Samudra Terbesar Di Dunia Adalah Samudra Pasifik

Samudra Terbesar Di Bumi

Samudra terbesar di dunia adalah samudra Pasifik. Dia menutupi 30% permukaan Bumi. Ditemukan pada abad ke-16 oleh Vasco Nunez de Balboa .

Luas: 161,8 juta km²
Kedalaman rata-rata: 4.280 m

 

Daftar Lengkap 5 Samudra Di Dunia

5 Samudra Di Dunia: Arktik, Atlantik, Hindia, Pasifik & Selatan Raya (Antartika)

 

Sejarah Eksplorasi Spanyol Dan Portugal

Vasco Nunez de Balboa adalah orang Spanyol pertama sekaligus orang Eropa pertama yang melihat Samudra ini pada tahun 1513 ketika melewati tanah genting Panama dan menamakan samudra ini Mar del Sur atau lautan selatan.

Pada tahun 1520 tiga kapal yang diperintahkan oleh Ferdinand Magellan (1480 -1521) berlayar keluar dari lorong badai selat di ujung selatan Amerika Selatan ke Samudera Pasifik dan menamainya samudera damai, sunyi dan tenang.

 

Nama Asal Usul Samudra Pasifik

“Mar Pacifico” tahun 1521 yang merupakan bahasa Portugis untuk “Laut Damai”.

 

55 Negara Yang Berbatasan Dengan Samudra Pasifik

Ada 55 negara yang berbatasan dengan Samudra Pasifik termasuk Kanada, Amerika Serikat, China, Australia, Jepang, dan Meksiko.

 

Cekungan Laut Pasifik Adalah Rumah Bagi 75% gunung berapi di dunia


Cincin Api

Gunung berapi ini sebenarnya membentuk sebuah cincin di sekitar cekungan Samudra Pasifik dan dikenal sebagai Cincin Api. Karena jumlah aktivitas vulkanik di sekitar cekungan ini, daerah ini juga rentan terhadap gempa bumi. Pelat samudera kadang-kadang bisa bergerak di bawah lempeng tektonik yang kemudian dapat membuat daerah di dan sekitar Pasifik rentan terhadap tsunami (atau paling tidak, peringatan tsunami). Pada tahun 1883, sebuah gunung berapi di Krakatau meledak, menewaskan hampir 37.000 orang.

Pasifik Selatan adalah di mana Anda akan menemukan fenomena yang disebut atol yang merupakan polip karang, terbentuk di atas gunung berapi yang terendam. Karang tumbuh di sisi gunung berapi dan saat mencapai pusat gunung berapi “tua”, ia mati. Atol kemudian tumbuh keluar dari itu dalam bentuk cincin.

 

Ada Lebih Dari 25.000 Pulau Di Samudra Pasifik

Indonesia sendiri terdiri dari 17, 508 di antaranya, dan Jepang sekitar 3.000. Inilah salah satu fakta Samudra Pasifik yang sangat menarik. Konsentrasi pulau paling tinggi di Pasifik Selatan, dekat dengan khatulistiwa. Pasifik adalah rumah bagi pulau terbesar kedua di dunia, New Guinea.

 

Samudra Pasifik Memiliki Kemampuan Mempengaruhi Iklim Seluruh Dunia!

El Niño adalah gejala penyimpangan (anomali) pada suhu permukaan Samudra Pasifik di pantai Barat Ekuador dan Peru yang lebih tinggi daripada rata-rata normalnya.

Gejala ini lebih umum dikenal di kalangan awam dengan nama El Niño (bahasa Spanyol, dibaca: “El Ninyo”, yang berarti “anak laki-laki”). Gejala penyimpangan di tempat yang sama tetapi berupa penurunan suhu dikenal sebagai La Niña (dibaca “La Ninya”, yang berarti “anak perempuan”).

Istilah ini pada mulanya digunakan untuk menamakan arus laut hangat yang kadang-kadang mengalir dari Utara ke Selatan antara pelabuhan Paita dan Pacasmayo di daerah Peru yang terjadi pada bulan Desember.

Kejadian ini kemudian semakin sering muncul yaitu setiap 3 hingga 7 tahun serta dapat memengaruhi iklim dunia selama lebih dari satu tahun.

El Niño terjadi karena pemanasan di ekuator samudra pasifik dan pemanasan global juga menjadi salah satu unsurnya. Salah satu kejadian yang paling parah terjadi pada tahun 1982 ketika suhu di Pasifik naik 10 °C. Hal ini membawa banjir ke Chili, kekeringan ke Australia, badai parah ke Kanada dan topan ke kepulauan Pasifik Selatan.

 

Karakteristik Samudra Pasifik

Samudra Pasifik terdiri atas sekitar 25.000 kepulauan (lebih dari jumlah kepulauan yang berada di lautan dunia lainnya jika digabung), yang mayoritas terletak di selatan khatulistiwa.

Titik tertinggi dan terendah

  • Titik terendah: -10.924 m (-35.840 kaki). di dasar Palung Mariana
  • Titik tertinggi: permukaan laut 0 m

Ciri khas perairan

  • Merupakan samudera terluas di dunia
  • Dasar samuderanya merupakan pusat gempa bagi Jepang dan pantai barat benua Amerika
  • Banyak terdapat gunung-gunung laut
  • Terdapat arus panas kurosyiwo (黒潮 「くろしお」) dan arus dingin oyashio (親潮 「おやしお」)
  • Terdapat gejala iklim global yaitu el nino dan la nina

Iklim

Di Samudera Pasifik sering terjadi badai karena merupakan pusat badai tropis

Geologi

Samudera Pasifik ini merupakan daerah divergensi lempeng samudera bergerak saling menjauh.

 

Samudra Pasifik

Maris Pacifici oleh Ortelius (1589). Salah satu peta cetak pertama yang menunjukkan Samudra Pasifik

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “ohh begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Facts

    

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-04-29T12:03:55+07:00 Februari 7th, 2018|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment