PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!

Wat Pho, Kuil Buddha Berbaring di Bangkok

2 min read

Kuil wat pho bangkok

Wat Pho, Kuil Buddha Berbaring di Bangkok

Tidak jauh dari Grand Palace, dan mudah diakses dengan berjalan kaki, Anda akan menemukan objek wisata utama kedua di Bangkok: Wat Pho.

Ini adalah salah satu kuil Buddha tertua di seluruh negeri. Ini merumahkan Buddha berbaring terbesar di kota: panjang 46 meter dan tinggi 15 meter! Patung itu melambangkan kematian Buddha.

Saat Anda berjalan-jalan di sekitar patung, jangan lupa untuk mengagumi telapak kaki yang semuanya bertatahkan mutiara dan dihiasi dengan simbol.

Di dalam kuil, Anda juga dapat menemukan:

  • Galeri Buddha dan 394 Buddha emasnya.
  • 4 chedi kerajaan ditutupi dengan keramik berwarna.
  • Phra Ubosoft di mana abu Raja Rama 1 diistirahatkan yang dijaga oleh patung Buddha terkenal lainnya yang semuanya terbuat dari emas.

Harga tiket masuk ke Wat Pho adalah 200 Baht dan kunjungan memakan waktu sekitar 1 jam 30. Buka mulai pukul 08.00 hingga 18.30.

Untuk semua informasi lainnya, ada di situs web resmi.

Wat Pho, Kuil Budha Berbaring
Wat Pho, Kuil Budha Berbaring. Kredit foto: Pxhere (CC0 Domaine public)

Keterangan dan sejarah

Wat Pho dibangun pada abad ke-16 selama era Ayutthaya. Namun, hampir sepenuhnya dibangun kembali oleh Raja Rama 1 pada tahun 1781 dan kemudian dipugar oleh Rama 3 pada tahun 1839. Kuil Wat Pho berutang reputasinya kepada Buddha berbaring yang besar, berukuran panjang 46 meter dan tinggi 15 meter.

Nama resminya adalah Wat Phra Chetuphon Vimolmangklararm Rajwaramahaviharn.

Pembangunan candi saat ini dimulai pada tahun 1788, di situs candi yang lebih tua, Wat Phodharam, Wat Pho, merupakan singkatan dari nama lamanya.

Itu diperpanjang, dengan restorasi yang luas, pada masa pemerintahan Rama III (1824-1851) dan dipugar lagi pada tahun 1982. Meliputi area seluas 8 hektar, candi ini terletak di sebelah timur Sungai Chao Phraya, tepat di sebelah selatan Istana kerajaan.

Kompleks candi menampung koleksi gambar Buddha terbesar di Thailand, termasuk Buddha berbaring sepanjang 46m.

Kuil ini dianggap sebagai pusat pendidikan publik pertama di Thailand, karya seni marmer dan prasasti yang ditempatkan di kuil untuk pengajaran publik telah diakui oleh UNESCO dalam program “Memory of the World”.

Kuil ini memiliki sekolah kedokteran Thailand dan juga dikenal sebagai tempat kelahiran pijat tradisional Thailand yang masih diajarkan dan dipraktikkan di kuil.

Kuil wat pho bangkok
Wat Pho, Kuil Buddha Berbaring di Bangkok. Sumber foto: Andrea Schaffer / Flickr

Patung Buddha Berbaring

Patung ini melambangkan Buddha di ranjang kematiannya, akan memasuki parinirvana. Panjangnya 45 meter dan tingginya 15 meter.

Kapel dan Buddha berbaring dibangun oleh Rama III pada tahun 1832.

Gambar Buddha Berbaring mewakili masuknya Buddha ke Nirvana dan akhir dari semua reinkarnasi.

Ini adalah salah satu patung Buddha terbesar di Thailand. Telapak kaki Buddha memiliki tinggi 3 m dan panjang 4,5 m, bertatahkan mutiara yang melambangkan 108 keadaan Buddha.

Di tengah setiap kaki ada lingkaran yang mewakili chakra atau titik energi.

Phra Ubosot atau “bot”

Merupakan aula utama yang digunakan untuk melakukan ritual Buddha dan dianggap sebagai bangunan paling suci di Wat Pho.

Patung Buddha emas di atas alas yang terbuat dari emas dan kristal duduk di dalam gedung.

Bagaimana cara menuju ke sini?

Dengan transportasi umum:

• Bus No. 1, 3, 6, 9, 12, 25, 32, 44, 47, 48, 53, 82

• Bus ber-AC No. 1, 6, 7, 8, 12, 44, 48

• Perahu Ekspres Chao phraya. Turun di dermaga Tha Chang, Dermaga Tha Tien atau Dermaga Pak Klong Talad, lalu berjalan melewati pintu masuk Thai Wang Road.

Informasi berguna

Biaya masuk adalah 100 Baht untuk semua pengunjung, kecuali untuk anak-anak di bawah 120 cm yang menikmati masuk gratis.

Kapan mengunjungi Wat Pho?

Jam buka: 08:00-17:00. Wat Pho menerima kunjungan maksimum antara November dan Februari, selama musim turis yang sangat tinggi di Thailand. Pergi pagi-pagi sekali, siang hari atau di penghujung hari untuk menghindari keramaian.
Alamat: 2 Sanamchai Road, Kecamatan Grand Palace, Distrik Pranakorn, Bangkok 10200.

Aturan berbusana

Seperti semua kuil Buddha, Anda harus memiliki pakaian yang pantas untuk mengunjungi Wat Pho, tidak ada celana pendek di atas lutut untuk wanita, penutup bahu dan Anda harus melepas sepatu untuk memasuki ruangan.


Tempat Wisata Lainnya Dan Yang Harus Dikunjungi Di Indonesia Dan Luar Negeri

Segala sesuatu yang ada di daerah tujuan wisata yang merupakan daya tarik agar orang-orang mau datang berkunjung ke tempat tersebut. Panduan ini akan membuat Anda untuk tidak melewatkan tempat penting dan memberikan pengalaman wisata Anda ke tempat-tempat yang hebat!

Klik disini untuk melihat tempat-tempat lainnya, seperti di Paris, Tokyo, Tibet, Bogor dan masih banyak lagi.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: CleverlySmart, Tourism Thailand, Lonely Planet, TripSavvy

Sumber foto: Pxhere (CC0 Domaine public)

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

PinterPandai PinterPandai adalah seorang penulis dan fotografer untuk sebuah blog bernama www.pinterpandai.com Mereka memiliki artikel tentang segalanya! Sains, hewan, bioskop / sinema, musik, artis, kesehatan, sejarah, olahraga, memasak, matematika, fisika, kimia, biologi, agama, geografi, dll. Selamat menikmati!===PinterPandai is a a writer and photographer for a blog called www.pinterpandai.com They have articles on everything! Science, animals, cinema, music, people, health, history, sport, cooking, math, physics, chemistry, biology, religions, geography, etc. Enjoy!