Bunyi tidak dapat merambat melalui…

4 min read

Bunyi tidak dapat merambat melalui

Test IPA

Bunyi tidak dapat merambat melalui…
a) Hampa udara
b) Gas
c) Benda padat
d) Benda cair

Bunyi merambat melalui

 

Bunyi

Bunyi adalah segala sesuatu yang dapat didengar. Contoh bunyi adalah percakapan orang, kicau burung, suara radio, dll. Gelombang bunyi merupakan gelombang longitudinal yang tidak tampak (tidak bias dilihat). Benda atau alat yang dapat menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi.
Bunyi hanya dapat merambat melalui medium perantara: benda padat, cair, gas. Contohnya udara, air & kayu.

Perambatan bunyi melalui benda padat: perambatan bunyi melalui benda padat dapat kamu gunakan untuk membuat mainan. Misalnya membuat mainan telepon-teleponan.

Perambatan bunyi melalui benda cair: ketika dua batu diadu di dalam air, bunyi yang ditimbulkan dapat kita dengar. Hal itu menunjukkan bahwa bunyi dapat merambat melalui zat cair. Sifat bunyi yang dapat merambat melalui zat cair dimanfaatkan oleh tim SAR untuk mencari & menolong kecelakaan yang terjadi di tengah lautan. Adanya sifat itu, komunikasi antara orang yang ada di atas kapal dan penyelam dapat dilakukan sehingga pencarian korban dapat berjalan lancar.


Medium Bunyi

Tanpa medium perantara bunyi tidak dapat merambat sehingga tidak akan terdengar.
Intinya bunyi tidak dapat merambat diruang hampa di karenakan tidak ada medium perantaranya yaitu udara. Contoh lainnya, pada saat hari mendung, kita sering mendengar guntur. Guntur dapat kita dengar karena getaran suaranya masuk ke telinga kita setelah merambat melalui udara.

Bunyi tidak dapat merambat di ruang hampa. Contohnya, bel listrik yang diletakkan di dalam wadah yang hampa udara. Jika disembunyikan, bunyi bel dapat kita dengar. Namun, jika udara dalam wadah yang udaranya dikeluarkan, bunyi bel tidak terdengar walaupun bel itu digetarkan terus menerus.


Perlu Diketahui

Telah diketahui bahwa bunyi dapat merambat melalui zat padat, zat cair & gas. Bunyi juga memerlukan waktu tertentu untuk menempuh suatu jarak. Tetapi, cepat lambat bunyi akan berubah apabila melalui medium yang berbeda. Makin rapat / padat medium perantara, cepat rambat bunyi makin besar. Dengan kata lain, cepat rambat bunyi tergantung pada jenis medium yang dilaluinya.

 

Jawaban Kuis “Bunyi tidak dapat merambat melalui”

A) Hampa Udara

 

Kecepatan Bunyi

Bunyi merambat di udara dengan kecepatan 1.224 km/jam. Bunyi merambat lebih lambat jika suhu dan tekanan udara lebih rendah. Di udara tipis dan dingin pada ketinggian lebih dari 11 km, kecepatan bunyi 1.000 km/jam. Di air, kecepatannya 5.400 km/jam, jauh lebih cepat daripada di udara.


Rumus Cepat Rambat Bunyi

Bunyi mempunyai cepat rambat yang terbatas. Bunyi memerlukan waktu untuk berpindah. Cepat rambat bunyi sebenarnya tidak terlampau besar. Cepat rambat bunyi jauh lebih kecil dibandingkan dengan cepat rambat cahaya. Karena bunyi termasuk gelombang, cepat rambat bunyi juga memenuhi persamaan cepat rambat gelombang. Jika bunyi menempuh jarak (s) selama selang waktu (t) maka akan memenuhi hubungan

V=s/t

dengan , s = jarak tempuh (m) , t = waktu ( s ) , dan v = cepat rambat bunyi
(m/s). Satu periode gelombang menempuh jarak sejauh satu panjang gelombang. Maka , jika t = T , maka s = lambda . Maka bentuk lain ungkapan cepat rambat gelombang adalah

v=Tλ oleh karena f = 1/T , maka

v=λf

dengan lambda = panjang gelombang bunyi (m)
T = periode gelombang bunyi (s)
F = ferkuensi gelombang bunyi (Hz)

Proses merambatnya bunyi  pada saat benda yang bergetar akan menggetarkan molekul zat perantara/medium di sekitarnya lalu molekul yg bergetar akan merambatkan ke molekul-molekul yang lainnya; dan begitu seterusnya sampai getaran itu terdengar di telinga kita. Molekul udara membentuk rapatan (R) dan renggangan (r).


Pada laut, suara dirambatkan melalui medium air

Kecepatan rambat suara laut berbeda dengan kecepatan rambat udara ataupun darat.  Bunyi merambat di udara dengan kecepatan 1.224 km/jam. Pada suhu udara 15 derajat celsius bunyi dapat merambat di udara bebas pada kecepatan 340 m/s.

Bunyi merambat lebih lambat jika suhu dan tekanan udara lebih rendah.

Di udara tipis dan dingin pada ketinggian lebih dari 11 km, kecepatan bunyi 1.000 km/jam. Di air, kecepatannya 5.400 km/jam, jauh lebih cepat daripada di udara. Dengan s panjang Gelombang bunyi dan t waktu.

Jika dibandingkan dengan cepat rambat udara, di laut kecepatan rambatnya lebih cepat 4x lipat dibangingkan dengan cepat rambat di udara. Hal tersebut diakibatkan partikel air laut lebih rapat dibandingkan dengan di udara yang lebih renggang.

Sedangkan di darat (zat padat) lebih cepat lagi cepat rambat di laut karena benda padat kerapatannya paling tinggi diantara medium yang lain.


Tabel cepat rambat bunyi pada medium tertentu

  • Udara (0°C): 331 meter/detik

  • Udara (15°C): 340 meter/detik

  • Air (25°C): 1490 meter/detik

  • Air laut (25°C): 1530 meter/detik

  • Aluminium (20°C): 5100 meter/detik

  • Tembaga (20°C): 3560 meter/detik

  • Besi (20°C): 5130 meter/detik


Bacaan Lainnya


Unduh / Download Aplikasi HP Pinter Pandai

Respons “Ooo begitu ya…” akan lebih sering terdengar jika Anda mengunduh aplikasi kita!

Siapa bilang mau pintar harus bayar? Aplikasi Ilmu pengetahuan dan informasi yang membuat Anda menjadi lebih smart!

 

Sumber bacaan: Idaho Public Televison
Pinter Pandai “Bersama-Sama Berbagi Ilmu”
Quiz | Matematika | IPA | Geografi & Sejarah | Info Unik | Lainnya


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.