fbpx

Kanker Prostat

Kanker Prostat

Kanker prostat adalah penyakit kanker yang berkembang di prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi lelaki. Hal ini terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan mulai berkembang di luar kendali. Penyakit kanker prostat dapat menimbulkan rasa sakit, kesulitan buang air kecil, disfungsi ereksi dan gejala lainnya.
 

Penjelasan Prostat

Prostat adalah kelenjar kecil di panggul pria yang merupakan bagian dari sistem reproduksi. Prostat berada di bawah kandung kemih di depan rektum. Kelenjar prostat mengelilingi uretra, yaitu saluran yang membawa urine dari kandung kemih ke penis.

Prostat membantu menghasilkan cairan yang menyuburkan dan melindungi sperma. Ketika terjadi ejakulasi, prostat mengeluarkan cairan ini menuju uretra. Cairan yang dikeluarkan akan mengalir bersama dengan sperma sebagai air mani.
 

Prostat secara normal membesar seuai dengan usia. Jadi pembesaran yang terjadi bisa saja normal bisa saja kemungkinan tumor/kanker. Untuk mengetahui pembesaran prostat normal atau tidak, maka perlu USG prostat yang biayanya jauh lebih murah daripada penapis tumor (tes untuk melakukan penapisan/penyaringan untuk mengetahui kemungkinan adanya tumor/kanker).

 
Jika masih di bawah 4 milimeter, jelas normal, antara 4 hingga 10 milimeter kemungkinan besar pembesaran sesuai dengan usia, lebih dari 10 milimeter mungkin tumor, tetapi bisa saja sangat jinak dan tidak perlu pembedahan, hanya perlu pengobatan agar tak menjadi bertambah besar dan mengganggu buang air kecil, pada kondisi ini mungkin perlu diadakan penapisan tumor (screening).
 

Berapa tingkat normal untuk PSA (Prostate Specific Antigen)?

Standar ditetapkan pada 4 ng / ml, dengan variasi. Secara teoritis, seorang pria di bawah 50 tidak boleh melebihi 2,5 ng / ml, sedangkan setelah usia 70, toleransi maksimum adalah 6,5 ng / ml. Pada orang yang sama, nilai dapat bervariasi 30% dari satu PSA ke yang lain.
 

Gejala Kanker Prostat

Orang yang berbeda memiliki gejala yang berbeda untuk penyakit kanker prostat. Beberapa pria sama sekali tidak memiliki gejala.

Beberapa gejala penyakit kanker prostat adalah:

  • Kesulitan mulai buang air kecil.

  • Aliran urine yang lemah atau terganggu.

  • Sering buang air kecil, terutama di malam hari.

  • Kesulitan mengosongkan kandung kemih sepenuhnya.

  • Nyeri atau terbakar saat buang air kecil.

  • Darah dalam urin atau air mani.

  • Nyeri di punggung, pinggul atau panggul yang tidak hilang.

  • Ejakulasi menyakitkan.

Jika Anda memiliki gejala yang mencemaskan Anda, pastikan segera menemui dokter Anda. Perlu diingat bahwa gejala ini mungkin disebabkan oleh kondisi selain kanker prostat.
 

Cara Mencegah Kanker Prostat

Jika Anda khawatir tentang risiko kanker prostat, Anda mungkin tertarik dengan pencegahan kanker prostat.

Tidak ada cara pasti untuk mencegah kanker prostat. Studi tentang hasil yang sering bertentangan satu sama lain, dan sebagian besar studi tidak dirancang untuk membuktikan sesuatu seperti kanker prostat. Akibatnya, tidak ada cara yang jelas untuk mencegah kanker prostat telah muncul.

Secara umum, dokter merekomendasikan bahwa risiko rata-rata kanker prostat membuat pilihan yang menguntungkan kesehatan mereka secara keseluruhan jika mereka tertarik pada pencegahan kanker prostat.

 

Lobus prostat tengah

Prostat dengan lobus median besar menonjol ke atas. Instrumen logam ditempatkan di uretra (yang melewati prostat). Spesimen ini berukuran hampir 7 cm dengan volume sekitar 60 cm kubik pada ultrasound transrectal dan dikeluarkan selama prosedur Hryntschak atau prostatektomi transvesikal (pengangkatan prostat melalui kandung kemih) untuk hiperplasia prostat jinak.
Dalam anatomy lobus adalah divisi anatomis yang jelas atau perpanjangan organ. Sumber foto: Steven Fruitsmaak – Wikipedia

 

Makanan Penurun Risiko kanker Prostat

Tidak ada bukti kuat bahwa setiap makanan dapat menurunkan risiko kanker prostat.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa makanan tertentu dapat menurunkan risiko Anda, termasuk:

  • Kacang-kacangan, seperti kacang-kacangan, kacang polong, lentil dan makanan kedelai

  • Makanan mengandung likopen – seperti tomat dan produk tomat.

  • Selenium – seperti kacang Brasil, ikan, makanan laut, hati dan ginjal.

  • Vitamin E – seperti kacang-kacangan, biji-bijian, biji-bijian, sayuran berdaun hijau dan alpukat.

Tetapi tidak ada bukti kuat bahwa ini membantu. Sebaiknya memilih makanan dengan gizi seimbang, termasuk banyak buah dan sayuran dan beragam makanan sehat lainnya, untuk mencegah masalah kesehatan lainnya dan membantu menjaga berat badan tetap sehat.
 

Apa Adenoma (Kanker Jinak) Prostat?

Prostat adalah kelenjar di bawah kandung kemih yang berkomunikasi dengan saluran kemih (uretra). Itu hanya ada pada manusia. Adenoma prostat adalah peningkatan volume prostat yang paling sering terjadi pada pria di atas 50 tahun.
 

Faktor risiko kanker prostat

Penelitian telah menemukan faktor risiko yang meningkatkan peluang Anda terkena penyakit kanker prostat. Faktor risiko ini meliputi:

  • Umur: Semakin tua pria, semakin besar risikonya terkena kanker prostat pada umumnya pria yang berusia lebih dari 60 tahun.

  • Pria Afrika, yang juga lebih cenderung mengembangkan kanker ini di setiap zaman

  • Riwayat keluarga: gen tertentu (diteruskan dari orang tua ke anak) yang Anda warisi dari orang tua Anda dapat mempengaruhi risiko kanker prostat Anda. Saat ini, tidak ada gen tunggal yang pasti meningkatkan atau menurunkan risiko terkena kanker prostat.

Namun, pria dengan ayah, saudara laki-laki, atau anak yang telah menderita kanker prostat dua sampai tiga kali lebih mungkin mengembangkan penyakit kanker prostat.
 

Penyebab kanker prostat

  • Peneliti mencoba untuk menentukan penyebab kanker prostat dan apakah bisa dicegah. Mereka belum menyetujui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi risiko seseorang terkena penyakit ini, baik secara positif maupun negatif.

  • Tapi pada tingkat dasar, kanker prostat disebabkan oleh perubahan pada DNA sel prostat normal. Tapi, kanker prostat memengaruhi terutama pria yang berusia lanjut. Sekitar delapan dari sepuluh kasus diderita oleh pria berusia di atas 65 tahun.

 

Mendiagnosis penyakit kanker prostat

Prostat secara normal membesar seauai dengan usia. Jadi pembesaran yang terjadi bisa saja normal bisa saja kemungkinan tumor/kanker. Untuk mengetahui pembesaran prostat normal atau tidak, maka perlu USG prostat yang biayanya jauh lebih murah daripada penapis tumor.

Jika masih di bawah 4 milimeter, jelas normal, antara 4 hingga 10 milimeter kemungkinan besar pembesaran sesuai dengan usia, lebih dari 10 milimeter mungkin tumor, tetapi bisa saja sangat jinak dan tidak perlu pembedahan, hanya perlu pengobatan agar tak menjadi bertambah besar dan mengganggu buang air kecil, pada kondisi ini mungkin perlu diadakan tes tumor (screening).

  • Jika tes antigen spesifik prostat (PSA: prostate specific antigen) atau pemeriksaan rektal digital (DRE: digital rectal exam) tidak normal, dokter mungkin melakukan lebih banyak tes untuk menemukan atau mendiagnosa kanker prostat.

  • Biopsi adalah ketika sepotong kecil jaringan dikeluarkan dari prostat dan dilihat di bawah mikroskop untuk melihat apakah ada sel kanker.

  • Skor Gleason ditentukan saat biopsi diperiksa di bawah mikroskop. Jika ada kanker, skornya menunjukkan seberapa besar kemungkinan penyebarannya. Skor berkisar antara 2 sampai 10. Semakin rendah skornya, semakin kecil kemungkinan kanker akan menyebar. Untuk informasi hubungi dokter kanker Anda.

  • Biopsi adalah alat utama untuk mendiagnosis kanker prostat, namun dokter dapat menggunakan alat lain untuk memastikan biopsi dilakukan di tempat yang tepat. Sebagai contoh, dokter mungkin menggunakan ultrasound transrectal, ketika sebuah probe seukuran jari dimasukkan ke dalam rektum dan gelombang suara berenergi tinggi (ultrasound) dipantulkan dari prostat untuk membuat gambar prostat yang disebut sonogram. Dokter juga mungkin menggunakan magnetic resonance imaging (MRI) untuk memandu biopsi.

  • Jika kanker prostat didiagnosis, tes lain dilakukan untuk mengetahui apakah sel kanker telah menyebar di prostat atau ke bagian tubuh yang lain. Proses ini disebut stadium. Apakah kanker itu hanya di prostat, atau telah menyebar di luar prostat, menentukan stadium kanker prostat Anda. Tahapan kanker prostat dapat memberi tahu dokter jenis perawatan apa yang Anda butuhkan.

 

Pengobatan kanker prostat

Berbagai jenis pengobatan tersedia untuk kanker prostat. Anda dan dokter akan menentukan pengobatan mana yang tepat untuk Anda. Beberapa perawatan umum adalah:

  • Pengawasan aktif Memantau dengan ketat kanker prostat dengan melakukan tes antigen prostat spesifik (PSA) dan tes rektal digital (DRE) secara teratur, dan mengobati kanker hanya jika ia tumbuh atau menyebabkan gejala.

  • Operasi. Prostatektomi adalah operasi di mana dokter mengeluarkan prostat. Radikal prostatektomi menghilangkan prostat serta jaringan sekitarnya.

  • Terapi radiasi. Menggunakan sinar berenergi tinggi (mirip dengan sinar-X) untuk membunuh kanker. Ada dua jenis terapi radiasi-

    • Terapi radiasi eksternal. Sebuah mesin di luar tubuh mengarahkan radiasi pada sel kanker.

    • Terapi radiasi internal (brachytherapy). Biji atau pelet radioaktif ditempatkan secara operasi di dekat kanker untuk menghancurkan sel kanker.

  • Terapi hormon Memblokir sel kanker dari mendapatkan hormon yang mereka butuhkan untuk tumbuh.

  • Terapi lain yang digunakan dalam pengobatan penyakit kanker prostat yang masih dalam penyelidikan meliputi-

    • Cryotherapy. Menempatkan probe khusus di dalam atau di dekat penyakit kanker prostat untuk membekukan dan membunuh sel kanker.

    • Kemoterapi Menggunakan obat khusus untuk mengecilkan atau membunuh kanker. Obat-obatan bisa berupa pil yang Anda minum atau obat-obatan yang diberikan melalui pembuluh darah Anda, atau, kadang-kadang, keduanya.

  • Terapi biologis. Bekerja dengan sistem kekebalan tubuh Anda untuk membantu melawan kanker atau untuk mengendalikan efek samping dari perawatan kanker lainnya. Efek sampingnya adalah bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap obat-obatan atau perawatan lainnya.

  • High-intensity focus ultrasound. Terapi ini mengarahkan gelombang suara berenergi tinggi (ultrasound) pada kanker untuk membunuh sel kanker.

 

Adenokarsinoma prostat dengan invasi perineural

Mikrograf menunjukkan kanker prostat (adenokarsinoma konvensional) dengan invasi perineural. H & E noda.
Pewarnaan hematoxylin dan eosin atau haematoxylin dan eosin (noda H & E atau noda HE) adalah salah satu noda utama pada histologi (ilmu yang mempelajari tentang struktur jaringan secara detail menggunakan mikroskop). Sumber foto: Nephron – Wikipedia

 

Perawatan kanker prostat

  • Memilih perawatan yang tepat untuk Anda mungkin sulit. Bicaralah dengan dokter kanker Anda tentang pilihan pengobatan yang tersedia untuk jenis dan stadium kanker Anda. Dokter Anda dapat menjelaskan risiko dan manfaat dari setiap pengobatan dan efek sampingnya. Efek sampingnya adalah bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap obat-obatan atau perawatan lainnya.

  • Terkadang orang mendapat opini dari lebih dari satu dokter kanker. Ini disebut “pendapat kedua”. Mendapatkan pendapat kedua dapat membantu Anda memilih perawatan yang tepat untuk Anda.

 

Jangan tergoda untuk iklan pengobatan alternatif

Hal lainnya, pasien kanker harus mendapat pengobatan yang tepat dan tidak boleh melewatkan fase emas pengobatan. Namun, seringkali masyarakat yang terdiagnosis kanker pada fase awal, justru tergoda dengan iklan pengobatan alternatif yang menyesatkan yang ada di berbagai media, baik media massa maupun media sosial.

Kita perlu mengawasi dan mengevaluasi efektifitas dan meneliti dampak lain yang ditimbulkan. Iklan yang jelas-jelas melanggar ketentuan tersebut, akan berdampak buruk dan menimbulkan kerugian, bahkan bisa membahayakan karena pasien kehilangan fase emas pengobatannya dan menjadi tidak terselamatkan.

Banyak jenis pengobatan komplementer dan alternatif yang belum diuji secara ilmiah dan mungkin tidak aman. Bicaralah dengan dokter Anda tentang risiko dan manfaat sebelum Anda memulai pengobatan komplementer atau alternatif.
 

Pertanyaan untuk dokter Anda tentang pengecekan kanker prostat

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang bisa Anda tanyakan kepada dokter tentang skrining / pengecekan kanker prostat:

  • Apakah saya berisiko lebih besar terkena penyakit kanker prostat?

  • Pada usia berapa saya harus mulai berpikir untuk skrining / pengecekan laboratorium kanker prostat?

  • Jika saya mendapatkan tes darah saya dan itu tidak normal, apa lagi yang bisa saya lakukan selain kanker prostat?

  • Apa itu biopsi dan bagaimana cara melakukannya?

  • Apa efek samping atau risiko biopsi?

  • Jika biopsi saya menunjukkan beberapa sel kanker, apa artinya?

  • Tanyakan tentang semua pilihan pengobatan: pemantauan ketat dan tindak lanjut kunjungan, radiasi, atau pembedahan untuk mengangkat prostat.

  • Apa saja efek samping atau risiko masing-masing pengobatan?

 

Contoh Kanker-Kanker Lainnya

Kanker bisa dimulai di tempat manapun di tubuh. Ini dimulai saat sel-sel tumbuh di luar kendali dan kerumunan sel normal. Hal ini membuat tubuh sulit bekerja sebagaimana mestinya. Memahami penyakit kanker dapat membantu Anda untuk mengenal lebih jelas “seperti apakah kanker itu?” Klik disini dan baca artikel pemahaman penyakit kanker ini sampai habis bersama contoh-contohnya!

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Informasi: Pinter Pandai bukan sebagai pengganti Dokter. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala-gejala di atas atau pertanyaan lainnya, konsultasikanlah dengan dokter Anda. Tubuh masing-masing orang / individu berbeda. Selalu konsultasikan ke Dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

                      
 
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2019-03-02T16:14:01+00:00 November 15th, 2017|Sehat & Cantik|0 Comments

Leave A Comment