adalah waktu yang tepat untuk makan malam dan mengaktifkan sirkulasi Anda baik dengan berjalan kaki, pijat, atau peregangan. Pikiran bawah sadar ketakutan atau teror juga bisa aktif saat ini.

Ginjal aktivitas normal sedang kuat saat ini. Proses pembentukan sum-sum sel tulang dan otak yang menunjang kecerdasan. Padahal ini saat yang tepat untuk belajar.

19:00-21:00 Perut

7-9 malam adalah waktu sirkulasi ketika nutrisi dibawa ke kapiler dan ke setiap sel. Aktivitas normal perut melemah saat ini. Lambung akan melemah, sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan yang sulit dicerna.

Ini waktu yang tepat untuk membaca. Hindari melakukan aktivitas mental saat ini. Kesulitan dalam mengekspresikan emosi juga mungkin dirasakan, namun ini adalah waktu yang tepat untuk berhubungan seks atau hamil.

21:00-23:00 Limpa, sistem endokrin (hormon)

9-11 malam adalah waktu limpa, sistem endokrin (hormon) di mana homeostasis tubuh disesuaikan dan enzim diisi kembali. Dianjurkan untuk tidur pada jam-jam tersebut agar tubuh dapat menghemat energi untuk keesokan harinya. Perasaan paranoia atau kebingungan juga bisa dirasakan.

Aktivitas limpa normal melemah saat ini. Proses pembuangan, regenerasi sel-sel limpa, dan pembentukan imunitas tubuh. Sebaiknya istirahat sejenak dan mendengarkan musik yang menenangkan jiwa untuk memberi jalan bagi peningkatan imunitas tubuh.

23:00-1:00 Kandung empedu

Pada jam 11.00 malam – 01.00 Pagi adalah waktu Kandung Empedu dan jika keesokan hari ingin bangun dengan memiliki energi, tubuh harus istirahat. Dalam pengobatan Tiongkok, periode waktu ini adalah ketika energi yin memudar, energi ad yang mulai tumbuh. Energi Yang membantu Anda tetap aktif di siang hari dan disimpan saat Anda tidur. Perasaan dendam bawah sadar mungkin muncul selama ini.

Aktivitas normal jantung melemah saat ini. Seharusnya sudah tidur untuk menjaga kestabilan performa saat jantung melemah. Jika masih beraktivitas atau bekerja akan mengakibatkan fungsi jantung pun semakin melemah dan berdampak buruk pada organ lain di kemudian hari.

1:00-3:00 Hati

1-3 pagi adalah waktu Hati dan waktu ketika tubuh harus tidur. Selama waktu ini, racun dilepaskan dari tubuh dan darah segar baru dibuat.

Aktivitas jantung normal sedang kuat saat ini. Proses pembuangan limbah beracun dan sisa-sisa hasil metabolisme tubuh. Jika terjadi kerusakan hati maka akan tercermin pada kotoran dan gangguan pada mata. Jika ada luka di tubuh, maka rasa sakit itu akan dirasakan saat itu juga.

Jika Anda mendapati diri Anda terbangun selama waktu ini, Anda mungkin memiliki terlalu banyak energi Yang atau masalah dengan hati atau jalur detoksifikasi Anda. Ini juga saat amarah, frustasi dan amarah.

3:00-5:00 Paru-paru

3-5 pagi waktu Paru-paru dan sekali lagi, inilah waktu di mana tubuh harus tidur. Jika terbangun saat ini, latihan yang menenangkan saraf disarankan seperti latihan pernapasan. Tubuh harus tetap hangat saat ini juga untuk membantu paru-paru mengisi kembali tubuh dengan oksigen.

Aktivitas paru-paru normal sedang kuat saat ini. Proses pembuangan limbah dan racun dari paru-paru. Dalam kasus batuk, bersin atau berkeringat ini menggambarkan adanya gangguan fungsi paru. Sebaiknya Anda melakukan aktivitas olah nafas untuk mendapatkan energi yang kuat dan sehat.

Paru-paru juga berhubungan dengan perasaan sedih.

Memahami bahwa setiap organ memiliki jadwal perbaikan / pemeliharaan yang harus dijaga setiap hari memberi Anda kesempatan untuk belajar bagaimana merawat diri sendiri untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan. Ini juga memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi dengan tepat sistem organ atau emosi mana yang perlu diperkuat / diselesaikan.

Selalu gunakan gejala dan isyarat tubuh Anda sebagai panduan, dan jika Anda membuat hubungan di atas, seperti Anda mengantuk antara pukul 5-7, jangan ragu untuk meneliti apa yang dapat Anda lakukan untuk memperkuat meridian itu (yang akan menjadi Ginjal ).

Jam berapa tubuh paling aktif?

Pada pagi hari.
Seluruh tubuh dan pikiran Anda dalam kondisi prima dan oleh karena itu waktu ini paling cocok untuk membuat keputusan penting. Tekanan darah lebih tinggi sebelum tengah hari, turun sedikit di sore hari dan mulai naik lagi menjelang malam. Itulah mengapa kami paling aktif di pagi hari.

Organ mana yang bekerja siang dan malam?

Sel-sel kulit dan hati tampaknya memiliki jam sirkadian sendiri. Baik hati dan kulit merespons perubahan cahaya dan mempertahankan fungsi kritis, terlepas dari ritme sirkadian otak.

Sumber bacaan: Health Line,

Sumber foto: Pixy

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.