fbpx

Wisata Tibet Dan Everest – Top Obyek Wisata Yang Harus Anda Kunjungi

Obyek Wisata Apa Yang Anda Dapat Kunjungi Di Tibet?

Jika Anda ingin pergi ke Tibet dan Everest, Anda harus masuk dulu ke salah satu kota di China terlebih dahulu, kita menyarankan mengambil antara kota Chengdu (recommended) atau kota Beijing sebagai start point di China sebelum Anda menuju Tibet. Maskapai yang di rekomendasikan untuk penerbangan dari Jakarta ke kota Chengdu atau kota Beijing adalah menggunakan AirAsia (transit di Kuala Lumpur (LCC) – harga promo kisaran Rp 3-5 juta pulang pergi).

Sesudah anda berada di kota China (anggap saja start point-nya kota Chengdu), Anda dapat memilih antara pesawat atau kereta api dari Chengdu menuju Tibet dan begitu juga sebaliknya. Jarak dari Chengdu ke Tibet adalah 3350 km.

Dengan kereta api dari Chengdu ke Tibet (Lhasa Railway Station) kurang lebih 46 jam. Dengan pesawat dari Chengdu ke Tibet Airport Lhasa Gonggar Airport (LXA) ditempuh kurang lebih 3 jam.

 

1. Istana Polata

Polata Palace Tibet

Istana Potala adalah tempat kediaman utama dari Dalai Lama hingga masa Dalai Lama ke 14 mengungsi ke Dharamsala di India, setelah serangan dan kekalahan bertahan pada tahun 1959. Sekarang ini, Istana Potala diubah fungsinya oleh negara Cina menjadi sebuah museum.

Bangunan istana ini berukuran 400 meter timur-ke-barat dan 350 meter utara-ke-selatan, dengan tembok batu yang landai dengan ketebalan sekitar 3 meter dan 5 meter pada bagian dasarnya yang juga dicampur dengan tembaga untuk mencegah dari gempa bumi.

Bangunan ini memiliki tiga belas tingkat – memiliki lebih dari 1.000 kamar, 10.000 tempat pemujaan dan sekitar 200.000 patung -; membumbung setinggi 117 meter di puncak Marpo Ri, “Lembah Merah” (Red Hill), menjulang lebih dari 300 meter secara menyeluruh dari dasar lembah.

Menurut tradisi, ketiga lembah utama di Lhasa memberikan arti sebagai “Tiga Penjaga Tibet.” Chokpori, di sebelah selatan Potala, merupakan gunung-hati (bla-ri) dari Vajrapani, Pongwari dari Manjushri, dan Marpori, lembah di mana Istana Potala berada, mewakilkan Chenresig atau Avalokitesvara.

 

2. Kuil Jokhang

Vihara Jokhang Tibet

Vihara Jokhang di Tibet. Bagi kebanyakan orang Tibet, ini adalah kuil yang paling suci dan penting di Tibet.

 

Vihara Kuil Jokhang Tibet

Terdapat 4 lantai di Kuil Jokhang, tersebar di area seluas sekitar 25.000 m² di jantung kota Lhasa, Kuil Jokhang Warisan Dunia (UNESCO) dengan atap berwarna emasnya merupakan perpaduan esoteris dari unsur-unsur Tibet lokal dengan orang Nepal, China, dan pengaruh India. Sumber foto: Tibetpedia

 

Jokhang, disebut juga QokangJokangKuil JokhangVihara Jokhang atau Tsuklakang (gTsug lag khang) , adalah kuil Agama Buddha pertama di Tibet, berada di Dataran Barkhor di kota Lhasa. Tempat ini dibangun pada pemerintahan raja Songsten Gampo antara 605?-650 SM guna memperingati pernikahannya dengan putri Wencheng dari Dinasti Tang Cina, yang adalah seorang pemeluk Agama Buddha.

Vihara ini juga disebut dengan panggilan Tsulag Khang atau ‘Rumah Kebijaksanaan’ tetapi sekarang ini lebih dikenal dengan sebutan Jokhang yang berarti ‘Rumah Sang Buddha’.

Bagi sebagian besar rakyat Tibet, tempat ini merupakan tempat yang sangat di hormati dan merupakan sebuah vihara penting di Tibet. Yang mana dianut oleh sebagain umat, akan tetapi sekarang ini diatur oleh mazhab Gelug.

Bersama-sama dengan Istana Potala, tempat ini memiliki daya tarik tersendiri di kota Lhasa. Vihara ini juga merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO “Ansambel Sejarah Istana Potala” dan pusat spiritual kota Lhasa.

 

3. Istana Musim Panas Norbulingka (Summer Palace)

Istana musim panas Norbulingka

 

Terletak di tepi barat Lhasa di tepi Sungai Kyichu dan hanya satu kilometer dari Istana Potala yang terkenal, Istana Norbulingka (ནོར་བུ་ གླིང་ ག) menawarkan pemandangan terbaik di wilayah ini. Tersebar di area seluas 360.000 m², Norbulingka menampilkan istana musim panas di Dalai Lamas dengan 374 kamar, dan taman terbesar, terindah, dan terpelihara dengan baik di Dataran Tinggi Qinghai-Tibet.

Norbulingka (Luobulinka dalam bahasa China) berarti Treasure or Jeweled Park di Tibet. Terdaftar oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Budaya Dunia pada tahun 2001, Norbulingka mencerminkan aspek agama dan etnis suku Tibet, Han China, dan suku lainnya dengan arsitekturnya yang mengesankan. Norbulingka memiliki lebih dari 30.000 relik budaya dan merupakan daya tarik wisata nasional wilayah Tibet.

Festival Shoton tahunan pada minggu pertama bulan Juli diadakan di Norbulingka dimana orang-orang menikmati makanan dan minuman, dan menonton opera Tibet bersamaan dengan tarian tradisional.

 

4. Kuil Ramoche

Kuil Ramoche temple tibet

Kuil Ramoche di Tibet

 

Dianggap sebagai kuil terpenting di Lhasa setelah Kuil Jokhang. Terletak di barat laut ibukota Tibet, Lhasa, di sebelah timur Potala dan sebelah utara Jokhang, yang mencakup area seluas 4.000 meter persegi (hampir satu hektar).

 

5. Danau Yamdrok (Yamdrok Yumtso)

Danau Yamdrok Tibet

Pemandangan spektakuler danau Yamdrok.

 

Danau yamdrok-tso

Pemandangan Danau Yamdrok yang tenang dengan hewan yak di latar depan.

 

Yamdrok, Yamdroktso (ཡར་ འབྲོག་ གཡུ་ མཚོ ་.), atau Yamdrok Yumtso, adalah danau yang menakjubkan yang terletak di antara ibu kota Tibet, Lhasa, dan kota Gyantse.

Danau Yamdrok dapat dilihat di sepanjang Jalan Tol Persahabatan (Friendship Highway) yang menghubungkan Tibet dengan Nepal dan merupakan rute favorit bagi mereka yang menuju ke Everest Base Camp. Duduk di ketinggian 4.441 meter di atas permukaan laut, danau ini memiliki panjang 130 kilometer dan 70 kilometer di tempat terjauh.

Yamdrok adalah danau pedalaman dan air tawar terbesar di pegunungan Himalaya utara dengan kedalaman rata-rata 20 sampai 40 meter dan titik terdalamnya adalah 60 meter.

 

6. Danau Pangong (Pangong Tso)

Pangong tso Tibet

Pangong Tso, bahasa Tibet untuk “danau padang rumput yang tinggi”, juga disebut Danau Pangong, adalah danau endorheik di Himalaya yang terletak pada ketinggian sekitar 4.350 m. Panjangnya 134 km dan membentang dari India ke China.

Pangong Tso dapat dicapai dengan mobil dalam perjalanan 5 jam dari kota Leh di India, sebagian besar berada di jalan gunung yang kasar dan dramatis. Perjalanan cukup mengocok perut, berupa bebatuan, berliku, dan banyak aliran air yang cukup deras melintang di jalan.

Jalan melintasi desa Shey dan Gya dan melintasi Chang La, tempat tentara penjaga dan tempat minum teh kecil untuk menyambut para pengunjung. Jalan turun dari Chang La mengarah melalui Tangste dan desa-desa kecil lainnya, menyeberangi sungai yang disebut Pagal Naala atau “The Crazy Stream”. Danau yang spektakuler ini buka selama musim liburan, dari bulan Mei sampai September.

Izin Inner Line diminta untuk mengunjungi danau tersebut karena terletak di Jalur Pengendalian Aktual Sino-India. Sementara warga negara India dapat memperoleh izin individu, orang lain harus memiliki izin kelompok (dengan minimal tiga orang) disertai dengan panduan terakreditasi; kantor turis di Leh mengeluarkan izin untuk biaya yang kecil. Untuk alasan keamanan, India tidak mengizinkan untuk berperahu.

Jika ingin lebih lama menikmati pemandangan, maka wisatawan juga dapat memanfaatkan penginapan sekitar danau. Pangong Tso hanya dapat dikunjungi oleh wisatawan ketika musim panas karena pada saat musim dingin danau ini akan membeku dan jalur menuju lokasi tertutup.

 

7.  Danau Mansarovar

Danau Manasarovar Tibet

Danau Manosarour yang menakjubkan dan pegunungan yang tertutup salju terlihat dari kejauhan.

Juga disebut Manas SarovarMapam Yumtso adalah sebuah danau air tawar di Wilayah Otonomi Tibet, yang berjarak 940 kilometer  dari Lhasa. Sebelah baratnya adalah Danau Rakshastal; sebelah utaranya adalah Gunung Kailash.

Manasarovar terletak di barat jauh di Tibet Ngari Prefektur dan lebih dari 1200 kilometer dari Lhasa. Danau ini hanya berjarak 32 kilometer dari Gunung Kailash, puncak paling suci Tibet.

Danau ini terletak pada ketinggian 4.590 meter dan meliputi area seluas 410km2. Meski pastinya bukan yang tertinggi, itu adalah salah satu danau tertinggi di planet ini dan jauh lebih tinggi dari Danau Titicaca (3812 meter).

Danau air tawar ini dianggap sebagai salah satu yang terindah di Tibet dan dikelilingi oleh puncak Himalaya yang besar di selatan, termasuk Gurla Mandhata, ketinggian 7694 meter. Manasarovar adalah tujuan ziarah utama bagi umat Budha, Hindu dan pengikut agama asli Tibet di Bön.

 

8. Gunung Everest

Gunung Everest

Pemandangan gunung Everest.

Gunung Everest

Selain dapat ditempuh dari Nepal, gunung Everest juga ditempuh dari Tibet.

Gunung Everest juga dikenal sebagai Chomolungma (ཇོ་ མོ་ གླང་ མ ་.) di Tibet, hanya menyebutkan nama “Everest” yang sudah membangkitkan cukup banyak gambar dalam imajinasi kita: es, pendakian, memanjat tali, dingin, longsoran tanah, salju longsor, basecamps dan banyak salju.

Titik tertinggi dari permukaan laut di planet bumi (8.848 m) dibantu dengan ketinggian yang memusingkan oleh tepi terjal dataran tinggi Tibet yang berkubah yang ada di atasnya.

Sejak puncak sukses Sir Edmund Hilary pada tahun 1953, puluhan ribu pendaki telah mencoba menambahkan nama mereka ke dalam daftar. Beberapa orang telah berhasil mencoba, dan beberapa orang tidak dapat. Terdapat lebih dari 200 mayat di gunung ini dan jenazah mereka mengingatkan bahwa untuk mendaki sampai ke puncak Everest sangat tidak mudah.

Tentu saja, cara terbaik untuk masuk ke Cagar Alam Nasional Gunung Qomolangma adalah bergabung ke dalam kelompok (tur).

Ada dua rute treking dan juga jalan akses (yang bisa diatur di Lhasa atau Shigatse):

  • Peruche Route – Shelkar – Checkpoint on Friendship Hwy – 200m setelah 5145km Marker on Friendship Hwy – Desa Chay – Desa Pang La Pass – Peruche – Desa Paksum – Desa Choesang – Biara Rongbuk – Jomolangma (Everest) Base Camp (rute ini terutama mengikuti jalan raya ke Base Camp dari Friendship Hwy).
  • Tingri Route – Tingri – Desa Lungjang – Lamma La Pass – Desa Zommug – Biara Rongbuk – Jomolangma (Everest) Base Camp (merekomendasikan panduan untuk perjalanan ini, pengaturan 4 hari untuk OKnya).

 

9. Losar

Liburan paling penting di Tibet adalah Losar, yang merayakan Tahun Baru Tibet. Dirayakan pada bulan Februari, tetapi tanggal exassct bervariasi setiap tahun sesuai dengan kalender lunar.

Losar adalah festival tiga hari. Pada hari pertama perayaan biasanya terbatas pada keluarga, dengan hari kedua dan ketiga adalah waktu untuk mengunjungi dan bertukar hadiah dengan teman dan kerabat yang lebih jauh.

Ini juga saatnya bagi orang Tibet untuk mengunjungi biara-biara dan memberikan persembahan. Losar ditandai dengan kegiatan yang melambangkan pemurnian, dan menyambut di yang baru.

Bangunan dikapur dan dibersihkan secara menyeluruh, orang-orang mengenakan pakaian baru dan makanan khusus disiapkan. Biksu Buddha menghiasi biara-biara dengan dekorasi terbaik, dan melakukan upacara keagamaan.

Ritual dilakukan untuk mengusir roh jahat, dan orang-orang merayakan dengan pesta dan tarian. Festival Losar dapat ditelusuri kembali ke periode pra-Buddhis di Tibet.

Pada masa ketika orang Tibet mempraktikkan agama Bon, setiap musim dingin sebuah festival diadakan di mana orang-orang menawarkan dupa dalam jumlah besar untuk menyenangkan roh dan dewa setempat. Festival ini akhirnya menjadi festival tahunan Buddhis yang kita kenal sekarang.

 

Tarian Gumpa masa Losar tahun baru Tibet - Lachung

Tarian Gumpa adalah tarian khusus yang dirayakan sekitar masa Losar, Tahun Baru Tibet. Digambarkan di sini di kuil Lachung. Sumber foto: Wikimedia Commons

 

Sejarah Tentang Tibet

 Tibet adalah provinsi dari Cina / Republik Rakyat Tiongkok. Merupakan Daerah Otonomi Khusus RRT yang juga diberi nama oleh Cina Xizang.Letak Tibet berada di pegunungan Himalaya yang sering dikatakan sebagai puncak dunia. Berbatasan dengan Nepal, Bhutan dan India serta Xinjiang, Qinghai & Sichuan di Tiongkok. Sejumlah pegunungan, termasuk pegunungan Himalaya, danau, padang rumput, istana dan biara Buddha menghiasi wilayah Tibet… Informasi lebih lanjut klik disini.


Visa Dan Permit Untuk Masuk Ke China, Tibet Dan Everest Base Camp

Untuk dapat masuk ke China dengan menggunakan Passport WNI Sipil, maka kita harus mempunyai Visa China. Cara mendapatkan Visa China, dapat di baca cara nya pada Cara, Syarat dan Pengalaman Membuat Visa China.

Sedangkan untuk masuk ke area Tibet, kita harus mempunyai nama nya “Tibet Travel Permit”, bahkan untuk masuk ke area Everest di butuhkan permit lain lagi yang nama nya “Aliens Travel Permit”, cukup banyak ya permit nya. Apakah ribet ngurus permit tersebut? Jawabannya, Anda dapat mengurus sendiri karena tidak rumit.

Kenapa tidak rumit? untuk masuk area Tibet ini, kita harus memakai jasa tour agent yang terdaftar, engga ada cerita kita bisa masuk ke Tibet tanpa tour agent! Alasan nya? Karena selama berada di area Tibet banyak pemeriksaan permit mulai dari stasiun kereta menuju Tibet, sebelum check in di hotel tempat menginap di Tibet, masuk ke tempat wisata di Tibet apalagi untuk menuju Everest Base Camp, banyak check point permit-nya.

Si tour agent akan mengurus segala permit-permit yang di butuhkan dengan syarat tentu nya kita memakai mereka sebagai tour guide kita selama di Tibet, jadi kesimpulannya kita hanya perlu ‘cukup repot’ mengurus Visa China saja.

Berikut jasa tour agent Tibet yang bisa gue rekomendasikan :

  1. TibetTravel.org
  2. ExploreTibet.com
  3. ITibetTravel.com


Kapan Harus Berkunjung Ke Tibet?

Di Tibet terdapat 4 musim:

  • Musim Semi (April – Mei)
  • Panas (Juni – Agustus)
  • Gugur (September – Oktober)
  • Dingin (November – Maret).

Waktu terbaik untuk melihat keindahan pemandangan Tibet adalah di musim Gugur (September – Oktober) karena cuaca nya bersahabat untuk jalan-jalan.

Tetapi, jika Anda menyukai suasana yang hangat, datanglah pada musim panas (Juni – Agustus).

 

Cara Membeli Tiket Pesawat Murah Secara Online Untuk Liburan Atau Bisnis

Pemesanan perjalanan sangat mudah dilakukan, namun terlalu sering kita menghabiskan pengeluaran lebih banyak dari yang kita inginkan. Artikel ini memberikan TOP 10 cara memesan tiket pesawat murah yang harus Anda lakukan.

Hapir semua pernah mengalami keadaan yang melelahkan, berulang kali mencari, ketika mencoba memesan penerbangan dengan harga termurah ke tujuan yang diberikan. Dengan mesin pencari seperti Google, tanpa henti dan harga yang terus berfluktuasi, situs untuk pemesanan penerbangan bertarif murah / low cost sangat banyak.

Inilah beberapa tips penting yang akan menghemat waktu, frustrasi dan yang terpenting adalah “uang” pada saat memesan penerbangan Anda berikutnya. Klik disini.

 


Tips Kesehatan Sebelum Berangkat

  1. Sebelum berangkat, olah raga secara rutin dan kondisi badan Anda harus sehat. Anda pastinya akan berjalan lebih banyak dari pada melakukan rutinitas sehari-hari Anda.
  2. Penderita Tekanan Darah Tinggi dan Punya Riwayat Serangan Jantung.
    Sebaiknya berkonsultasi kepada Dokter Anda terlebih dahulu. Apakah Anda harus menghindari datang ke Tibet karena alasan ketinggian tempat yang kurang sesuai?
  3. Faktor umur (muda maupun tua) tidak berpengaruh terhadap serangan AMS (Acute Mountain Sickness), semua tergantung ketahanan tubuh masing-masing.
    Jadi bukan berarti anak muda tidak dapat terkena AMS, anak muda sekitar 18-22an dapat juga terkena AMS. Kelihatan nya memang seru bisa pergi ke salah satu kota tertinggi di dunia tapi bersiap-siaplah untuk menghadapi serangan penyakit AMS ini. Penyebab terjadi AMS ini adalah karena kadar oksigen di udara lebih tipis di bandingkan berada di dataran rendah. Gejala AMS secara umum adalah mual (berakibat muntah), pusing, jari berubah warna.


Download VPN Sebelum Berangkat, Karena Internet Proteksi Yang Ketat Di China

Internet di China terkenal paling ketat proteksi / filter / blok koneksi ke website search engine seperti Google atau social media seperti Facebook, Instagram atau Chat seperti WhatsApp.

Untuk mengatasi koneksi yang di blok tersebut, kita membutuhkan yang nama nya aplikasi VPN (Virtual Private Network) dan pastikan download aplikasi tersebut sejak di Indonesia, karena buat penguna Android, Google Play Store juga di blok di China, tidak bakal ada cerita bisa buka Google Play Store di China tanpa VPN. Berikut aplikasi VPN yang bisa direkomendasikan dan mudah cara pemakaiannya dan untuk connect ke VPN nya sangat mudah:

  1. Free Betternet
  2. Lantern
  3. Turbo VPN
  4. Psiphon Pro


Tips Lain Yang Berguna

  1. Bawa gelas dan botol berbahan stainless steel / thermos atau yang dapat menyimpan air panas lebih lama.
    Berguna di pakai buat menampung air panas terutama di perjalanan Sleeper Train 48 jam, karena air gratis nya hanya tersedia dalam bentuk air panas.
  2. Bawa charger HP yang menggunakan tenaga matahari.
    Di tempat-tempat tertentu, terkadang sangat sulit untuk mendapatkan colokan listrik.
  3. Bawa Sambel dan makanan praktis siap saji (Abon, PopMie, Energen, Susu Milo), sambel akan sangat berguna untuk memberikan rasa ke makanan yang rasanya hambar (tidak di semua rumah makan).
  4. Bawa Tisu Basah dan Kering yang banyak lalu Hand Sanitizer juga, akan sangat berguna untuk beradaptasi dengan toilet dan wc yang terkadang jorok.
  5. Siap mental untuk melihat kondisi WC yang terkadang agak kotor dan mencium aroma bau air kencing yang terkadang sangat menyengat. Poin ini terutama harus di prepare ketika di area tenda Rongpuk Tent Gueshouse (Area Tenda dekat Everest Base Camp).
  6. Jangan bawa bendera Indonesia atau bendera apa saja, karena selama di area Tibet dilarang di keluarkan, bagi tamu yang berusaha foto dengan bendera Indonesia atau bendera apa saja dengan latar belakang Gunung Everest langsung buru-buru di kasih tau tour guide untuk masukkin ke tas lagi.
  7. Bingung bawa tas koper atau tas carrier? Tidak masalah mau bawa Tas Koper atau Tas Carrier karena selama perjalanan tas besar di titipkan entah di kamar hotel atau di mobil.
  8. Harus terbiasa buang air kecil di outdoor karena perjalanan yang di tempuh dengan mobil cukup lama dan tidak ada rest area.
  9. Membeli Travel Insurance (Asuransi Perjalanan) sangat di rekomendasikan untuk trip ke Tibet dan Everest base camp.
  10. Bawa steker (colokan) adapter.
Colokan listrik di China

Colokan listrik (steker) di China dan Tibet.


Bacaan Lainnya

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

Apakah Anda memiliki sesuatu untuk dijual, disewakan, layanan apa saja yang ditawarkan atau lowongan pekerjaan? Pasang iklan & promosikan jualan atau jasa Anda sekarang juga! 100% GRATIS di: www.TokoPinter.com

 

Cara daftar pasang iklan gratis

3 Langkah super mudah: tulis iklan Anda, beri foto & terbitkan! semuanya di Toko Pinter

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: FriendsOfTibetBritannicaBBC (Inggris)

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2019-01-02T01:46:22+07:00 November 13th, 2017|Geografi & Sejarah|0 Comments

Leave A Comment