Karakteristik 4 Musim Di Bumi – Apa Yang Menyebabkan Musim Berganti? – Ramalan / Prakiraan Cuaca

3 min read

4 Musim di Bumi - Kenapa Musim Berganti

Penjelasan Musim

Musim di Bumi adalah suatu periode waktu dalam setahun yang berdasarkan iklim dan cuaca.

Penyebab Musim Berganti

Jawabannya dapat ditemukan dalam cara Bumi bergerak dalam kaitannya dengan Matahari.

Sumbu bumi adalah garis imajiner (garis imajinasi atau hanya gambaran saja) yang berjalan di antara kutub utara dan selatan. Setiap hari, Bumi membuat satu putaran penuh pada porosnya. Rotasi ini memakan waktu 24 jam, yang kita sebut sebagai “satu hari”.

Sementara Bumi sedang sibuk untuk berputar, ia juga menyusuri “jalan oval raksasa” yang sedang mengelilingi Matahari. Jalan ini disebut orbit Bumi. Dibutuhkan unutk planet Bumi kita 365 hari untuk membuat satu perjalanan yang lengkap mengelilingi Matahari. Sebenarnya, perjalanan mengelilingi Matahari adalah bagaimana kita mendefinisikan satu tahun. [1]

Pada saat Bumi mengorbit atau berputar pada Matahari, posisi Bumi sedikit miring pada porosnya. Kemiringan tersebut berarti bahwa, pada hari tertentu, menyebabkan bagian dari bumi untuk bersandar terhadap Matahari, sedangkan bagian lainnya tersembunyi baik di bagian bawah Bumi atau di atas Bumi, menyebabkan bagian yang berbeda dari permukaan bumi untuk menerima jumlah yang berbeda dari sinar matahari dan panas.

Pada saat mengelilingi matahari, posisi bumi miring. Hal ini menyebabkan pergantian musim sepanjang tahun. Pergerakan matahari mengubah peta suhu udara dan permukaan tanah dan samudera. [NASA]

Perubahan Musim Dan Iklim Tergantung Dimana Anda Berada

Musim di Bumi dapat bervariasi menurut lokasi, namun ini tergantung pada tempat Anda berada di Bumi, yang disebut “belahan bumi” atau hemisfer (bagian utara dan selatan) menurut garis khatulistiwa yang menunjuk ke arah Matahari. Pada saat belahan bumi yang menjauh atau berdekatan dengan Matahari, perubahan musim dan iklim akan terjadi.

Ramalan Cuaca / Prakiraan Cuaca



Untuk melihat ramalan cuaca atau prediksi cuaca di seluruh Indonesia, Anda juga dapat mengunjungi situs BMKG.

Atau prakiraan cuaca dunia di Accu Weather.

Musim Di Indonesia

Tetapi, di Indonesia karena terletak di daerah tropis, maka secara ilmiah hanya dibagi menjadi 2 musim saja, yaitu:

  • Musim hujan
  • Musim kemarau

Penjelasan Musim Hujan dan Musim Kemarau di Indonesia

Meskipun secara ilmiah, Indonesia hanya memiliki 2 musim yakni musim kemarau dan musim penghujan, namun penduduk sekitar Indonesia memiliki pembagian lain. Mereka membagi musim menjadi 3:

  • Kemarau
  • Pancaroba
  • Penghujan.

Hal ini di sebabkan karena pada masa peralihan antara musim kemarau dan penghujan, dengan proses terjadinya hujan dan banyak penyakit yang mewabah di mana-mana yang diakibatkan dari peralihan musim. Dan biasanya beberapa anak mengalami demam, flu, batuk dan sebagainya. Sehingga di Indonesia menetapkan pembagian musim hujan dan kemarau yang akan turun pada kurun waktu tertentu.


4 Musim Di Bumi

Musim dapat bervariasi secara signifikan dalam karakteristik dan dapat berubah-ubah di dunia. Mari kita lihat ikhtisar empat periode yang berbeda ini.

  • Semi
  • Panas
  • Gugur
  • Dingin

Semi

Di musim semi, vegetasi mulai tumbuh dan benih beserta akar mulai tumbuh. Cuaca lebih hangat dan sering hujan. Hewan yang bersifat mati suri akan bangun kembali, biasanya yang terjadi dari musim dingin dari ke iklim yang lebih hangat. Mencairnya salju dari musim dingin sebelumnya, seiring dengan meningkatnya curah hujan, dapat menyebabkan banjir di sepanjang jalur-jalur air, menurut Federal Emergency Management Agency (FEMA). [2]

Panas

Di musim panas, suhu bisa meningkat hingga terpanas pada setahun. Jika lonjakan terlalu tinggi, gelombang panas atau kekeringan dapat menyebabkan masalah bagi manusia, hewan dan tumbuhan. Misalnya, pada musim panas tahun 2003 di Eropa, suhu tinggi menelan lebih dari 30.000 nyawa, menurut Encyclopedia Britannica. [3] Curah hujan juga meningkat di beberapa daerah. Beberapa negara atau kota-kota lain mungkin menerima sedikit curah hujan dan kebakaran hutan bisa menjadi lebih sering.

Gugur

Di musim gugur, suhu mendingin kembali. Tanaman mungkin mulai tumbuh tidak aktif lagi. Hewan dapat mempersiapkan diri menghadapi cuaca dingin yang akan datang, menyimpan makanan atau bepergian ke daerah yang lebih hangat. Berbagai budaya telah merayakan panen yang melimpah dengan festival tahunan. Thanksgiving adalah contoh yang bagus. “Thanksgiving di Amerika Serikat adalah sebuah peringatan sejarah namun memiliki dimensi spiritual yang sangat terkait dengan kepulangan dan memberi pujian atas apa yang telah dianugerahkan kepada kita”.

Dingin

Musim dingin sering membawa angin yang dingin. Beberapa daerah negara mungkin mengalami hujan salju atau es, sementara yang lain hanya mendapat hujan deras. Hewan menemukan cara untuk menghangatkan diri mereka sendiri dan mungkin telah mengubah penampilan mereka untuk beradaptasi.

Daerah Indonesia yang mendapat susana iklim salju adalah daerah Grasberg – Kabupaten Mimika, Papua. Dilihat dari karakteristik daerah tersebut yang berada di puncak dengan ketinggian 4.285 mdpl yang menjadikan suhu di daerah tersebut bisa mendapat 0-2 derajat celcius sehingga berkemungkinan turunya hujan salju.


Tanggal-Tanggal Kalender Perbedaan Musim Di Bumi

Agar menjadi konsisten dan membuat peramalan cuaca menjadi lebih baik dan mudah, ahli meteorologi membagi tahun menjadi 4 musim meteorologi masing-masing 3 bulan.

Musim-musim dibelahan Bumi utara

  • Semi: 21 Maret – 21 Juni
  • Panas : 21 Juni – 23 September
  • Gugur : 23 September – 22 Desember
  • Dingin : 22 Desember – 21 Maret

Musim-musim dibelahan Bumi selatan

  • Semi : 23 September – 22 Desember
  • Panas : 22 Desember – 21 Maret
  • Gugur : 21 Maret – 22 Juni
  • Dingin : 21 Juni – 23 September

Bumi bergerak mengelilingi matahari (revolusi) dan juga berotasi terhadap sumbu bola bumi. Namun sumbu rotasi bumi itu tidak tegak lurus terhadap sumbu revolusi. [4]


Apakah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)?

Melaksanakan tugas pemerintah Indonesia di bidang meteorologi, klimatologi, kualitas udara dan ggeofisika sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

BMKG mempunyai status sebuah Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND), dipimpin oleh seorang Kepala Badan.

Semua informasi mengenai Prakiraan Cuaca, Iklim, Kualitas Udara, dan Gempabumi yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia tercakup dalam satu aplikasi mobile. Anda dapat mengunduhnya di: Info BMKG – Cuaca, Iklim, dan Gempabumi Indonesia.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Live Science, NASA, Swinburne University of Technology

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.