fbpx

Apakah Anda Tahu Bagaimana Bumi Terbentuk? Inilah Penjelasannya

Bagaimana Bumi Terbentuk?

Sementara tidak ada yang tahu pasti bagaimana Bumi terbentuk, para ilmuwan berteori bahwa bumi terbentuk lebih dari 4 miliar tahun yang lalu, setelah matahari melewati formasi awal. Dibawah ini adalah penjelasan bagaimana bumi terbentuk.

 

Gravitasi mulai menarik partikel berat bersama-sama ke sebuah planet dan angin matahari meniup gas yang lebih ringan. Partikel-partikel berat menjadi inti dari planet ini. Sebagai massa terus tumbuh, partikel yang lebih berat tenggelam ke pusat atau inti, menurut Space.com

Seperti Bumi membentuk, sebuah benda dari angkasa menghantam planet baru, menyebabkan partikel-patikel terbang ke ruang angkasa.

 

1. Gravitasi dan Partikel

Gravitasi menarik partikel bersama-sama untuk membentuk bulan. Sisa-sisa benda ruang angkasa bergabung dengan Bumi untuk meningkatkan ukuran keseluruhannya. Subduksi (zona yang berupa jalur tumbukan antar lempeng benua dengan lempeng dasar samudra) di mantel bumi menyebabkan pembentukan lempeng tektonik.

Kekuatan-kekuatan yang sama menyebabkan piring / lempeng untuk membagi dan membentuk benua.
Atmosfer pertama bumi dihembuskan oleh angin surya (solar winds). Yang dimana, atmosfer kedua terbentuk dari pelepasan gas-gas; dari unsur-unsur yang membentuk inti Bumi. Atmosfer kedua ini termasuk uap air, nitrogen, karbon dioksida dan gas-gas lainnya.

Bumi mulai terbentuk lebih dari 4,6 miliar tahun yang lalu dari awan gas yang sama (kebanyakan hidrogen dan helium) dan debu antarbintang yang membentuk matahari kita, sisa tata surya dan bahkan galaksi kita.

 

2. Siklus Pendinginan

Bahkan, Bumi masih membentuk dan mendinginkan dari ledakan galaksi yang menciptakan bintang-bintang dan sistem planet lain di galaksi kita. Proses ini dimulai sekitar 13,6 miliar tahun yang lalu ketika Galaksi Bimasakti mulai terbentuk.

Bumi melewati periode pembentukan bencana yang sangat hebat, selama awal mulainya 4,6-4,4 miliar tahun lalu. Pada 3,8 hingga 4,1 miliar tahun lalu, Bumi telah menjadi planet dengan atmosfer (tidak seperti atmosfer kita hari ini) dan lautan.

Siklus pendinginan mengakibatkan pembentukan hujan, ini mengangibatkan atau menimbulkan pengembangan dan pembesaran daerah lautan. Keadaan atmosfer tersebut juga berperan penting dalam perkembangan kehidupan di planet ini, menurut Wikipedia. Seperti kehidupan berkembang, atmosfer berubah lagi, melewatkan pelepasan oksigen melalui fotosintesis.

 

3. Awal Mula Bentuk Kehidupan

Bentuk hidup yang berasal dari fotosintesis muncul antara 3,2 dan 2,4 miliar tahun yang lalu dan mulai memperkaya dengan oksigen. Sebagian besar bentuk kehidupan yang masih kecil dan mikroskopis sampai sekitar 580 juta tahun yang lalu. Ketika kehidupa multiseluler yang lebih kompleks muncul, berkembang dari waktu ke waktu dan memuncak dalam “ledakan zaman kambrium” sekitar 541 juta tahun yang lalu.

Periode pembentukan Bumi ini disebut sebagai Periode pra-Kambria. Pra-Kambrium dibagi menjadi 3 bagian:

  • Periode Hadean

Periode ini dimulai sejak pembentukan Bumi hingga berakhirnya pada kurang lebih 3800 juta tahun yang lalu, walaupun waktu berakhir ini bervariasi menurut sumber-sumber yang berbeda.

Namanya diambil dari “Hades”, bahasa Yunani untuk “tak tampak” atau “neraka” dan menggambarkan dunia bawah atau merujuk pada kondisi Bumi pada saat itu.

  • Arkean

Dulunya disebut Arkeozoikum, adalah suatu eon geologi sebelum Proterozoikum yang berakhir 2500 juta tahun yang lalu.

  • Proterozoikum

Masa ini berlangsung antara 2500 sampai 542 (± 1) juta tahun yang lalu dan merupakan tadinya merupakan bagian dari masa Prekambrium.

Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada masa ini antara lain adalah: transisi menjadi atmosfer beroksigen pada era Mesoproterozoikum; beberapa glasiasi, termasuk terjadinya hipotesis “Bumi Bola Salju” (Snowball Earth) semasa periode Kriogenian pada akhir Neoproterozoikum; serta periode Ediakaran (635 hingga 542 juta tahun yang lalu) yang ditandai dengan evolusi organisme multiselular bertubuh lunak.

 

Bacaan Lainnya

 

Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber: BBCReference.comEcology

                      

Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


By | 2018-05-19T17:20:11+07:00 Januari 13th, 2017|Geografi & Sejarah, IPA|0 Comments

Leave A Comment