Syarat Mendirikan Negara dan Cara Memulainya dalam 4 Langkah Mudah

Syarat Mendirikan Negara

Para ahli hukum internasional lebih cenderung memiliki syarat mendirikan negara dengan mengidentifikasi empat aspek utama negara: rakyat, wilayah, pemerintahan, dan kemampuan untuk melakukan hubungan dengan negara lain atas dasar kedaulatan.

Definisi rakyat banyak diperdebatkan, tetapi beberapa orang mungkin berpendapat bahwa itu berarti penduduk tetap dengan konsep, dan kepercayaan pada, kebangsaan mereka sendiri.

Langkah 1: Pastikan Anda memenuhi syarat

Meskipun mungkin menggoda untuk menyatakan kamar atau lahan Anda sebagai negara berdaulat, hukum internasional sebenarnya menetapkan standar minimum untuk status kenegaraan. Anda harus memiliki wilayah yang ditentukan. Anda harus memiliki populasi permanen. Anda harus memiliki pemerintahan. Pemerintah Anda harus mampu berinteraksi dengan negara bagian lain. (Yang satu ini agak kontroversial. Ini dimasukkan sebagai kualifikasi dalam Konvensi Montevideo 1933, yang menetapkan kebijakan tetangga baik Amerika Serikat tentang non-intervensi di Amerika Latin, tetapi secara umum tidak diakui sebagai hukum internasional).

Langkah 2: Nyatakan kemerdekaan

Selamat telah bergabung dengan jajaran Transnistria, Somaliland, dan sejumlah negara lain yang tidak akan berbaris di Olimpiade dalam waktu dekat. Hanya karena Anda telah memenuhi kualifikasi dan menyatakan diri Anda mandiri bukan berarti Anda akan dianggap serius. Bahkan Principality of Sealand yang terletak di platform 10.000 kaki persegi di Laut Utara mencoba dengan berbagai keberhasilan untuk mengklaim kedaulatan di bawah kualifikasi ini.

Namun, setelah negara Anda berdiri, ada manfaat tertentu yang dapat Anda harapkan, bahkan jika Anda tidak dikenali oleh siapa pun. Begitu suatu entitas telah memantapkan dirinya sebagai negara de facto, itu akan mendapat manfaat dari integritas teritorial dan jaminan kedaulatan tertentu, kata Stefan Talmon, profesor hukum internasional publik di Universitas Oxford dan penulis Pengakuan dalam Hukum Internasional. Misalnya, sekarang Kosovo telah ditetapkan sebagai negara, Serbia tidak bisa lagi dengan bebas menyerangnya untuk membawanya kembali ke Serbia. Ini mendapat manfaat dari larangan penggunaan kekuatan berdasarkan Piagam PBB. Aturan-aturan ini dibuat selama Perang Dingin untuk melindungi negara-negara baru yang belum diakui oleh satu blok atau lainnya.

Langkah 3: Dapatkan pengakuan

Tidak ada gunanya memiliki negara sendiri kecuali negara lain mengakui keberadaan Anda. Pengakuan internasional inilah yang memberikan legitimasi negara dalam komunitas internasional dan yang pada akhirnya membedakan Selandia Baru di dunia dari Nagorno-Karabakh.

Namun, tentu saja, negara-negara mapan akan mengambil beberapa keyakinan. Pengakuan cukup rumit karena menggabungkan hukum internasional dan politik internasional, kata Talmon. Beberapa orang mengatakan bahwa pengakuan itu murni tindakan politik. Ini adalah kebijaksanaan negara yang ada apakah mereka mengakui, jadi tidak ada hak untuk pengakuan.

Hal ini terutama terjadi selama Perang Dingin, ketika legitimasi nasional Vietnam Utara dan Selatan, Korea Utara dan Selatan, serta Jerman Timur dan Barat bergantung pada pihak mana yang Anda tanyakan. Bahkan saat ini, sejumlah entitas diakui sebagai negara oleh beberapa negara, tetapi tidak oleh negara lain. Palestina, Taiwan, dan Siprus Utara termasuk dalam kategori ini. Amerika Serikat tidak memiliki kebijakan resmi tentang apa yang diperlukan untuk pengakuan, menurut Departemen Luar Negeri.

Sebaliknya, keputusan untuk mengakui suatu negara dibuat oleh presiden. Kemudian presiden memutuskan apakah akan menjalin hubungan diplomatik dengan negara berdasarkan kepentingan nasional AS.

Tidak ada jalan pintas, jadi ketika Anda meminta pengakuan, pastikan untuk menjelaskan bagaimana kemerdekaan Anda akan baik untuk Amerika. Di masa lalu, membuktikan kredibilitas anti-komunis Anda biasanya cukup baik. Saat ini, prioritas strategis AS sedikit lebih kompleks, meskipun seperti yang dibuktikan Kosovo, menandai Rusia masih membantu.

Baca juga ūüĎȬ†Jumlah Negara di dunia dan Daftar Lengkap Nama-Nama Negara di Dunia Beserta Ibukotanya

Langkah 4: Bergabunglah dengan klub PBB

Lanhkah ke-4 dalam syarat mendirikan negara adalah nergabung dengan PBB. Sejak didirikan pada tahun 1945, keanggotaan di PBB telah menjadi standar emas legitimasi internasional. Ketika Anda diterima di PBB, itu adalah bentuk persetujuan, kata Talmon. Ini seperti cap [yang mengatakan] Anda sekarang adalah anggota penuh komunitas internasional.

Mendaftar untuk keanggotaan PBB sangatlah mudah. Menurut aturan PBB, yang perlu Anda lakukan hanyalah menulis surat kepada sekretaris jenderal untuk meminta keanggotaan.

Surat-surat ini sangat pendek dan sederhana. Untuk templat yang praktis, lihat penerapan yang berhasil dari Montenegro, anggota terbaru Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Anda dapat mengirimkan aplikasi Anda ke:

United Nations (Perserikatan Bangsa-Bangsa)
First Ave. at 46th St.
New York, NY 10017
United States of America

Sekarang sampai pada bagian yang sulit. Dewan Keamanan harus merujuk Anda ke Majelis Umum, yang harus menentukan dengan dua pertiga mayoritas bahwa Anda adalah negara cinta damai yang dapat melaksanakan tugas Piagam PBB. Ini mungkin bahkan tidak pantas untuk dicoba kecuali Anda telah menyelesaikan langkah ke-3. Sejumlah negara yang tidak diakui telah mengajukan permohonan pengakuan PBB selama bertahun-tahun, termasuk suku-suku Amerika-India, tetapi tanpa kredibilitas yang diberikan oleh pengakuan bilateral, permohonan ini biasanya hanya diajukan begitu saja. Hambatan terbesar keanggotaan PBB adalah politik kekuasaan.

Korea Utara maupun Selatan

Baik Korea Utara maupun Selatan tidak mendapat keanggotaan PBB hingga tahun 1991 karena veto oleh satu blok atau lainnya selama Perang Dingin. Bahkan hari ini, hak veto Rusia di Dewan Keamanan mungkin akan mencegah Kosovo mendapatkan kursi di meja dalam waktu dekat.

Taiwan

Republik Cina, a.k.a. Taiwan, adalah salah satu anggota pendiri Perserikatan Bangsa-Bangsa dan pernah memiliki kursi tetap di Dewan Keamanan. Tetapi Taiwan diusir demi Republik Rakyat Tiongkok pada tahun 1971, setelah Presiden AS Richard Nixon memutuskan untuk nyaman dengan Beijing. Pemerintah Taiwan telah mengajukan keanggotaan setiap tahun sejak 1993, tetapi tidak berhasil.

Perserikatan Bangsa-Bangsa bahkan tidak mau repot-repot membuka surat terbaru Taiwan. Seperti yang Anda lihat, titik di mana suatu wilayah secara resmi menjadi negara sangat di mata yang melihatnya. Pengakuan internasional bisa menjadi hadiah yang sulit dipahami. Berita bagus? Semakin lama Anda menunggu, semakin besar peluang Anda. Dalam hukum internasional, yang seringkali didasarkan pada kebiasaan, semakin lama Anda dapat mempertahankan kedaulatan de facto Anda, semakin besar kemungkinan Anda untuk diterima. (Kecuali, tentu saja, jika Anda adalah Taiwan).

Kosovo dan Serbia

Kekuatan tawaran Kosovo untuk kemerdekaan dari Serbia sebagian besar didasarkan pada fakta bahwa ia, untuk semua maksud dan tujuan, telah merdeka selama hampir satu dekade.

Dalam contoh yang lebih ekstrim, Sovereign Order of Malta yang berusia 900 tahun memiliki hubungan diplomatik dengan 100 negara dan status pengamat di Perserikatan Bangsa-Bangsa meskipun seluruh wilayahnya terdapat di beberapa bangunan di Roma. Jadi jangan berkecil hati. Memulai negara Anda sendiri bukanlah hal yang mustahil. Ini hanya akan membutuhkan banyak kesabaran dan teman yang tepat.

Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Pasang iklan gratis di toko pinter

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan?
Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons¬†‚ÄúOoo begitu ya‚Ķ‚Ä̬†akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: BBC, Live Science, CNBC, The Globe and Mail

By | 2020-11-15T21:00:09+07:00 November 15th, 2020|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment