fbpx

Tempat Wisata di Bandung – Objek wisata menarik yang wajib dikunjungi

Tempat Wisata Bandung

Bandung adalah tentang tujuan akhir pekan populer bagi penduduk setempat dan bagi para pelancong sebagai kunjungan sampingan karena terletak hanya 2 jam berkendara dari Jakarta. Tempat wisata Bandung yang populer seperti Gedung Sate dan Merdeka, Museum Konferensi Asia Afrika, shopping factory outlet…

Makanan di sini murah dan lezat sementara ada banyak toko fashion murah seperti factory outlet serta tempat wisata lainnya. Seluruh tempat telah berkembang di antara industri pariwisata dan Anda dapat yakin untuk menemukan banyak hal yang harus dilakukan dan banyak hal untuk dibeli di sini.

Bandung merupakan kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat ke-2. Kota Bandung dan tempat wisata Bandung tercatat berbagai sejarah penting, di antaranya:

  • Tempat berdirinya sebuah perguruan tinggi teknik pertama di Indonesia (Technische Hoogeschool te Bandoeng – TH Bandung, sekarang Institut Teknologi Bandung – ITB)
  • Lokasi ajang pertempuran pada masa kemerdekaan.
  • Pernah menjadi tempat berlangsungnya Konferensi Asia-Afrika 1955, suatu pertemuan yang menyuarakan semangat anti kolonialisme, bahkan Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru dalam pidatonya mengatakan bahwa Bandung adalah ibu kotanya Asia-Afrika.

 

Gedung Merdeka

Keajaiban arsitektur lainnya dibangun untuk orang kaya sebelumnya dan kemudian terkenal untuk menjadi tuan rumah konferensi Asia-Afrika pertama. Meskipun tidak banyak daya tarik tetapi layak untuk dilihat jika Anda berada di dekatnya.

Secara keseluruhan Gedung Merdeka memiliki dua bangunan utama, yang pertama disebut Gedung Merdeka sebagai tempat sidang utama, sedangkan yang berada di samping Gedung Merdeka adalah Museum Konferensi Asia Afrika sebagai tempat memorabilia Konferensi Asia Afrika.

 

Tempat wisata bandung - gedung merdeka

Tempat wisata bandung: Gedung Merdeka. Sumber foto: Celebrityabc / Flickr

 

Gedung Sate

Dibangun dan digunakan oleh perusahaan-perusahaan Belanda pada saat koloni Belanda. Sangat populer untuk dekorasi sate. Ini memiliki 6 ornamen yang melambangkan 6 juta Gulden (mata uang Belanda sebelum Euro). Sekarang digunakan sebagai kantor untuk gubernur Jawa Barat. Untungnya, tempat ini terbuka untuk umum dan jangan lupa untuk bersantai dan minum di lantai atas sambil menghadap ke kota.

 

Gedung Sate Bandung

Tempat wisata Bandung: Gedung Sate. Sumber foto: Celebrityabc / Flickr

 

Museum Konferensi Asia Afrika

Salah satu museum yang berada di kota Bandung yang terletak di Jalan Asia Afrika No. 65. Museum ini merupakan memorabilia Konferensi Asia Afrika. Museum ini memiliki hubungan yang sangat erat dengan Gedung Merdeka. Latar belakang dibangunnya museum ini adalah adanya keinginan dari para pemimpin bangsa-bangsa di Asia dan Afrika untuk mengetahui tentang Gedung Merdeka dan sekitarnya tempat Konferensi Asia Afrika berlangsung.

Hal ini membuat Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja, S.H., LL.M memiliki ide untuk membangun sebuah museum. Ide tersebut disampaikannya pada forum rapat Panitia Peringatan 25 tahun Konferensi Asia Afrika (1980) yang dihadiri oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Prof. Dr. Haryati Soebadio sebagai wakil dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kemudian museum ini diresmikan pada tanggal 24 April 1980 bertepatan dengan peringatan 25 tahun Konferensi Asia Afrika.

 

Stasiun Kereta Api Bandung

Banyak orang yang tidak mengetahui sejarah tentang stasiun kereyta api di Bandung.

Dalam buku Wajah Bandoeng Tempo Dulu (1984) karangan Haryoto Kunto, ide awal pembangunan Stasiun Bandung berkaitan dengan pembukaan perkebunan di Bandung sekitar tahun 1870. Stasiun ini diresmikan pada 17 Mei 1884, ketika masa pemerintahan Bupati Koesoemadilaga dan pada waktu yang sama juga dibuka jalur kereta Batavia-Bandung melalui Bogor dan Cianjur.

 

Stasiun kereta api Bandung

Stasiun kereta api Bandung. Salah satu tempat wisata bersejarah di Bandung. Sumber foto: Tlchua99 / Flickr

 

Pada saat peresmian Stasiun Bandung, surat kabar Belanda saat itu, Javabode, menuliskan bahwa masyarakat sekitar merayakannya selama 2 hari berturut-turut. Dulunya, kereta api merupakan sarana transportasi hasil produksi perkebunan Bandung, seperti kina, teh, kopi, dan karet, sehingga pertumbuhan ekonomi di kota tersebut berkembang pesat.

Hal ini menyebabkan stasiun ini mendapat penghargaan dari pemerintah kota berupa monumen yang berada tepat di depan stasiun, yaitu di peron selatan (Jalan Stasiun Selatan). Saat itu, tugu tersebut diterangi oleh 1.000 lentera rancangan Ir. EH De Roo. Monumen tersebut telah digantikan oleh monumen replika lokomotif uap seri TC 1008. Pada tahun 1990, dibangun peron utara yang akhirnya dijadikan bagian depan stasiun di Jalan Kebon Kawung

 

Vila Isola (Bumi Siliwangi)

Tempat wisata Bandung yang bernama Vila Isola, dibangun oleh seorang milyuner media Belanda Dominique Willem Berretty (pendiri agensi pers Aneta di Hindia Belanda) yang terdapat dibagian utara Bandung, Villa Isola menghadap pemandangan kota ke selatan. Ini adalah salah satu tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Ada juga tempat-tempat keren untuk menginap di dekat Villa Isola. Vila Isolah selesai dibangun pada tahun 1933, artisek dari Vila Isola adalah Wolff Schoemaker, berkebangsaan Belanda.

Berlokasi pada tanah tinggi, di sisi kiri jalan menuju Lembang (Jln. Setiabudi), gedung ini dipakai oleh IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Bandung, yang sekarang menjadi Universitas Pendidikan Indonesia-UPI). Villa Isola adalah salah satu bangunan bergaya arsitektur Art Deco yang banyak dijumpai di Bandung.

Tujuan asli bangunan itu adalah rumah pribadi Berretty, tetapi kemudian diubah menjadi hotel setelah kematiannya dan sekarang berfungsi sebagai kantor Universitas Pendidikan Indonesia.

 

Vila Isola Bandung

Tempat wisata Bandung: Vila Isola. Sumber foto: Celebrityabc / Flickr

 

Belanja di factory outlet

Belanja di factory outlet merupakan salah satu tempat wisata Bandung di Jl Riau atau Jl Dago. Meskipun Anda tidak ingin belanja, lihatlah keramaian toko-toko dan pengunjung.  Tetapi, kebanyakan tidak ada yang kembali dari Bandung dengan tangan hampa. Terutama jika Anda pergi ke factory outlet di Jl Riau atau Jl Dago, Anda akan menemukan semua permata tersembunyi dari pakaian berkualitas, sepatu, tas dan semua yang lain dalam berbagai merek terkenal (hati-hati dengan barang-barang palsu). Semua barang yang Anda temukan di sini dalam kondisi baik, baru tapi setengah harga!

Berikut daftar tempat belanja yang direkomendasikan di Bandung:

  • Alun-alun – pusat kota dengan banyak pusat perbelanjaan
  • Factory Outlet Rumah Mode
  • Secret Factory Outlet dan Heritage Factory Outlet. Mereka berdua nyaman, lengkap dan cukup murah.
  • Jika Secret Factory dan Heritage masih tidak cukup, pergi ke Jalan Riau untuk lebih banyak belanja dan banyak kafe dan restoran yang lezat.
  • Jalan Cihampelas, yang dikenal sebagai ‘Jalan Jeans’ karena banyaknya penjual denim.
  • Pusat Perdagangan Pasar Baru
  • Pasar Dago
  • Bandung Electronic Malls
  • Ciwalk Mall (Cihampelas Walk Mall)
  • Factory outlet di Jalan Riau dan Jalan Dago
  • Kompleks Trans Studio untuk mini theme park, hotel dan mall
  • Distrik Dago untuk makanan, belanja, dan area nongkrong yang bagus
  • Untuk batik tradisional pergi ke Jl Sumbawa – Batik Komar

 

Factory outlet Bandung

Tempat wisata Bandung: Factory Outlet. Salah satu outlet di Jl. Ir. H. Djuanda – Bandung. Sumber foto: Ikhlasul Amal / Flickr

 

Dusun Bambu

Taman rekreasi keluarga yang santai di kaki gunung dengan lingkungan yang sangat inspiratif, indah dan luar biasa indah. Rumpun bambu raksasa menyambut Anda di gerbang utama dan shuttle bunga mewah-dancy akan membawa Anda ke area utama taman. Sepanjang jalan, Anda akan melihat hijau hijau dengan jalur berjalan kaki bambu yang mempesona.

Dusun Bambu terletak di Kolonel Masturi KM 11 Cisarua, Bandung Barat.

 

Dusun bambu bandung

Spot foto paling oke di seluruh Dusun Bambu ya di sini. Sumber foto: Prabowo Restuaji / Flickr

 

Kawah Putih

Terletak 2 jam dari pusat kota Bandung dan di dataran tinggi tetapi wajib dikunjungi. Tempat wisata Bandung yang bernama Kawah Putih, tempatnya dingin tetapi waspada terhadap sengatan matahari karena sangat cerah dan disini mungkin Anda tidak merasakannya. Ini adalah danau sulfur karena berasal dari gunung berapi. Seluruh area dapat dieksplorasi dalam 30 menit. Banyak orang datang ke sini baik dengan menyewa mobil atau melalui agen-agen tur.

Kawah Putih Bandung

Tempat wisata Bandung: Kawah Putih. Sumber foto: Ozsadevi Sihombing / Flickr

 

Gunung Tangkuban Parahu

Sekitar 1,5 jam dari Bandung, itu adalah kawah lain dari gunung berapi di Indonesia yang patut dikunjungi untuk mengagumi pemandangan dari atas. Ini mungkin yang terbaik kedua setelah Kawah Putih tetapi masih layak untuk dikunjungi. Iya, kebanyakan orang memanggil atau menulis dengan Tangkuban Perahu. Tetapi yang benar adalah Tangkuban Parahu.

Letak gunung Tangkuban Parahu sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, Gunung Tangkuban Parahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter.

 

Gunung tangkuban perahu

Tempat wisata Bandung: Gunung Tangkuban Parahu. Gambar ini menunjukkan kawah utama (krater). Sumber foto: Glasreifen / Wikimedia

 

 

Makanan Bandung dan Alamat Kuliner Populer di Bandung

Makanan Bandung yang favorit dan alamat tempat makan yang enak: Batagor, Mie Kocok, Cilok, Karedok, Gepuk, Soto Bandung, Serabi / Surabi, Pisang Molen… Klik disini untuk membaca lebih lanjut tentang kuliner di bandung (akan membuka layar baru).

 

 

Tempat Wisata Lainnya & Yang Wajib Dikunjungi Di Indonesia dan Luar Negeri

Segala sesuatu yang ada di daerah tujuan wisata yang merupakan daya tarik agar orang-orang mau datang berkunjung ke tempat tersebut. Panduan ini akan membuat Anda untuk tidak melewatkan tempat penting dan memberikan pengalaman wisata Anda ke tempat-tempat yang hebat!

Klik disini untuk melihat tempat-tempat lainnya, seperti di Paris, Tokyo, Tibet, Bogor dan masih banyak lagi.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

                       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-06-18T04:13:50+07:00 Juni 16th, 2018|Geografi & Sejarah|1 Comment

One Comment

  1. […] Download Image More @ http://www.pinterpandai.com […]

Leave A Comment