Bagian Utama otak mengendalikan berbagai aktivitas – Bagian Lobus Otak dan Fungsinya

2 min read

Bagian Utama otak mengendalikan berbagai aktivitas - Bagian Lobus Otak dan Fungsinya

Bagian Lobus Otak

Lobus otak mengatur & mengkordinir sebagian besar perilaku dan gerakan tubuh. Fungsinya seperti: pengenalan, ingatan, emosi, ingatan, pembelajaran motorik, dll.

Fungsi lobus otak (serebral)

Konsep “fungsi otak” telah berubah menjadi “sistem fungsional” yang kompleks, fungsinya tidak terletak di area terbatas korteks serebral. Mereka diatur ke dalam sistem zona, yang bekerja secara harmonis di area otak yang berbeda dan jauh.

Baca juga: Otak kiri berhubungan dengan memori pendek dan Otak kanan berhubungan dengan kreatifitas

Masing-masing dari 6 lobus memiliki fungsi yang sedikit berbeda:

1. Lobus frontal, terlibat terutama untuk fungsi eksekutif, kepribadian dan pengambilan keputusan

2. Lobus parietal, dengan girus postcentral, adalah korteks sensorik utama dan ada juga banyak korteks asosiasi di daerah ini.

3. Lobus temporal, adalah korteks pendengaran utama, area di mana kita mendengarkan. Getaran masuk ke telinga, tetapi tidak benar-benar terdengar sampai sinyal tersebut mencapai korteks temporal.

4. Lobus oksipital, berisi korteks visual primer, di mana kita benar-benar melihat.

5. Lobus insula , mungkin didedikasikan untuk pemrosesan rasa sakit dan menerima banyak sinyal dari sensasi yang terkait dengan jeroan, organ, usus, jantung, dll.

6. Lobus limbik berhubungan dengan emosi dan keadaan waspada seperti memperhatikan lingkungan; dengan motivasi; dan dengan proses pembelajaran dan memori di hippocampus, yang terletak di area gyrus parahippocampal.


Anatomi dan letak lobus otak

Lobus frontal : terletak di anterior, di depan fisura Rolando. Ini memberikan kemampuan untuk bergerak (korteks motorik), untuk bernalar dan memecahkan masalah, bagian dari bahasa dan emosi.

Lobus parietal

Terletak di belakang fisura Rolando dan di atas fisura lateral; di belakangnya berbatasan dengan fisura tegak lurus eksternal imajiner. Bertanggung jawab atas persepsi sensorik eksternal (tangan, kaki, dll.): sensitivitas, sentuhan, persepsi, tekanan, suhu, dan rasa sakit.

Lobus oksipital

Itu adalah tutup serebral posterior, yang pada banyak hewan memiliki batas yang jelas, tetapi pada manusia telah kehilangan identitas anatomisnya. Bertanggung jawab atas produksi gambar.

Lobus temporal

Terletak di depan lobus oksipital, di bawah dan di belakang fisura Silvio, (kira-kira di belakang setiap pelipis), ia memainkan peran penting dalam tugas visual yang kompleks seperti pengenalan wajah. Dia bertanggung jawab atas pendengaran, keseimbangan, dan koordinasi. Ini adalah “pusat penciuman utama” otak. Ia juga menerima dan memproses informasi dari telinga, berkontribusi pada keseimbangan dan keseimbangan, dan mengatur emosi dan motivasi seperti kecemasan, kesenangan, dan kemarahan.

Lobus insula

Itu adalah lobus yang tersembunyi atau terkubur, terletak di bawah sulkus lateral di lobus temporal. Jika kita menghilangkan area korteks serebral ini, kita akan melihat bahwa ada lebih banyak otak dengan struktur ini. Dengan kata lain, insula diklasifikasikan sebagai lobus tersembunyi otak.

Lobus limbik

Itu adalah lobus yang lebih struktural daripada fungsional, dalam arti melintasi persimpangan lobus frontal, parietal dan temporal. Ini terdiri dari girus cingulate, yang dipisahkan dari korteks serebral lainnya oleh alur cingulate. Lobus limbik berlanjut ke lobus temporal ke gyrus parahippocampal, yang bergabung dengan cingulate gyrus untuk membentuk lobus limbik. Ini membentuk lingkaran yang hampir lengkap, yang dalam bahasa Latin adalah limbo.


Bacaan Lainnya

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

Sumber bacaan: Cleverly Smart, University of Queensland, Medical News Today

Sumber foto: Wikimedia Commons

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya | Business & Marketing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.