fbpx

Bumi sering disebut sebagai “Planet Biru” – Mengapa? – Baca Juga Tentang Ciri-Ciri Dan Pembagian Planet

Kenapa Bumi Disebut Planet Biru?

Bumi sering disebut sebagai “Planet Biru”, karena semua air yang menutupinya. Lautan kita hampir menutupi 1/3 permukaan Bumi. Jika dilihat dari ruang angkasa, lautan dikombinasikan dengan atmosfer kita membuat planet kita terlihat biru. 

 

Mengapa Langit Berwarna Biru?

Tentu saja seluruh planet Bumi tidak berwarna biru tentu saja. Awan itu sendiri berwarna putih, yang mencerminkan sinar matahari secara langsung dan warna putih tersebut muncul karena adanya cahaya matahari. Es – seperti di kutub planet kita – tampak putih untuk alasan yang sama. Benua-benua itu, serupa, tampak berwarna coklat atau hijau dari jarak yang jauh, tergantung pada musim dan bagaimana daratan yang tertutup.

Cahaya dari matahari tampak putih. Akan tetapi itu benar-benar terbuat dari semua warna pelangi. Warna-warna tersebut mempunyai panjang gelombang dan energi yang berbeda-beda.

Pada saat cahaya matahari yang berwarna putih masuk ke atmosfer, cahayanya menumbuk partikel gas dan debu di udara. Cahaya yang mempunyai panjang gelombang pendek (biru, ungu) akan dibiaskan ke berbagai arah. Sedangkan cahaya dengan panjang gelombang tinggi (merah, kuning) hanya sedikit yang dibiaskan.

Seperti energi yang melewati lautan, energi cahaya juga bergerak dalam gelombang. Beberapa cahaya bergerak secara “berombak” juga. Cahaya lainnya bergerak dalam gelombang yang lebih panjang. Gelombang biru lebih singkat dari pada gelombang lampu merah.

Dikarenakan warna biru dan ungu menyebar ke segala arah, maka langit terlihat oleh kita berwarna biru. Kenapa tidak ungu? karena mata kita lebih mudah untuk menangkap warna biru dibanding ungu.

 

Mengapa Langit Merah Jingga Saat Fajar Atau Senja

Alasan yang sama juga dapat menjelaskan kenapa saat fajar atau senja, warna langit menjadi merah jingga.

Pada saat matahari berada di timur atau barat, sudut matahari lebih kecil relatif terhadap tempat kita berada, dibanding saat matahari diatas kita. Sehingga cahaya matahari harus melewati atmosfer yang lebih tebal yang tentu lebih banyak juga partikel gas dan debu yang ditumbuk cahaya tersebut, semakin besar panjang gelombang yang terbiaskan.

Cahaya yang mempunyai panjang gelombang terpanjang yaitu merah jingga tentu yang akan sampai ke mata kita daripada biru ungu. Itulah mengapa saat fajar dan senja mata kita melihat warna merah jingga yang sangat indah.

Nah dari penjelasan tersebut, kita juga menjadi paham bila saat bulan purnama warna langitnya semakin merah berarti banyak partikel debu dan udara alias daerah tersebut pastilah polusi udaranya tinggi. Semakin tebal lapisan yang dilewati cahaya, maka semakin banyak cahaya yang dibiaskan, sehingga semakin merah kombinasi warna yang terlihat mata. 

Intinya warna langit dapat berubah-ubah karena adanya atmosfer. Jadi bila kita berada di luar angkasa yang tanpa atmosfer, maka kita hanya melihat kegelapan saja dan cahaya matahari terlihat putih.

Bila kita berada di bulan, maka langit di bulan akan terlihat gelap karena bulan tidak mempunyai atmosfer seperti di bumi.

Itulah penjelasan tentang mengapa langit berwarna biru dan juga berwarna merah jingga. Semoga jawaban ini sedikit banyak membuat penasaran menjadi tercerahkan.

 

Ciri-Ciri Planet Bumi

1) Kala rotasi 23 jam 57 menit.
2) Kala revolusi bumi 365, 242 hari.
3) Berdiamater 12.756,3 km.
4) Suhu rata-rata 15 °C.
5) Mempunyai 1 satelit.
6) Jarak rata-rata dari Matahari 149,6 juta km.
7) Tidak memiliki cincin.
8) Planet Bumi merupakan sumber kehidupan dengan memiliki suhu yang cocok bagi kehidupan air dan tersedianya oksigen.
9) Bumi adalah planet ketiga dari Matahari yang merupakan planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet dalam Tata Surya.

 

Ciri-Ciri Planet Dalam

1) Mempunyai permukaan yang padat.
2) Terbentuk dari logam dan batu.
3) Tidak mempunyai cincin.
4) Mempunyai satelit yang jumlahnya sedikit.

Merupakan planet-planet yang lintasannya terletak di antara Bumi dan Matahari atau planet-planet yang jarak rata-ratanya ke Matahari lebih pendek dari jarak rata-rata Bumi ke Matahari. Meliputi:  Mercurius dan Venus.

 

Ciri-Ciri Planet Luar

1) Mempunyai cincin serta atmosfer yang tebal.
2) Terbentuk dari helium dan hidrogen.
3) Memiliki banyak satelit.

Merupakan planet-planet yang  lintasannya terletak di luar lintasan  Bumi dan Matahari meliputi: Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

 

Planet Yang Terbagi Sesuai Dengan Materil Dan Komposisinya

1) Planet Jovian

Planet Jovian Planet adalah planet-planet raksasa yang  komposisi materi penyusunnya bukan berupa batu atau  material yang padat , melainkan gas. Planet yang termasuk Jovian planet adalah Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

2) Teresterial Planet

Teresterial Planet atau telluric planet adalah planet-planet yang komposisi materi penyusunnya berupa batuan silikat. Planet-planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Bumi dan Mars.

Terbentuknya Pluto dari materi lain dan sekarang dengan hasil penelitian terbaru Pluto tidak termasuk planet ke Sembilan karena ukurannya kecil bahkan ukurannya lebih besar dari asteroid.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan sering terdengar jika Anda memasang applikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Reference.com, NASA

       

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya

 


By | 2018-05-07T15:21:08+07:00 September 17th, 2015|IPA|0 Comments

Leave A Comment