Point Nemo | Definisi, Letak dan Lokasi Google Map | Bisakah Dikunjungi?

Point Nemo

Ini adalah istilah ilmiah untuk “kutub samudera yang tidak dapat diakses”, yaitu tempat di lautan yang terjauh dari daratan yang muncul. Lokasi Point Nemo di Pasifik Selatan ini, tanpa siapa pun di segala arah dalam area seluas 22 juta km², masih menyimpan misteri untuk diungkapkan…

Point Nemo adalah lokasi di lautan yang terjauh dari daratan.

Dalam bahasa Latin, “nemo” berarti “tidak ada”. Karena lokasinya yang jauh dari semua kehidupan manusia dan daratan yang muncul, “kutub samudra yang tidak dapat diakses” ini diberi nama Point Nemo. Spesialis navigasi mungkin tertarik untuk mengetahui bahwa itu terletak di 48 ° 52.6 ′ Lintang Selatan 123 ° 23.6 ′ Bujur Barat.

Untuk membayangkan seberapa besar zonanya, Anda perlu tahu bahwa daratan terdekat ke Point Nemo berjarak 2.700 km: Pulau Ducie di Kepulauan Pitcairn, di utara, pulau kecil Motu Nui di dekat Pulau Paskah, di barat laut, dan Pulau Maher di Antartika, di selatan. Ke barat, Anda harus melakukan perjalanan jauh ke Kepulauan Chatham, di Selandia Baru, dan ke timur, ke Chili untuk menemukan jiwa hidup lainnya.

Zona mati dari sudut pandang biologis?

Point Nemo sebenarnya mengacu pada sebuah wilayah di Samudra Pasifik Selatan sekitar 34 kali lebih besar dari Prancis, di mana kehidupan laut diperkirakan hampir tidak berevolusi: keterpencilan dan arus laut yang lemah berarti tidak ada cukup nutrisi di dalam air untuk lebih berkembang, lebih besar satwa liar untuk bertahan hidup.

Para ilmuwan ingin mempelajari lebih lanjut tentang mekanisme samudera yang bekerja di wilayah ini dan dasar lautnya. Kutub samudera yang tidak dapat diakses secara resmi ditemukan, melalui proses pengurangan, pada tahun 1992, dan belum benar-benar dieksplorasi sejak saat itu.

Baca juga 👉 5 Samudra Di Dunia: Arktik, Atlantik, Hindia, Pasifik & Selatan Raya (Antartika)

Bukan Nama Ikan Nemo

Point itu bukan nama dari ikan Nemo. Itu adalah penghargaan untuk Kapten Nemo dari “20,000 Leagues Under The Sea” karya Jules Verne – dan terjemahan Latin dari’ Nemo ‘sebenarnya berarti’ tidak ada orang ‘, nama yang cocok untuk tempat yang sangat sepi. Ketika kapal melewati Point Nemo, mereka lebih dekat dengan astronot di stasiun luar angkasa daripada manusia lain di Planet Bumi.

Poin kunci untuk industri luar angkasa

Orang yang paling dekat dengan Point Nemo tidak bepergian dengan perahu: mereka adalah astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional, yang terbang kurang dari 400 km di atas zona tersebut!

Tapi itu belum semuanya. Badan antariksa sangat akrab dengan Point Nemo: mereka menggunakannya saat menghitung lintasan masuk kembali selama proses “de-orbit” mereka. Di sinilah pesawat ruang angkasa yang dinonaktifkan mati. Misalnya, ketika stasiun luar angkasa Rusia, Mir, dinonaktifkan, kutub samudra yang tidak dapat diakses dipilih sebagai tempat untuk menabrak daratan untuk memastikan puing-puing yang dihasilkan oleh masuk kembali ke atmosfer bumi tidak menyebabkan kerusakan di darat. .

Akibatnya, kuburan pesawat ruang angkasa yang sesungguhnya telah dibuat selama bertahun-tahun di sekitar Point Nemo. NASA mendukungnya untuk tempat peristirahatan terakhir Stasiun Luar Angkasa Internasional, yang harus dibongkar atau dikonfigurasi ulang pada tahun 2024. Tetapi badan AS juga berencana untuk membuang teleskop luar angkasa yang saat ini menjadi ujung tombak astronomi berbasis ruang angkasa di wilayah Pasifik Selatan ini.

Point Nemo: latar untuk karya fiksi

Tempat di lautan yang terjauh dari daratan, tentu saja dinamai Kapten Nemo, tokoh utama di 20.000 Liga di Bawah Laut. Dalam novel Jules Verne, dia digambarkan sebagai antisosial, menghindari pergaulan dengan orang lain dengan menjelajahi lautan di kapal selamnya, Nautilus.

Ide tentang tempat terpencil di lautan sejak itu menikmati kesuksesan besar sebagai kiasan sastra. Penulis fiksi ilmiah Amerika H. P. Lovecraft memilih situs di Pasifik Selatan yang dekat dengan kutub samudra yang tidak dapat diakses untuk kota terpencil fiksi R’Lyeh, tempat entitas kosmik jahat Cthulhu dipenjara. Baru-baru ini, band virtual Gorillaz, yang diciptakan oleh musisi Inggris Damon Albarn, merilis Plastic Beach, sebuah album yang didasarkan pada sebuah benua yang terletak di garis lintang dan bujur yang sama dengan Point Nemo. Ini didedikasikan untuk konservasi laut!

Bisakah Anda mengunjungi Point Nemo?

Anda tidak bisa benar-benar melihatnya.

Ini adalah tempat tak terlihat di Samudra Selatan yang luas terjauh dari daratan, ke segala arah. Kutub lain yang tidak dapat diakses termasuk Kutub Eurasia, di Cina, atau Kutub Selatan yang Tidak Dapat Diakses di Antartika – tempat yang sangat sulit untuk dikunjungi.

Anda bisa pergi ke sana, jika itu yang Anda inginkan – tapi jangan berharap ada toko suvenir. Cukup masukkan angka ini ke GPS Anda [45º52.6S, 123º23.6W] dan mulailah berlayar – dan ingat, begitu Anda berada di sana, Anda harus pergi jauh untuk kembali ke darat. Jangan lupa untuk menyapa orang-orang di luar angkasa!

Google Map Point Nemo

Bacaan Lainnya

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “oooh begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: National Ocean Service, Geo Garage

Sumber foto: Wikimedia Commons

Penjelasan foto: lokasi R’Lyeh, kota fiksi yang muncul dalam tulisan H. P. Lovecraft († 1937). Lovecraft mengklaim R’lyeh terletak di 47 ° 9′S 126 ° 43′W di selatan Samudra Pasifik. Sementara August Derleth, seorang koresponden kontemporer Lovecraft dan salah satu pencipta Cthulhu Mythos, menempatkan R’lyeh di 49 ° 51′S 128 ° 34′W. Kedua lokasi dekat dengan kutub Pasifik yang tidak dapat diakses (titik “Nemo”, 48 ° 52.6′S 123 ° 23.6′W), titik di lautan yang terjauh dari daratan.

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

By | 2021-01-02T21:56:56+07:00 Januari 1st, 2021|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment