fbpx

Susu Kental Manis vs Susu Evaporasi – Apa Bedanya? Apakah Baik Bagi Kesehatan?

Susu Kental Manis

Susu kental, atau lebih umum susu kental manis, adalah susu sapi yang airnya dihilangkan dan ditambahkan gula, sehingga menghasilkan susu yang sangat manis rasanya dan dapat bertahan selama satu tahun bila tidak dibuka. Susu kental manis sering ditambahkan pada hidangan penutup, seperti kue atau minuman es.

Apakah susu kental manis baik baik bagi kesehatan?

Susu kental manis ini tidak cocok untuk bayi atau anak-anak karena susu jenis ini bukanlah susu jenis gizi seimbang, terlalu banyak mengandung kalori daripada zat gizinya. Susu jenis ini lebih tepat dikonsumsi sebagai penambah cita rasa dari suatu makanan atau minuman. Tinggi lemak dan kalori, tergantung pada jenis yang Anda gunakan.

Menurut seorang ahli nutrisi, susu kental manis bukanlah termasuk kategori susu murni, susu adalah cairan yang diproduksi oleh kelenjar susu pada mamalia termasuk manusia dan kandungan kalsium dan protein dalam produk-produk kental manis sangat rendah.

 

Susu kental manis

Susu kental manis. Sumber foto: Pixabay

 

Susu Evaporasi

adalah susu sapi yang 60% kadar airnya dihilangkan dari susu segar. Ia berbeda dengan susu kental manis, yang mengandung gula tambahan. Susu kental manis membutuhkan lebih sedikit proses karena gula yang ditambahkan mencegah pertumbuhan bakteri.

Susu evaporasi mengandung separuh gizi yang setara dengan susu segar. Ketika susu evaporasi dicampurkan dengan jumlah air yang sebanding, susu evaporasi menjadi padanan susu segar. Ini menjadikan susu evaporasi baik untuk tujuan pengiriman karena mempunyai masa simpan selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-bertahun, tergantung dari kadar lemak dan gulanya.

Ini juga menjadikan susu evaporasi sangat populer sebelum adanya lemari es sebagai pengganti susu segar yang cepat basi, yang mana dapat dikirimkan dengan mudah ke lokasi yang tidak memiliki pemyimpanan atau produksi susu yang memadai.

Rumah tangga di bumi belahan barat sering menggunakannya sebagai bahan untuk makanan penutup dan hidangan yang dibakar dikarenakan oleh rasanya yang unik. Ia juga dipakai sebagai pengganti krim, sebagai pelengkap makanan penutup, atau susu pengganti yang kaya rasa. Kentang tumbuk dapat dibuat dengan menuangkan susu evaporasi di atas kentang rebus (dengan kulit dikelupas atau tidak), lalu mengaduknya menjadi bubur yang lembek.

 

Perbedaan Antara Susu Kental dan Evaporasi (menguap)

Keduanya 60% air telah dihilangkan. Perbedaan utama yang menentukan keduanya; susu kental manis, seperti namanya, selalu dipermanis, sementara susu yang evaporasi (menguap) tidak diberi pemanis.

 

Susu kental manis dan evaporasi

Perbedaan susu kental manis dan evaporasi. Sumber foto: TheKitchn

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: WikipediaThe KitchenTast EssenceFDA

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-07-05T12:06:23+00:00 Juli 4th, 2018|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment